Breaking News

Google Chrome ganti ikon

Akhirnya Google Chrome Ganti Ikon, Pembaruan yang Cukup Halus

Google Chrome ganti ikon yang sebenarnya sudah menjadi suatu ikonik atau tanda yang khas menurut sebagian besar masyarakat. Sudah lama sejak 2014 lalu, ikon Chrome belum mendapatkan sentuhan perubahan.

Namun tahun 2022 ini, pihak Google akan mengubah tampilannya menjadi lebih baru. Perubahan kecil sudah mulai diluncurkan untuk melakukan pengoptimalan ikon serta sudah mulai terlihat pada sistem operasi Windows dan MacOS.

Sebelumnya perubahan signifikan pada oleh Google untuk Chrome terjadi pada tahun 2011. Yang mana awalnya logo tampak menjadi bentuk 3D, kini akhirnya menjadi rata.

Ikon Chrome Lebih Mudah Diakses

Apabila Anda telah mengunduh Google Chrome dengan rilisan terbaru, maka pasti akan mendapati ikonnya tidak lagi sama. Hal tersebut karena pihak Google telah mendesain ulang simbolnya yang ikonik tersebut.

Untuk pertama kalinya setelah 8 tahun, Google Chrome akhirnya membuat pembaruan simbol. Namun mungkin pada pandangan secara sekilas, Anda tidak akan menyadarinya.

Namun saat melihatnya secara detail, pasti akan melihat perbedaan yang terjadi. Ada banyak sekali pembaruan yang membuatnya lebih fresh. Berdasarkan cuitan desainer Google Elvi Hu di Twitter, secara rinci proses perubahan simbol tersebut masuk dalam pemikiran desain ulang.

Dalam hal ini Google menghabiskan waktu untuk melakukan penyesuaian ikon agar lebih betah saat berada di sistem operasinya. Misalnya seperti di MacOS, Windows, atau yang lainnya.

Pengguna bisa mengakses Google Chrome dengan lebih mudah masyarakat akses. Selain itu tampilan semakin simpel membuatnya menjadi terkesan lebih praktis.

Google Chrome Ganti Ikon, Apa yang Berubah?

Melihat informasi terupdate bahwa Google Chrome ganti ikon, lantas apa yang baru dari ikon sebelumnya? Mungkin bagi sebagian masyarakat belum menyadari adanya perubahan yang lebih baru pada logo tersebut.

Seperti informasi sebelumnya melalui cuitan Twitter Hu, desain ulang logo dilakukan oleh pihak Google untuk Chrome. Ada berbagai pemikiran dibalik perubahan yang cukup halus tersebut.

Alih-alih menggabungkan bayangan pada batas setiap warnanya, Google malah menaikkannya dari layar warna tersebut. Sehingga bayangan tidak terlihat lagi seperti pada logo sebelumnya.

Selain itu, walaupun pada bagian lingkaran biru yang berada di tengah menjadi semakin hidup warnanya. Sehingga tampak lebih besar ukurannya ketimbang sebelumnya.

Salah satu alasan kenapa tim desain ikon Chrome menghapus bayangan, rupanya karena memang untuk membuatnya semakin hidup. Selain itu berdasarkan cuitan Hu di Twitter sebagai tim desain logo tersebut ada hal lagi sebagai pembaruan.

Yaitu menempatkan nuansa hijau serta merah dengan gradien lebih halus lagi. Sehingga bisa mencegah getaran warna yang kurang nyaman dari perpaduan keduanya.

Untuk ikon baru tersebut tidak lagi ada guratan warna apapun pada nuansa hijau dan merah. Sehingga ikonnya akan lebih mudah diakses. Selain itu logo Chrome juga tidak terlihat sama pada semua sistem operasi.

Jadi bagaimana tampilannya tergantung pada masing-masing sistem operasi yang Anda gunakan. Contohnya saja sebagai berikut ini.

1. Chrome OS

Untuk tampilan pada sistem operasi Chrome OS, logo akan menjadi terlihat lebih berwarna melengkapi ikon sistem lainnya.

2. MacOS

Tampilan logo akan memiliki bayangan kecil yang bisa membuatnya menjadi tampak lebih muncul dari dok.

3. Windows 10 dan 11

Google Chrome ganti ikon tahun ini membuat tampilannya pada Windows 10 dan 11 menjadi berbeda. Yakni mempunyai gradien yang lebih dramatis dan tentunya cocok untuk tampilan Windows 10 dan 11.

Menurut Hu, Google Chrome ganti ikon akan terlihat saat pengguna memakai Chrome Canary (versi pengembang Chrome). Namun masih akan rilis beberapa bulan ke depannya.

Selain itu, ada juga ikon baru pada Chrome dengan versi beta untuk pengembang yang melakukan perubahan secara dramatis. Yakni menggunakan ikon gaya cetak biru untuk aplikasi beta di iOS.

Menurut Hu, pihaknya juga mencatat bahwa tim desain melakukan eksperimen dengan garis putih sebagai batasan setiap warna. Namun akhirnya tidak digunakan karena hal tersebut justru membuat ikon menjadi semakin kecil dan tidak mengesankan.

Saat ini Google Chrome ganti ikon menjadi lebih sederhana ketimbang sebelumnya yang menggunakan 3D. Saat ini ikon diubah menjadi lebih sederhana dengan konsep simbol 2D modernitas.

Sejarah Perkembangan Google Chrome

Bukan hanya mengetahui tentang Google Chrome ganti ikon, pengguna juga perlu untuk memahami sejarah perkembangannya. Chrome ialah suatu platform yang pengembangnya adalah Google.

Mesin browser pertama kali rilis tahun 2008 untuk Microsoft Windows yang proses pembangunannya menggunakan komponen software gratis dari Apple WebKit dan Mozilla Firefox.

Selanjutnya Chrome digunakan sebagai browser bawaan dari Android, iOS, MacOS, dan Linux. Sebagian besar source code Chrome berasal dari proyek perangkat sumber terbuka dan gratis.

Namun Chrome dilisensikan sebagai suatu software gratis dengan berpemilik. Pada tahun 2021 Chrome meraih pangsa pasar mayoritas di seluruh dunia. Selain itu Chrome juga dominan di berbagai perangkat seluler dan tablet.

Jika menggabungkannya di seluruh perangkat, Chrome mendominasi pangsa pasar browser di seluruh dunia. Berkat kesuksesannya tersebut Chrome telah meluaskan nama mereknya ke produk lain. Misalnya seperti Chrome OS, Chromecast, Chromebook, dan lainnya.

Saat itu, CEO Google Eric Schmidt menolak pengembangan browser secara independen selama 6 tahun. Alasannya karena saat itu, Google merupakan suatu perusahaan kecil dan pihaknya tidak ingin mengalami bruising browser wars.

Namun akhirnya pada tahun 2004, rumor Google membangun browser web pertama kali muncul. Pihaknya merekrut mantan pengembang web dari Microsoft. Kemunculan rumor tersebut terjadi setelah melakukan perilisan final Mozilla Firefox 1.0.

Selanjutnya popularitas Chrome semakin meningkat bahkan menggeser pasar dari Internet Explorer. Saat itu Internet Explorer mengalami permasalahan keamanan.

Kelebihan Google Chrome Ketimbang Pesaingnya

Melihat bahwa Chrome merupakan salah satu browser yang mayoritas digunakan oleh hampir seluruh pengguna internet di dunia, nyatanya bukan tanpa alasan. Ada beberapa kelebihan dari Google Chrome kenapa banyak dipilih oleh pengguna.

1. Ringan Saat Dibuka

Ketika menggunakan Chrome, pastinya akan merasakan ringan sekali. Bahkan nyaris tidak terasa bebannya saat pengguna buka browsernya. Banyak juga pengguna yang menyatakan bahwa Chrome merupakan browser paling ringan.

Bahkan saat membukanya dengan tab sampai 20an untuk spesifikasi perangkat tertentu juga tidak masalah.

2. Menggunakan Space Lega

Pengguna akan merasakan kelegaan pada UI Chrome, tentunya hal tersebutlah yang membuat berbeda dari lainnya. Menu bar dan bookmark yang tidak terlihat langsung, sehingga akan lebih nyaman dengan space lega tersebut. Di sisi lain, pengguna dapat melakukan custom sesuai dengan selera.

Bukan hanya itu saja, ada tambahan ruangan ekstra bagi Anda yang ingin melihat page yang sedang dibuka.

3. Intuitif

Selain itu, Chrome juga intuitif. Lebih tepatnya akan mengkonfirmasi apakah pengguna mau mengimport data-data dari browser lain. Misalnya seperti Mozilla Firefox, IE, dan sebagainya.

Selain itu tampilan address bar juga dibuat mirip dengan model Firefox 3 yang mempunyai caption dan URL search. Selain itu pengguna juga akan diberikan list URL yang relevan meski di awal penampilannya sedikit lebih lambat.

4. Memiliki Mode Penyamaran

Apabila pengguna ingin melakukan penjelajahan tanpa ingin diketahui atau menggunakan mode siluman juga bisa. Google Chrome menawarkan mode penjelajahan dengan sistem penyamaran.

Halaman website yang pihak user buka dengan mode penyamaran tidak akan tersimpan pada riwayat penelusuran dan download.

Masih ada banyak lagi keunggulan dari Google Chrome yang bisa bikin penggunanya banyak memilih layanan tersebut. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Nah, itulah beberapa informasi terkait dengan Google Chrome ganti ikon dan sedikit pengetahuan lainnya. Tersedia juga artikel terkait informasi bisnis, teknologi, dan hal lain yang mungkin bisa membantu Anda. Kunjungi Diginews.id secara gratis.

Sumber:

1. https://www.theverge.com/2022/2/5/22919398/chrome-logo-change-eight-years

2. https://semutaspal.com/sejarah-google-chrome/

3. https://www.pinhome.id/blog/sejarah-awal-berdiri-google-chrome/

Leave a Reply

Your email address will not be published.