Breaking News

layanan cloud

Layanan Cloud: Apa Perbedaan Saas, Paas & Iaas? Ini Penjelasannya!

Bagi yang belum mengetahui, Saas merupakan salah satu dari tiga jenis layanan yang biasa disebut dengan Cloud Computing yang biasanya layanan ini ditawarkan oleh penyedia layanan Cloud.

Tiga jenis layanan ini terdiri dari Software as a Service atau disebut Saas, Platform as a Service atau Paas, juga ada Infrastructure as a Service atau Iaas.

Tahukah Anda bahwa semakin hari jumlah perusahaan yang terus menggunakan sistem cloud service ini semakin bertambah?

Jadi, bagi Anda yang tertarik dalam bidang tech khususnya, disarankan untuk mengenali apa perbedaan antara Saas, Paas, IaaS dulu. Dimana, ketiga jenis cloud service ini mempunyai berbagai fungsi yang berbeda.

Perbedaan dari Saas, Paas and Iaas

Keberadaan cloud computing saat ini memang sudah menjadi salah satu teknologi yang cukup membantu khususnya dalam dunia bisnis, dimana layanan ini menawarkan kemudahan dimana Anda dapat mengakses data secara online.

Apabila Anda berencana ingin menggunakan teknologi cloud, maka kamu harus tahu dulu tentang model layanan cloud yang 3 tadi. Seperti apa perbedaannya? Untuk itu supaya lebih mengenal perbedaannya, berikut akan kami jelaskan di bawah ini:

1. Pengertian, Kelebihan, dan Kapan Menggunakan Saas

Saas atau yang disebut dengan software as a service merupakan sebuah perangkat lunak yang dipakai sebagai layanan yang bersifat online, atau biasa disebut sebagai layanan aplikasi cloud.

Saas sendiri pada umumnya akan memanfaatkan internet untuk bisa mengoperasikan aplikasi yang dikelola oleh vendor sebagai pihak ketiga.

Ketika Anda menggunakan model layanan Saas ini, maka Anda hanya perlu menggunakan aplikasi saja tanpa harus mengerti bagaimana pelayanan itu digunakan seperti data disimpan. Lalu seperti karakteristik dari Saas ini?

Baca Juga : Mengintip Industri Cloud Kitchen yang Jadi Solusi Pebisnis Pemula

Bagi Anda yang masih belum mengetahui seperti apa karakteristik dari Saas ini, di bawah ini kami jabarkan penjelasannya berikut ini:

  • Dikelola langsung dari lokasi pusat. Jadi lebih praktis karena langsung dari pusatnya.
  • Di-host di server jauh.
  • Bisa diakses langsung melalui internet. Sehingga tidak harus berada di lokasinya langsung ketika ingin menggunakannya.
  • Pengguna layanan tidak harus bertanggung jawab atas pembaruan yang terjadi.

Lalu bagaimana dengan keuntungannya?

Apabila Anda nanti menggunakan model layanan Saas, maka Anda bisa langsung memakai layanan tersebut tanpa harus membuat sendiri atau yang biasa disebut dengan in-house development.

Bukan hanya itu saja namun pengguna layanan pun tidak harus mengkhawatirkan tentang ketersediaan maupun itu reliabilitas aplikasi, karena semuanya sudah dijamin oleh penyedia layanan.

Sebagai pengguna layanan, maka kamu hanya perlu fokus pada data miliknya saja. Perangkat yang dibutuhkan pun untuk bisa memakai aplikasinya hanyalah gadget yang tersambung internet.

Kapankah harus menggunakannya?

Maka SaaS bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk beberapa kondisi, dimana dalam sekali kegiatan bisnis atau personal layanan Saas ini sangat dibutuhkan. Lalu kapankah harus menggunakan Saas ini? Berikut penjelasannya:

  1. Pada saat sebuah perusahaan kecil yang membuat sebuah Apps/project dengan cepat dan sama sekali tidak punya waktu untuk soal server atau perangkat lunak.
  2. Pada saat sedang mengerjakan proyek jangka pendek dimana sering membutuhkan sebuah kolaborasi yang cepat, mudah, dan juga murah. Sehingga ini bisa dipilih.
  3. Pada saat aplikasi tidak terlalu sering dibutuhkan, seperti contohnya perangkat lunak pajak. Sehingga lebih praktis penggunaannya.

2. Pengertian Paas

PaaS atau Platform as a Service merupakan sebuah layanan Cloud yang disediakan dalam bentuk platform dimana biasanya digunakan oleh pengguna jika ingin membuat sebuah aplikasi.

Pada saat Anda menggunakan layanan model Saas, maka biasanya semua server, penyimpanan, juga setiap jaringan ini dikelola oleh perusahaan atau penyedia pihak ketiga. Seperti apa karakteristiknya?

PaaS ini sendiri mempunyai banyak karakteristik tersendiri jika dibandingkan daripada layanan cloud lainnya. Berikut karakteristik dari Paas, antara lain:

  1. Berdasarkan teknologi virtualisasi, setiap sumber daya Paas bisa dengan gampang ditingkatkan mengikuti setiap perubahan bisnis.
  2. Paas memberikan beragam layanan dengan tujuan untuk membantu para pengembangan, pengujian, juga penyebaran aplikasi.
  3. Bisa diakses oleh banyak pengguna hanya dengan menggunakan aplikasi pengembangan yang sama. Jadi lebih mudah dan praktis.

Seperti apakah keuntungan dari PaaS ini?

Keuntungannya adalah pada saat Anda menggunakan layanan model Paas, maka kamu bisa membuat aplikasi sendiri dengan menggunakan banyak fitur yang sudah tersedia. Berikut kelebihannya berdasarkan fiturnya:

  1. Pengembangan juga penyebaran aplikasi yang sederhana dan biaya yang terjangkau.
  2. Proses Develop yang bisa menyesuaikan aplikasi tanpa harus merasa kesulitan mempertahankan perangkat lunak.
  3. Pengurangan yang terlihat secara signifikan dalam jumlah pengkodean yang dibutuhkan.

Lalu kapankah Anda bisa menggunakan Paas ini?

Yaitu pada saat Anda ingin menyelesaikan project kerja. PaaS sendiri begitu bermanfaat jika harus membuat aplikasi khusus.

3. Pengertian Iaas

IaaS atau Infrastructure as a Service merupakan jenis model layanan Cloud yang pada umumnya itu adalah sebuah server fisik dan virtual service yang juga menyediakan yang namanya resource cloud seperti server.

Jika Anda menggunakan Iaas ini, maka Anda tidak harus membeli komputer dan peralatannya secara fisik lagi, atau mungkin harus melakukan pemeliharaan rutin terhadap perangkatnya.

Lalu bagaimana dengan karakteristiknya? Berikut ini adalah karakteristik dari Iaas, antara lain:

  1. Sumber daya disediakan sebagai layanan. Sehingga lebih praktis penggunaannya.
  2. Biayanya pun beragam tergantung kebutuhan. Jadi bisa disesuaikan dengan dana penggunanya sendiri.
  3. Banyak pengguna dalam satu perangkat itu. Cocok sekali untuk pekerjaan yang dilakukan secara tim.
  4. Dinamis serta fleksibel. Jadi mudah dipakai oleh siapa saja.

Seperti apa keuntungannya?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dimana Iaas ini adalah model layanan dimana para pengguna tidak harus membeli komputer dan peralatannya secara fisik untuk bisa membangun server. Keuntungan lainnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Memiliki model cloud computing yang sangat fleksibel.
  2. Sangat gampang untuk mengotomatiskan penyebaran penyimpanan maupun itu jaringan, server.
  3. Untuk pembelian layanan sendiri bisa didasarkan pada kebutuhan saja.
  4. Klien nantinya akan memegang kendali penuh terhadap infrastruktur mereka.
  5. Juga untuk resource sendiri bisa dibeli sesuai kebutuhan.

Lalu kapan kah harus menggunakan Iaas ini?

Tidak berbeda seperti SaaS dan PaaS, dimana sebenarnya ada beberapa situasi pada saat IaaS sangat menguntungkan. Yaitu ketika Anda memiliki perusahaan kecil, Iaas bisa dijadikan sebagai solusi terbaik tanpa harus membuat perangkat lagi. Iaas dengan nyata akan membantu Anda secara tepat dalam pengembangan Startup Anda.

Dengan penjabaran di atas, sudahkah Anda mengenali perbedaan antara Saas, Paas and Iaas? Secara sederhana, ketiga layanan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan yang bisa Anda kenali secara langsung. Sehingga bisa tahu yang mana sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.