Breaking News

Kupas Tuntas Besaran Gaji Digital Marketing

Besaran Gaji Digital Marketing Pemula sampai Senior

Saat ini, sudah banyak perusahaan di Indonesia banyak mencari karyawan di bidang digital marketing karena semakin banyaknya pengguna internet dan pergeseran perilaku konsumen dari offline ke online. Bisa dikatakan, hampir semua orang memiliki akses ke internet, baik melalui desktop maupun smartphone, sehingga penggunaan internet untuk berbagai aktivitas, termasuk berbelanja dan mencari informasi, semakin meningkat.

Makannya, banyak juga yang penasaran dengan berapa gaji digital marketing untuk pemula hingga senior. Otomatis, tentunya perusahaan akan membutuhkan strategi pemasaran digital yang efektif untuk menjangkau target pasar mereka secara lebih luas dan efisien. Digital marketing menjadi salah satu solusi paling efektif karena mampu menjangkau target pasar dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan pemasaran tradisional.

Selain itu, digital marketing juga memungkinkan perusahaan untuk mengukur performa kampanye mereka dengan lebih akurat dan efisien, sehingga mereka bisa memperbaiki strategi pemasaran dengan cepat dan tepat.

Berikut adalah daftar gaji digital marketing untuk berbagai level karir, dari pemula hingga senior manager untuk kota DKI Jakarta. Ini dia jumlahnya, berdasarkan data dari beberapa sumber:

Digital Marketing Specialist (Pemula, 1-3 tahun): Gaji rata-rata sekitar 3-5 juta per bulan, tergantung pada pengalaman dan kemampuan.

Digital Marketing Executive (Menengah, pengalaman >3 tahun): Gaji rata-rata sekitar 6-10 juta per bulan.

Digital Marketing Manager (Menengah, pengalaman >5 tahun): Gaji rata-rata sekitar 12-25 juta per bulan.

Digital Marketing Senior Manager (>8 tahun): Gaji rata-rata sekitar 25-50 juta per bulan.

Chief Marketing Officer (Senior): Gaji rata-rata sekitar 50-100 juta per bulan.

Perlu diingat bahwa daftar gaji di atas bersifat sekadar estimasi dan bisa berbeda tergantung pada perusahaan, lokasi, ukuran perusahaan, dan industri yang Anda geluti. Namun, dapat diambil kesimpulan bahwa digital marketing adalah bidang yang menawarkan gaji yang kompetitif dan peluang karir yang baik bagi mereka yang memang memiliki kemampuan.

Tips Nego Gaji dengan HRD untuk Pemula

Faktanya, industri digital marketing dapat memberikan insight kepada perusahaan terkait data konsumen yang lebih detail, sehingga mereka bisa memahami perilaku konsumen dengan lebih baik dan menyesuaikan kampanye pemasaran mereka sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Jadi, sebaiknya kamu memanfaatkan situasi ini untuk menego gaji saat Anda melakukan interview dengan perusahaan, seperti:

  1. Sebelum bernegosiasi, lakukan riset untuk mengetahui gaji rata-rata di bidang digital marketing untuk pemula. Jangan lupa tunjukkan pada HRD kemampuan yang Anda miliki, serta bagaimana kontribusi Anda dalam mencapai target perusahaan.
  2. Saat HRD memberikan penawaran gaji, jangan takut untuk bertanya lebih jauh. Tanyakan mengenai apa saja benefit dan fasilitas lain yang bisa diberikan oleh perusahaan.
  3. Jangan terburu-buru mengatakan “iya” saat negosiasi gaji. Jangan langsung menerima penawaran pertama yang diberikan oleh HRD, namun pertimbangkan baik-baik dan tawarkan nilai tambah yang Anda miliki.
  4. Apapun hasilnya, terlepas dari hasil negosiasi, tetaplah bersikap profesional dan hormat kepada HRD. Hindari menggunakan nada yang agresif atau menyerang.

Cara Agar Fresh Graduate Bisa Tembus 2 Digit

Mungkin, bagi sebagian lulusan fresh graduate untuk memiliki gaji 2 digit di bidang digital marketing tidaklah sulit. Namun, hal ini tentu saja tergantung pada sejumlah faktor seperti kemampuan, pengalaman, dan kinerja yang dimiliki. Ada beberapa cara yang dapat membantu seorang fresh graduate untuk mendapatkan gaji 2 digit di bidang digital marketing, contohnya seperti di bawah ini.

  1. Memiliki kemampuan yang sangat baik: Seorang fresh graduate yang memiliki kemampuan yang sangat baik di bidang digital marketing akan dihargai oleh perusahaan. Kemampuan seperti SEO, SEM, Social Media Marketing, dan Content Marketing adalah beberapa keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam industri digital marketing.
  2. Mendapatkan sertifikasi digital marketing: Sebuah sertifikasi digital marketing seperti Google Ads Certification atau Hubspot Inbound Certification dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan membuktikan kemampuan Anda di bidang digital marketing.
  3. Mencari pekerjaan di perusahaan besar: Biasanya, perusahaan besar cenderung membayar gaji yang lebih tinggi untuk karyawan mereka. Cobalah mencari lowongan pekerjaan di perusahaan besar yang memiliki reputasi baik di industri digital marketing. Namun, tentunya sainganmu juga semakin banyak.
  4. Mencari lowongan pekerjaan di kota besar: Biasanya, perusahaan di kota besar cenderung membayar gaji yang lebih tinggi untuk karyawan mereka. Cobalah mencari lowongan pekerjaan di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, atau Bandung.

Namun, perlu diingat bahwa mendapatkan gaji 2 digit sebagai fresh graduate di bidang digital marketing bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan usaha yang besar. Anda harus memiliki kemampuan dan kinerja yang sangat baik, serta bersedia untuk belajar dan terus meningkatkan diri.

Ingat, sebagai seorang pemula di bidang digital marketing, fokuskan pada kemampuan dan kontribusi yang dapat Anda berikan kepada perusahaan. Tawarkan nilai tambah yang dapat Anda berikan dan jangan takut untuk bertanya lebih lanjut. Dengan cara yang profesional dan positif, Anda dapat berhasil dalam negosiasi gaji dengan HRD. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Cara Bisnis Digital Marketing yang Harus Dikuasai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *