Breaking News

reputasi pengiriman

Cara Memeriksa Sending Reputation, Penting agar Tidak Masuk Folder Spam

Cara memeriksa sending reputation adalah salah satu cara yang harus pebisnis tekankan dengan kuat untuk membantu meningkatkan peluang bisnis. Sending reputation ini berkaitan dengan bagaimana menyediakan kotak surat dan menilai email pengguna.

Yang mana hal tersebut juga berkaitan dengan bagaimana pelanggan akan bereaksi terhadap pesan Anda. Contohnya apabila pesan yang Anda kirim menghasilkan banyak sekali keluhan spam, maka tandanya sending reputation-nya buruk.

Sehingga pesan berikutnya akan lebih sulit untuk muncul di kotak masuk konsumen/klien. Cara memeriksa sending reputation pesan bisa jadi hal penting untuk membuat pesan bisa sampai pada kotak masuk tanpa terkena spam. Sayangnya proses tidak selalu berjalan dengan mulus seperti itu.

Mengenal Email Sending Reputation

Berbicara tentang reputasi pengirim (sending reputation) mengacu pada standar performa alamat IP pengirim email Anda yang akan memberikan sinyal ke penyedia kotak masuk. Apakah mereka termasuk spammer atau bukan.

Hal tersebut berdasarkan dari kualitas konten yang dikirim, kualitas kontak, tingkat keterlibatan alamat email, dan sebagainya.

Pihak penyedia kotak masuk dalam email seperti Gmail, menggunakan alamat IP Anda untuk menentukan apakah email harus dikirim ke kotak masuk atau tidak. Langkah yang bisa Anda lakukan untuk memastikan email tidak terkirim ke folder spam adalah menghindari kesalahan yang bisa merusak reputasi alamat IP.

Seorang digital marketing pastinya paham terkait hal tersebut. Karena mereka sebenarnya bukan hanya sebatas menyelesaikan pekerjaan saja. Namun bagaimana juga melakukan pekerjaan tersebut dengan benar dan tepat.

Bukankah sebagai pebisnis yang memanfaatkan digital untuk marketing tidak ingin membuat pesan Anda kepada pengguna hanya masuk ke folder spam saja? Tentunya jika hal tersebut terjadi hanya akan membuat proses promosi sia-sia.

Bekerja dua kali dan tentunya hal tersebut justru tidak membantu untuk menghasilkan pendapatan untuk Anda bukan? Sebagai seorang digital marketing sebaiknya memahami hal tersebut.

Coba tambah pemahaman terkait dengan cara memeriksa sending reputation khususnya di email/surel. Sehingga keahlian Anda akan semakin bertambah dan membuat proses promosi menjadi lebih tepat sasaran.

Cara Kerja Penyedia Email Menilai Reputasi Pengirim (Sending Reputation)

Terkait dengan cara memeriksa sending reputation maka penyedia email akan melakukan prosesnya. Yakni menggunakan beberapa program untuk memantau perilaku serta menilai potensi risiko pada setiap alamat IP yang mengirimkan pesan ke jaringan tersebut.

Dalam hal itu, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi program untuk melakukan evaluasi terkait dengan reputasi pengirim. Yaitu sebagai berikut ini.

1. Kualitas kontak, terhadap siapa berdasarkan alamat IP mengirimkan pesan;

2. Mengirimkan tren volume;

3. Tingkat keterlibatan penerima ditampilkan untuk email dari alamat IP tersebut;

4. Kualitas konten yang terkandung di dalam email yang dikirim oleh alamat IP.

Faktor tersebut hanya beberapa contoh saja. Pasalnya ada banyak sekali faktor penentu lainnya. Namun tugas Anda hanyalah memastikan bagaimana alamat IP yang Anda gunakan bisa memiliki reputasi yang bagus.

Salah satu cara yang bisa pengguna lakukan untuk memastikan reputasi emailnya baik adalah dengan memakai layanan pemasaran khusus.

Tools untuk Memeriksa Reputasi Pengirim (Sending Reputation)

Seorang spesialis digital marketing bisa menggunakan beberapa tools berikut ini untuk membantu melakukan pelacakan reputasi email. Mengambil dari sumber data untuk menilai pengiriman sesuai dengan praktik dan hasilnya.

Beberapa tools berikut semoga bisa membantu sebagai cara memeriksa sending reputation pada email rekomendasi dari Diginews (https://diginews.id).

1. BarracudaCentral

Cara memeriksa reputasi yang pertama menurut Sendgrid (https://sendgrid.com/blog/5-ways-check-sending-reputation/) bisa menggunakan tools BarracudaCentral. Yang mana menyediakan pencarian reputasi IP dan domain lewat sistem reputasi Barracuda, database alamat IP secara real time.

2. SenderScore.org

Layaknya skor kredit, skor pengirim merupakan tolak ukur reputasi Anda. Skor akan terhitung mulai dari 0 sampai dengan 100. Semakin tinggi skor, maka semakin kuat tingkat keterkiriman pada pesan email Anda (bukan masuk spam).

Penghitungan atau pengukuran rata-rata pada 30 hari dan akan menampilkan hasil gambaran peringkat alamat IP milik Anda ketimbang alamat IP lainnya. Layanan tersebut disediakan oleh Validity.

3. Google Postmaster Tools

Tools berikut ini merupakan penawaran dari Google kepada pengirim yang memungkinkan melakukan pelacakan data terhadap pengiriman volume tinggi ke Gmail.

Selain itu beberapa data bermanfaat yang bisa pengguna ambil seperti reputasi alamat IP, reputasi domain, kesalahan pengiriman pada Gmail, dan banyak lagi lainnya.

4. Microsoft SNDS

Tools Microsoft SNDS menawarkan layanan yang bisa Anda sebut sebagai Smart Network Data Service. Salah satu yang tersedia adalah seperti pengetahuan terkait dengan titik data reputasi IP pengiriman, sebanyak apa perangkap spam Microsoft dan tingkat keluhan spamnya.

5. TrustedSource

Merupakan tools yang dijalankan oleh McAfee dan memberikan berbagai informasi terkait email domain, serta reputasi web dan afiliasi. Tidak hanya itu, TrustedSource juga memberikan informasi server email dan sistem nama domain, asosiasi domain, detail riwayat aktivasi, dan sebagainya.

Tidak semua penyedia email akan memberikan wawasan kepada pengguna terkait bagaimana mereka melihat reputasi Anda. Namun hanya ada dua penyedia layanan email yang akan memberikannya, yaitu Google dan Microsoft.

Lewat Postmaster Tools untuk pihak Google dan Microsoft SNDS untuk perusahaan Microsoft. Melalui tools tersebut Anda dapat melihat evaluasi harian terkait reputasi pesan yang penyedia email lihat.

Sehingga hal tersebut bisa menjadi salah satu acuan dalam menentukan bagaimana agar reputasi baik. Dan hal itu bisa membantu menjangkau para target market Anda dan keperluan lainnya.

Hindari Beberapa Kesalahan Umum yang Bisa Merusak Sending Reputation

Hal pertama pengguna perlu melakukan pemeriksaan untuk memastikan sending reputation baik. Kemudian jika alamat IP pengirim lebih rendah dari harapan maka bisa saja ada kesalahan umum yang Anda lakukan.

Untuk membantu Anda, berikut ini adalah beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dan merusak reputasi pengirim/sending reputation. Banyak yang masih belum menyadarinya dengan tepat.

1. Menggunakan Alamat Email yang Salah Ejaannya

Email yang salah eja seringkali terjadi pada mereka yang menggunakannya untuk perangkat seluler. Orang-orang sering salah menuliskan ejaan email mereka yang dituliskan lewat perangkat selulernya.

Salah ketik sering terjadi, oleh karenanya jangan lupa untuk melakukan tangkapan layar yang benar untuk membuat ejaan bisa tepat. Saat alamat email yang Anda kirimi salah, maka pesan tidak akan terkirim.

Sehingga sebagian besar penyedia layanan email, tidak akan mentolerir bouncing tersebut karena merusak reputasi alamat IP. Sebagai solusinya pebisnis perlu menyiapkan konfirmasi keikutsertaan ganda bagi pelanggan baru.

Sehingga akan membantu menghindari alamat yang salah ejaan dengan basis pelanggan baru.

2. Memakai Daftar Email Hasil Beli

Seringkali cara ini orang lakukan untuk bisa mendapatkan pelanggan baru. Sekilas terlihat mudah dan cepat, namun hal tersebut tidak akan membuat Anda menjadi bisa mengembangkan data secara organik.

3. Gagal Membersihkan Daftar Email

Sebagai digital marketing, Anda berhak dan memiliki kewajiban untuk menghapus berbagai email pengguna dari daftar jika mereka sudah tidak lagi terlibat di dalamnya.

Pasalnya bisa menyebabkan bouncing keras. Sehingga hal tersebut dapat memindahkan konten Anda ke halaman spam.

4. Konten yang Anda Kirim Memiliki Kualitas Buruk

Jangan hanya sekadar memberikan kuantitas, karena kualitas adalah yang utama. Konten yang buruk bisa berimbas pada reputasi Anda. Pengguna yang mengeluh karena konten buruk akan berimbas tidak baik pada email dan masuk ke spam.

5. Melakukan Pengiriman Email Secara Tidak Konsisten

Frekuensi pengiriman konten email kepada pelanggan merupakan suatu hal penting. Bikin kalender konten email yang hendak pemasar kirim. Jangan terlalu sering dan jangan terlalu renggang waktunya.

Pastikan mengirim konten secara berkala namun tetap stabil. Sehingga pengguna tidak mudah bosan.

6. Menyimpan Perangkap Spam pada Daftar Email

Perangkap merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan sending reputation Anda rendah. Hal tersebut merupakan konsekuensi paling berbahaya. Anda bisa masuk ke daftar hitam apabila tidak mengikuti aturan praktik terbaiknya.

Nah, itulah beberapa informasi penting terkait dengan cara memeriksa sending reputation pada email. Sebagai pemasar digital, hal tersebut merupakan sesuatu yang penting dalam menjangkau pelanggan.

Sumber:

1. https://www.affde.com/id/mistakes-damaging-email-sender-score.html

2. https://support.google.com/a/answer/2623280?hl=id

3. https://www.tus.co.id/index.php/informasi/mengapa-email-saya-masuk-di-folder-spam

Leave a Reply

Your email address will not be published.