Breaking News

metaverse habit

Apa Itu Metaverse dan Implementasi Jangka Panjang

Metaverse adalah babak baru dalam perkembangan dunia teknologi yang telah membawa manusia melakukan interaksi digital. Metaverse telah berperan sebagai dunia hiburan yang dapat mempengaruhi berbagai sektor industri.

Seperti musik, perdagangan, dan industri lainnya. Nah, informasi berikut ini akan menjelaskan secara detail terkait dengan metaverse adalah dan kaitannya dengan crypto. Mari simak informasi berikut ini.

Pengertian Metaverse

Metaverse adalah ruang virtual versi digital yang berguna untuk berbagai kepentingan pada aspek dunia nyata. Baik untuk melakukan interaksi antara manusia ataupun secara fungsi ekonomi.

Sederhananya metaverse adalah ruang yang mengacu pada dunia virtual dan mirip dengan kehidupan nyata. Seperti tanah, bangunan, avatar, serta bisa orang jual belikan dengan menggunakan mata uang crypto.

Pada dunia nyata ini masyarakat telah melakukan aktivitas seperti berteman, mengunjungi tempat tertentu, jual beli, dan sebagainya. Dunia metaverse pun demikian, akan tetapi lebih ke virtual.

Secara bahasa, metaverse adalah kata yang berasal dari meta yang artinya melampaui. Dan verse yang artinya alam semesta. Sehingga bisa orang artikan metaverse adalah suatu ruang yang berisi materi untuk melampaui semua hal yang bisa terlihat di dunia nyata.

Mengapa Metaverse Itu Penting?

Metaverse berperan penting dalam perkembangan ekonomi global serta masyarakat pada umumnya. Dalam realisasi ke depannya, Facebook ingin menjadi yang paling terdepan dalam membentuk metaverse.

Yakni dengan melakukan investasi besar-besaran pada realitas virtual tersebut. Mark Zuckerberg sebagai CEO Facebook telah menjelaskan pandangannya terhadap metaverse.

Yang mana metaverse memperluas dan menghubungkan ruang seperti media sosial dengan teknologi 3D. Suatu hari nanti mungkin saja teknologi ini mirip dengan oasis fiksi dari Ernest Cline, “Ready Player One”.

Namun untuk saat ini pengguna masih bisa sebatas mengakses game pada lingkungan kerja virtual. Serta platform medsos untuk realitas virtual dalam menikmati berbagai pengalaman metaverse.

Dan ke depannya bukan tidak mungkin jika kedua ruang tersebut akan berintegrasi menjadi satu. Untuk melakukan pertemuan dan beroperasi dan akhirnya menjadi metaverse tunggal.

Tentunya perkembangan teknologi merupakan suatu hal yang akan terus berkembang sampai tak terbatas. Dalam hal itu, ada banyak faktor yang menjadi alasan seseorang membuat perkembangan teknologi.

Tidak terkecuali metaverse. Hadirnya metaverse adalah sebagai sarana dalam mewujudkan dunia virtual yang terasa nyata. Sehingga bisa membuat berbagai manfaat bagi penggunanya.

Seperti membuat kemudahan, kenyamanan, serta merasakan sensasi dunia tanpa jarak. Dan semua manusia tidak bisa bebas dari perkembangan teknologi yang terus berkembang ini.

Karakteristik Metaverse

Para ahli menganggap bahwa konsep metaverse adalah mirip dengan gambaran dalam cerita fiksi Ernest Cline, “Ready Player One”. Nah, untuk melihat metaverse maka perlu mengenali beberapa karakteristik berikut ini.

1. Persisten

Metaverse akan terus mengalami perkembangan tanpa ada jeda. Bahkan ke depannya teknologi metaverse ini tidak akan pernah berakhir. Pasalnya para ahli akan terus mengembangkannya untuk perkembangan teknologi ke depan.

Mengingat metaverse memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya. Seperti kenyamanan berada di dunia virtual. Apalagi masyarakat masa kini semakin tergantung dengan teknologi yang ada.

2. Real Time

Ruang virtual dalam metaverse ini sebenarnya bukan ruang baru. Melainkan sudah terdesain sebelum orang menggunakannya. Jadi, pengembang telah melakukan desain ruang metaverse untuk para penggunanya.

Meski demikian, para pengguna akan tetap bisa merasakan pengalaman penggunaan secara real time. Sehingga semakin terasa nyata ketika berada di dunia virtual.

3. Fungsi Ekonomi

Karena memang pengembang buat untuk merasakan dunia virtual serasa dunia nyata. Sehingga metaverse ini juga berfungsi secara penuh dalam sektor perekonomian.

Dalam dunia virtual metaverse juga terjadi transaksi jual beli layaknya di dunia nyata. Ada berbagai produk dan layanan menggunakan mata uang asli yang berbasis blockchain.

4. Jembatan dengan Dunia Nyata

Metaverse ini terdiri dari dua hal yaitu virtual reality dan augmented reality. Yang mana keduanya bekerja secara berbeda. Untuk virtual reality sistem kerjanya hanya menghadirkan sesuatu secara virtual saja.

Sedangkan untuk augmented reality bekerja sebaliknya. Metaverse bekerja untuk menghubungkan antara dunia virtual dengan dunia nyata lewat digitalisasi. Sehingga seakan-akan dunia virtual dan dunia nyata tidak ada batasannya.

5. Ruang Terbuka untuk Para Pengguna

Hal lainnya yang menarik pada ruang metaverse ialah peran penggunanya. Yang mana bertindak sebagai kontributor konten terbesar. Tentunya hal tersebut merupakan suatu perubahan dari konsep sebelumnya.

Yang mana sebelumnya konten serta pengalaman yang ada pembuatannya secara bersama-sama oleh perusahaan dan pengguna.

Metaverse Adalah Sebuah Peluang, Lantas Bagaimana Keterkaitan Crypto di Dunia Metaverse?

Crypto merupakan salah satu investasi yang cukup populer akhir-akhir ini. Tidak hanya sebatas penasaran, namun banyak juga menggunakannya ke dalam fungsi bisnis.

Sederhananya crypto merupakan mata uang digital yang masih menjadi problematika di masyarakat. Ada yang pro dan ada yang kontra dalam memandang mata uang digital tersebut.

Bagi masyarakat yang menilai pro, menganggap banyak keuntungan menggunakan mata uang crypto tersebut. Yaitu terhindar dari inflasi, fluktuasi tinggi, keuntungan jelas, tidak ada legalitas bank sentral, dan banyak lagi lainnya.

Lantas apa kaitannya crypto dengan metaverse? Besarnya popularitas crypto akhir-akhir ini membuat para pengembang aplikasi menganggap hal tersebut sebagai peluang.

Beberapa orang telah mempercayai bahwa crypto akan memberikan keuntungan besar di kemudian hari. Seperti John Herman yang berasal dari New York Times mengatakan bahwa startup Wenew akan menjual Non-Fungible Token (NFT).

Yang nantinya ia jual dalam bentuk momen penting orang-orang atau disebut sebagai istana memori metaverse. Selain itu ada juga Arthur Madrid, CEO dari Sandbox yang pro dengan crypto.

Dirinya mengatakan bahwa blockchain dan cryptocurrency akan berperan penting untuk pertumbuhan metaverse ke depan. Sehingga dalam hal ini, banyak sekali mereka yang pro dengan crypto akan menyambut metaverse dengan respons terbaiknya.

Baca Juga :Crypto, Mata Uang Digital yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Facebook dan Microsoft Mendominasia

Melihat potensi metaverse ke depan akan terus berkembang, Facebook sudah melakukan langkah awal untuk ancang-ancang rencananya. Selain itu, perusahaan tersebut memang sudah berencana untuk merilis kacamata Augmented Reality (AR) untuk masa mendatang.

Sebagai CEO, Mark Zuckerberg optimis untuk mengakuisisi teknologi Virtual Reality (VR) dari startup Oculus. Mark mengatakan dalam podcastnya baru-baru ini bahwa Facebook akan mengembangkan teknologi VR dan AR.

Yang mana teknologi tersebut bisa membuat seseorang merasakan teleportasi dari mana saja. Serta melakukan sosialisasi secara digital untuk merasakan kehadiran secara nyata.

Tidak hanya Facebook, namun perusahaan teknologi seperti Microsoft juga ikut mengembangkan teknologi metaverse. Bahkan Facebook dan Microsoft ini yang masih mendominasi pengembangan metaverse ke depan.

Perusahaan Microsoft sudah menciptakan headset HoloLens AR untuk keperluan aktivitas bisnisnya saat ini. Namun saat ini layanan tersebut belum bisa terakses secara menyeluruh oleh masyarakat.

Hal ini karena adanya label harga jika ingin menggunakannya. Yakni sebesar $ 3,000. Bahkan saat ini perusahaan besar seperti Apple juga sedang melakukan rencananya terkait headsetnya.

Kabarnya perkiraan akan rilis di tahun 2022. Apabila perusahaan teknologi besar seperti Facebook, Apple, dan Microsoft mendukung metaverse, maka perusahaan lain harus bersiap. Mereka harus mengikuti aturan yang pesaingnya terapkan.

Itulah beberapa informasi penting terkait dengan metaverse. Teknologi yang terus berkembang akan membuat metaverse terus berjalan tanpa henti. Metaverse adalah sarana dalam menghubungkan dunia nyata dan dunia virtual tanpa batas.

Meta Deskripsi: Metaverse adalah ruang virtual digital yang berfungsi untuk kepentingan menyangkut aspek dunia nyata. Pengguna akan merasakan dunia virtual terasa nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.