Breaking News

Cara Mengoptimalkan Faktor Peringkat Google yang Bocor

Dalam seminggu terakhir, banyak argumen yang menentang menggali lebih dalam ke dalam 2.596 halaman dokumen bocoran tersebut. Namun, satu-satunya pertanyaan yang harus ditanyakan adalah, “Bagaimana bisa menguji dan belajar sebanyak mungkin dari dokumen-dokumen ini?”

SEO adalah ilmu terapan di mana teori bukanlah tujuan akhir, melainkan dasar untuk eksperimen.

Ide Pengujian SEO

Bocoran ini memberikan ladang subur untuk ide pengujian. Namun, tidak semua faktor dapat diuji dengan cara yang sama. Mereka memiliki tipe yang berbeda (angka/bilangan bulat: rentang, Boolean: ya/tidak, string: kata/daftar) dan waktu reaksi (kecepatan perubahan peringkat organik).

Sebagai hasilnya, dapat dilakukan A/B test untuk faktor cepat dan aktif, sementara faktor lambat dan pasif harus diuji sebelum/sesudah.

Prioritaskan pengujian berdasarkan kecepatan.

Menguji Faktor Peringkat secara Sistematis

  1. Pilih faktor peringkat.
  2. Pilih metrik yang terpengaruh (kesuksesan).
  3. Tentukan tempat pengujian.
  4. Tentukan jenis ujiannya.

Sebagian besar faktor peringkat dalam bocoran adalah bilangan bulat, artinya mereka bekerja dalam spektrum, tetapi beberapa faktor Boolean mudah diuji:

  • Kompresi gambar: Ya/Tidak?
  • Iklan interstisial yang mengganggu: Ya/Tidak?
  • Core Web Vitals: Ya/Tidak?

Faktor yang Dapat Dikendalikan Secara Langsung

  • UX (navigasi, ukuran font, spasi baris, kualitas gambar).
  • Konten (judul yang segar dan dioptimalkan, tidak duplikatif, kaya entitas relevan, fokus pada satu maksud pengguna, usaha tinggi, memberi kredit kepada sumber asli, menggunakan bentuk kata kanonik daripada slang, UGC berkualitas tinggi, penulis ahli).
  • Keterlibatan pengguna (tingkat penyelesaian tugas yang tinggi).

Faktor yang Menurunkan Peringkat (Negatif)

  • Tautan dari halaman dan domain berkualitas rendah.
  • Teks jangkar yang agresif (kecuali memiliki profil tautan yang sangat kuat).
  • Navigasi yang buruk.
  • Sinyal pengguna yang buruk.

Faktor yang Hanya Dapat Dipengaruhi Secara Pasif

  • Kesesuaian judul dan relevansi antara sumber dan dokumen tertaut.
  • Klik tautan.
  • Tautan dari halaman baru dan tepercaya.
  • Otoritas domain.
  • Sebutan merek.
  • PageRank halaman beranda.

Mulailah dengan penilaian kinerja di area yang ingin diuji. Contoh penggunaan sederhana adalah Core Web Vitals.

Metrik

Pilih metrik yang tepat untuk faktor yang tepat berdasarkan deskripsi dalam dokumen yang bocor atau pemahaman tentang bagaimana faktor tersebut dapat mempengaruhi metrik:

  • Tingkat perayapan.
  • Pengindeksan (Ya/Tidak).
  • Peringkat (untuk kata kunci utama).
  • Click-through rate (CTR).
  • Keterlibatan.
  • Kata kunci yang diurutkan oleh halaman.
  • Klik organik.
  • Tayangan.
  • Rich snippets.

Tempat untuk Menguji

Temukan tempat yang tepat untuk menguji:

  • Jika skeptis, gunakan domain khusus negara atau situs di mana dapat diuji dengan risiko rendah. Jika memiliki situs dalam banyak bahasa, dapat meluncurkan perubahan berdasarkan bocoran di satu negara dan membandingkan kinerja relatif terhadap negara inti.
  • Batasi pengujian pada satu tipe halaman atau subdirektori untuk mengisolasi dampak sebaik mungkin.
  • Batasi pengujian pada halaman yang menangani jenis kata kunci tertentu (misalnya, “Best X”) atau maksud pengguna tertentu (misalnya, “Baca ulasan”).

Pertimbangan

Faktor peringkat dapat bekerja sama atau berlawanan satu sama lain karena mereka adalah bagian dari persamaan.

Manusia terkenal buruk dalam memahami fungsi dengan banyak variabel secara intuitif, yang berarti kemungkinan besar meremehkan seberapa banyak yang diperlukan untuk mencapai skor peringkat tinggi, tetapi juga bagaimana beberapa variabel dapat secara signifikan mempengaruhi hasil.

Kompleksitas tinggi dari hubungan antara faktor peringkat seharusnya tidak menghalangi eksperimen.

Aggregators dapat menguji lebih mudah daripada Integrators karena mereka memiliki lebih banyak halaman yang dapat dibandingkan yang menghasilkan hasil yang lebih signifikan. Integrators, yang harus membuat konten sendiri, memiliki perbedaan antara setiap halaman yang mengencerkan hasil tes.

Uji Favorit

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk pemahaman SEO adalah menilai faktor peringkat berdasarkan persepsi sendiri dan kemudian secara sistematis menantang dan menguji asumsi. Buat spreadsheet dengan setiap faktor peringkat, beri nilai antara nol dan satu berdasarkan ide tentang kepentingannya, dan kalikan semua faktor.

Sistem Monitoring

Pengujian hanya memberi jawaban awal tentang pentingnya faktor peringkat. Pemantauan memungkinkan mengukur hubungan dari waktu ke waktu dan mencapai kesimpulan yang lebih kuat.

Idenya adalah melacak metrik yang mencerminkan faktor peringkat, seperti CTR yang dapat mencerminkan optimasi judul, dan memetakan mereka dari waktu ke waktu untuk melihat apakah optimasi membuahkan hasil. Idenya tidak berbeda dari pemantauan reguler (atau yang seharusnya reguler), kecuali untuk metrik baru.

Dapat dibangun sistem pemantauan di:

  • Looker
  • Amplitude
  • Mixpanel
  • Tableau
  • Domo
  • Geckoboard
  • GoodData
  • Power BI

Alatnya tidak sepenting metrik yang tepat dan jalur URL.

Contoh Metrik

Ukur metrik berdasarkan jenis halaman atau sekumpulan URL dari waktu ke waktu untuk mengukur dampak optimasi.

Keterlibatan Pengguna:

  • Rata-rata jumlah klik pada navigasi.
  • Kedalaman gulir rata-rata.
  • CTR (SERP ke situs).

Kualitas Backlink:

  • % tautan dengan kesesuaian topik/judul tinggi antara sumber dan target.
  • % tautan dari halaman yang usianya kurang dari 1 tahun.
  • % tautan dari halaman yang menempati setidaknya satu kata kunci di 10 besar.

Kualitas Halaman:

  • Waktu tinggal rata-rata (dibandingkan antara halaman jenis yang sama).
  • % pengguna yang menghabiskan setidaknya 30 detik di situs.
  • % halaman yang menempati peringkat 3 teratas untuk kata kunci target mereka.

Kualitas Situs:

  • % halaman yang menghasilkan lalu lintas organik.
  • % URL tanpa klik selama 90 hari terakhir.
  • Rasio antara halaman yang diindeks dan yang tidak diindeks.

Bocoran ini terjadi tak lama setelah Google mulai menampilkan hasil AI (AI Overviews), karena AI dapat digunakan untuk menemukan celah SEO berdasarkan bocoran tersebut.

Salah satu contohnya adalah kesesuaian judul antara sumber dan target untuk backlink. Dengan alat SEO umum, dapat ditarik judul, teks jangkar, dan konten di sekitar tautan untuk halaman rujukan dan target.

Kemudian dapat dinilai kedekatan topik atau kesamaan token dengan alat AI umum, integrasi Google Sheets/Excel, atau LLM lokal dan prompt dasar seperti “Nilai kedekatan topik judul (kolom B) dibandingkan dengan jangkar (kolom C) pada skala 1 sampai 10 dengan 10 yang sama persis dan 1 tidak ada hubungannya sama sekali.”

Kebocoran Algoritma

Bocoran faktor peringkat Google bukan pertama kalinya algoritma platform besar menjadi tersedia untuk umum:

  1. Pada Januari 2023, kebocoran Yandex mengungkapkan banyak faktor peringkat yang juga ditemukan dalam kebocoran Google terbaru. Reaksi yang mengejutkan pada waktu itu sama seperti sekarang.
  2. Pada Maret 2023, Twitter menerbitkan sebagian besar bagian dari algoritmanya. Mirip dengan kebocoran Google, algoritma ini kekurangan “konteks” antara faktor-faktor tersebut, tetapi tetap memberikan wawasan yang berharga.
  3. Juga pada Maret 2023, kepala Instagram Adam Mosseri menerbitkan postingan mendalam tentang bagaimana platform ini mengurutkan konten di berbagai bagian produknya.

Meskipun ada kebocoran, tidak ada kasus yang diketahui tentang pengguna atau merek yang meretas platform dengan cara yang bersih dan etis.

Semakin banyak platform yang menghargai keterlibatan dalam algoritmanya, semakin sulit untuk dimainkan. Namun, kebocoran algoritma Google cukup menarik karena ini adalah platform yang digerakkan oleh niat di mana pengguna menunjukkan minat mereka melalui pencarian daripada perilaku.

Akibatnya, mengetahui bahan untuk kue adalah langkah besar ke depan, bahkan tanpa mengetahui berapa banyak yang harus digunakan.

Tidak dimengerti mengapa Google sangat merahasiakan faktor peringkat sepanjang waktu. Google bisa memotivasi web yang lebih baik dengan situs yang cepat, mudah dinavigasi, menarik, dan informatif. Sebaliknya, ini membuat banyak orang menebak-nebak, yang mengarah pada banyak konten yang buruk, yang akhirnya menyebabkan pembaruan algoritma yang merugikan banyak bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *