Breaking News

Optimasi Googe Calendar

Cara Optimasi Google Calendar untuk Membantu Pekerjaan

Seseorang yang memiliki pekerjaan dengan jadwal yang padat membutuhkan optimasi google calendar. Ini penting sekali, terutama yang memiliki jadwal yang padat. Fitur modern ini bisa membantu Anda mengatur jadwal harian dengan mudah.

Seberapa sering Anda melewatkan jadwal meeting online? Atau janji bertemu klien yang akhirnya diundur karena keterlambatan Anda. Beberapa pekerjaan mungkin terjadi di waktu yang sama dan menuntut diselesaikan semua sekaligus dalam satu waktu.

Jika Anda tidak membuat catatan khusus, kemungkinan besar akan terjadi resiko lupa, salah jadwal, dan terlambat datang. Terlebih saat ini anjuran untuk bekerja dari rumah sedang ramai-ramainya digencarkan. 

Anda perlu mengatur diri sendiri supaya tetap disiplin layaknya hari biasa. Masih belum punya gambaran mengenai fasilitas kekinian ini, simak penjelasan berikut supaya lebih paham tentang pengertian, fungsi, dan cara memanfaatkannya dengan baik.

Pengertian Optimasi Google Calendar

Google calendar adalah fitur terbaru dari google berbasis web yang didalamnya memuat pengaturan waktu. Anda bisa mengatur jadwal harian untuk berbagai kebutuhan. Seperti memiliki buku agenda namun dalam bentuk digital.

Jika Anda biasa menggunakan fitur kalender di HP pasti sudah familiar dengan menu apa saja didalamnya. Serupa dengan hal itu karena disini Anda bisa memanfaatkan optimasi google calendar. Berikut menu yang tersedia pada platform ini, antara lain:

1. Atur Jadwal Anda

Anda dapat mengatur jadwal harian seperti biasa. Berisi waktu kapan pelaksanaan suatu acara, judul acara kemudian lokasi. Dengan menu ini Anda tidak akan lupa lagi dengan appointment penting.

Untuk pengaturan jadwal bisa diatur berbentuk harian, mingguan, dan bulanan sesuka hati Anda. Yang pasti lebih praktis, bila Anda ingin mengubah jadwalnya sewaktu-waktu jika diperlukan. Karena proses editingnya sangat mudah.

2. Bagikan Kalender

Menu bagikan kalender bisa Anda manfaatkan untuk mengundang teman. Misalnya untuk acara syukuran ulang tahun Anda sendiri. Bisa juga untuk keperluan pekerjaan berkaitan dengan kegiatan bersama seperti agenda meeting.

Anda bisa mengajak rekan-rekan meeting dengan hanya membagikan link saja tanpa harus mencetak undangan menggunakan kertas. Anda bisa memantau apakah teman-teman Anda bisa hadir semua atau tidak. Tidak perlu mengundang satu persatu lagi jadi lebih praktis.

3. Acara dari Gmail

Secara real time Anda akan mendapat notifikasi suatu acara atau peristiwa penting dari data di Google. Pengingat tersebut secara otomatis akan masuk pada google calendar Anda. Sehingga tidak ada yang mungkin terlewatkan.

Jadi tidak perlu selalu membuka Gmail untuk tetap update. Lebih simple karena Anda cukup langsung buka google calendar. Itu saja sudah dapat membantu Anda terhubung dengan relasi yang sama-sama menggunakan Gmail.

4. Aktifkan Pengingat

Menu ini paling penting dan dibutuhkan oleh hampir semua orang. Terutama yang memiliki banyak acara pada waktu tertentu. Dengan mengaktifkan pengingat, jadwal yang telah Anda kelola sebelumnya akan terlaksana dengan baik.

Mungkin Anda lupa pernah membuat jadwal atau janji bertemu. Maka dengan menu aktifkan pengingat ini, tidak akan ada jadwal yang terlewat lagi. Terlebih cara mengaturnya sangat mudah, seperti Anda mengatur alarm untuk bangun pagi setiap hari.

Fungsi Optimasi Google Calendar

Optimasi google calendar sangat berguna bagi Anda yang memiliki rutinitas produktif yang padat sepanjang hari. Pelajar, pekerja, maupun pebisnis sama-sama punya jadwal yang padat. Untuk itu disini telah hadir aplikasi ini untuk memberikan alarm pengingat acara-acara penting. 

Namun lebih dari itu Anda bisa mendapatkan berbagai kemudahan dengan adanya aplikasi ini. Berikut fungsinya, antara lain:

1. Membantu mengelola waktu secara efektif

Paling penting manfaat dari google calendar adalah membantu dalam mengelola waktu harian bahkan mingguan. Sehingga setiap hari tidak ada pekerjaan terlewat. Bahkan sampai urusan paling kecil.

Energi Anda tidak akan terkuras habis untuk hal-hal tidak penting. Lalu kapan istirahat dan berlibur? Anda bisa mengosongkan jadwal pada google calendar. Untuk memastikannya Anda bisa memeriksanya secara berkala.

2. Mengatur prioritas pekerjaan

Optimasi google calendar membantu Anda mengatur prioritas pekerjaan. Mana yang lebih penting dan harus segera selesai akan muncul pada daftar utama. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan penting tanpa terlewat.

Bagi pebisnis atau pekerja freelance yang tidak diawasi langsung oleh atasan, lebih terpola. Tidak banyak waktu untuk bersantai-santai yang sebetulnya tidak berguna. Lebih mudah bagi Anda memenuhi deadline.

3. Meningkatkan produktivitas

Waktu belajar maupun bekerja yang tersusun dengan rapi dapat meningkatkan produktivitas. Sebab secara tidak langsung, pola pikiran Anda disiplin waktu. Setiap jam bisa saja memiliki tugas yang harus selesai.

Anda bisa mengukur seberapa banyak agenda penting bisa diselesaikan. Sisanya bisa Anda buat prosentase apakah penting atau bisa ditinggalkan. Hal ini berlaku bukan hanya dalam mengatur pekerjaan tetapi juga belajar.

4. Update acara TV favorit

Anda perlu tahu bahwa google calendar yang dioptimasi bisa dihubungkan dengan program TV favorit. Anda akan mendapatkan informasi jadwal pemutaran tayangan secara rutin. Tidak akan ketinggalan lagi acara kesayangan Anda.

5. Update sosial media

Suka eksis di sosial media? optimasi google calendar membantu Anda memantau acara penting didalamnya. Misalnya ulang tahun teman, ulang tahun sekolah dan sebagainya. Termasuk acara talk show dari sosial media.

6. Reminder diet

Program diet Anda lebih berhasil dengan menggunakan google calendar sebagai partner. Anda bisa mengatur menu harian selama seminggu. Mengatur menu sekaligus bisa memperhitungkan jumlah asupan kalori. 

Baca Juga : Optimasi Omnichannel Customer Experience (CX) Terbaik Saat New Normal

Cara Optimasi Google Calendar

Cara memaksimalkan fitur google calendar sangat mudah. Terlebih dahulu Anda harus memiliki akun Gmail. Anda bisa mendaftar jika belum memilikinya. Langkah selanjutnya seperti di bawah ini:

  1. Buka browser kemudian cari google calendar. Terlebih dahulu Anda harus login ke dalam akun Gmail. Pilih paling jika halaman mesin pencarian sudah terbuka. Cukup klik dan langsung masuk.
  2. Pelajari menu yang tersedia di dalamnya. Kemudian mulailah membuat acara, scroll halaman ke bawah untuk menggunakan menu reminder. Reminder ini berfungsi seperti asisten yang selalu mengingatkan jadwal penting.
  3. Tentukan waktu tepat untuk reminder. Dari menu jam akan muncul pop up berisi detail acara. Anda bisa memberi judul acara sesuai kebutuhan.
  4. Pilih menu Event, Out of Office, Reminder, Appointment Slot. Jika Anda memilih kalender event, bisa menentukan berapa waktu yang digunakan. Dari jam berapa sampai jam berapa.
  5. Fitur Add guest, untuk menambahkan siapa saja yang akan mengikuti acara tersebut. Anda bisa memantau jumlah orang yang akan mengikuti acara. Selanjutnya bisa menggunakan menu video conference.
  6. Fitur selanjutnya yaitu lokasi. Anda bisa menentukan tempat berlangsungnya acara dan menghubungkannya dengan Google map. Sehingga calon peserta bisa mengetahui dimana berlangsungnya acara yang Anda buat.

Anda juga bisa menambahkan catatan atau notes pada jadwal yang sudah dibuat. Setelah selesai klik save untuk menyimpan. Optimasi google calendar akan langsung berfungsi otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.