Breaking News

cara ampuh meningkatkan trafic

10 Cara Ampuh Meningkatkan Traffic di Website Anda

Cara ampuh meningkatkan traffic website berikut ini adalah yang Anda butuhkan. Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan jika berbicara tentang traffic sebuah website. Traffic akan datang jika website Anda kencang. Banyak yang beranggapan jika website kencang tampilannya biasa.

Padahal tidak melulu begitu, website yang cepat bisa pula mempunyai desain layout yang ramai. Kuncinya berada pada optimasi. Contoh gampangnya, gambar berukuran 4.000px akan lebih lama dalam loading daripada gambar ukuran 700px.

Kecepatan website berkaitan dengan user experience pengunjung. Semakin cepat dan informatif sebuah website, akan membawa kesan baik agar pengunjung kembali lagi. Lantas, bagaimana cara agar memiliki traffic lumayan per hari?

Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website secara Signifikan

Traffic yang besar akan membawa profit yang sama-sama besar pula. Apalagi kalau Anda fokus pada iklan seperti Google Adsense, MGID, Adsterra, dan sebagainya. Berikut rincian cara ampuh meningkatkan traffic di website dan blog secara keseluruhan.

1. Memilih Micro Niche

Cara ampuh meningkatkan traffic website yang pertama berkaitan dengan niche yang Anda pilih. Microniche menjadi salah satu kategori yang ramai oleh pengunjung. Contohnya, makroniche hobi, maka microniche bisa sepakbola, memancing, bulu tangkis, atau lainnya.

Seiring berjalannya waktu, Anda bisa mengembangkan microniche tersebut untuk kategori yang lebih luas. Menjadikan website Anda lebih besar, lengkap, dan tentunya informatif yang mendalam.

Tetapi untuk website Anda yang terlanjur memilih makroniche, bisa menjelajahi keyword (kata kunci) yang lebih spesifik. Lakukan riset keyword ideal; artinya keyword yang besar volume tetapi kecil persaingan. Tambahkan long tail keyword dan LSI (sinonim) dalam keyword microniche tersebut.

2. Melengkapi Elemen Artikel (Gambar & Video)

Ternyata, elemen artikel yang lengkap dapat meningkatkan traffic website Anda. Tidak semua pengunjung datang dari pencarian web Google. Ada yang datang dari pencarian gambar, pencarian video, atau dari website lain.

Gambar (visual) yang menarik sangat penting sebagai elemen artikel. Pastikan gambar ini mendapat indeks Google agar bisa muncul dalam pencarian image.

Sedangkan untuk video, Anda sebenarnya tidak perlu mengupload ke website. Apalagi kalau kapasitas penyimpanan server terbatas. Alternatifnya dengan sematkan/embed video seperti dari Youtube.

3. Mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO)

Website bekerja dalam sistem internet, sehingga tidak akan lepas dengan apa yang dinamakan SEO. Secara umum ada 3 jenis SEO yang wajib Anda perhatikan, antara lain sebagai berikut.

a) SEO On Page

Berada di dalam halaman, berkaitan dengan konten yang berkualitas, lengkap, dan optimal. Dalam hal ini keyword, meta data, meta deskripsi, gambar alt, tag, dan lain-lain yang berada di dalam halaman sangat penting. Termasuk internal dan eksternal link!

b) SEO Off Page

Berada di luar halaman, berkaitan dengan backlink (link building), Google My Business, listing, brand awareness, review, website age, dan sebagainya.

c) SEO Technical

Berada dalam mesin pencari, SEO technical bisa Anda optimasi berdasarkan penggunaan masing-masing peramban. Jika menggunakan Google, optimasinya berada di Webmaster Google. Sedangkan jika menggunakan Yandex, optimasinya berada di Webmaster Yandex. Begitu pula Yahoo, Bing, dan lain sebagainya.

Beberapa hal yang masuk dalam SEO technical antara lain indexing, crawling, sitemap, link, dan sebagainya.

4. Bangun Kolam di Media Sosial

Cara ampuh meningkatkan traffic website Anda secara instan, apalagi kalau bukan mempunyai kolam sendiri di media sosial. Hal ini sebenarnya rahasia, bahwa banyak website punya traffic per hari ribuan bahkan puluhan ribu dengan membagikan ke grup media sosial milik sendiri.

Kolam sendiri ini umumnya dari grup Facebook dan Telegram. Untuk membangunnya tidak semudah membalikkan tangan, sulitnya mirip membangun 1.000 candi dalam satu malam. Cara mudahnya, Anda bisa sewa grup yang sudah punya ratusan ribu atau jutaan anggota.

5. Beri Guest Post

Website yang membuka guest post umumnya mempunyai traffic banyak. Ini merupakan simbiosis mutualisme antara pemilik website dan pengunjung. Anda, sebagai pemilik website mendapatkan konten gratis yang ramah SEO. Sedangkan pengunjung yang memberi guest post mendapatkan backlink aktif untuk tujuan link building.

Tetapi dalam penerapannya, Anda harus membatasi berapa guest post per minggu. Misalnya 2 gest post dalam satu minggu. Jika terlalu banyak, justru website Anda bisa dianggap spam, meningkatkan spam score, yang jatuh pada penurunan performa website di mesin pencari.

6. Melakukan Update Konten Lama

Pernah dengar ada website yang hanya punya konten di bawah 10, tetapi trafficnya legit? Alih-alih membuat postingan artikel baru, pemilik website sebaiknya telaten update artikel lama. Sehingga mesin pencari akan melakukan index ulang (re-indexing), menganggap artikel Anda lebih lengkap, dan menunjukkan bahwa Anda sebagai pemilik website peduli akan kualitas (bukan hanya kuantitas).

Dalam melakukan update artikel lama, jangan lupa melengkapi elemen artikel. Semakin lengkap dan informatif sebuah artikel akan semakin tinggi peringkatnya dalam SERP.

Update artikel jangan terlalu panjang, artikel yang lebih dari 3.000 kata justru membuat pembaca tidak akan membacanya sampai akhir. Minimal 300 kata (untuk ukuran artikel SEO paling pendek) dan maksimal 2.500 kata (untuk ukuran artikel SEO paling panjang) agar tetap efektif.

7. Pasang Plugin Analisis SEO

Plugin SEO umumnya dipakai dalam CMS WordPress, antara lain YOAST, All In One SEO, The SEO Framework, Squirrly SEO, dan sebagainya. Dengan begitu akan muncul indikator SEO on page sebelum upload artikel maupun page.

8. Update Konten Rutin

Artikel mirip sebuah jaring untuk menangkap ikan, artinya semakin banyak artikel maka semakin banyak hal yang Anda bahas. Membuat jaring penangkap ikan Anda semakin lebar. Meski begitu, cara ampuh meningkatkan traffic dengan artikel rutin harus berkualitas sehingga dalam pengembangan website pasti butuh proses cukup panjang.

Jadwalkan konten artikel yang berkesinambungan antara satu dengan lainnya menggunakan content planner per minggu atau per bulan. Konten yang saling terhubung akan memperkuat internal link website Anda!

9. Konten Lengkap dan Menarik

Mungkin Anda pernah merasakan, menulis konten yang berkualitas kemudian dibabat habis oleh AGC. Ya, rasanya memang sakit, begitulah rasa sebuah perjuangan. Tetap fokus, konsisten, dan telaten membuat konten yang lengkap serta menarik!

Melihat website Anda penuh dengan konten lengkap membawa kebanggaan tersendiri, kan?

10. Paid Search

Last but not least, cara ampuh meningkatkan traffic website yang pasti berhasil adalah memanfaatkan iklan. Pencarian berbayar dari Google Ads merupakan yang paling populer, alternatif lainnya dengan beriklan di media sosial dengan tujuan Adsense.

Memanfaatkan pencarian berbayar dengan iklan cukup efektif jika Anda menawarkan produk (baik barang atau jasa) di website. Tetapi jika hanya sarana informasi (artikel), pastikan tidak boncos. Boncos dalam hal ini berarti biaya yang Anda keluarkan untuk iklan lebih sedikit daripada hasil iklan di website Anda.

Demikian beberapa cara ampuh meningkatkan traffic website Anda yang wajib diterapkan. Setiap cara membutuhkan proses dan waktu, jadi jangan sampai berhenti di tengah jalan!

Baca Juga: 5 Cara Riset Keyword untuk SEO yang Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *