Breaking News

Iphone 14 pro max

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan dari iPhone 14 Pro Max 

Siapa yang tidak kenal dengan ponsel iPhone 14 Pro Max? Bisa dibilang bahwa Apple adalah produsen yang inovatif. Lewat ponsel yang baru saja dihadirkannya tersebut ternyata memiliki sederet kelebihan yang menarik untuk dikupas. Penasaran seperti apa kelebihannya? Berikut akan kami ulas seputar kelebihan dan kekurangan dari ponsel ini.

Kelebihan iPhone 14 Pro Max

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan dari ponsel yang sukses mencuri perhatian semua orang, antara lain:

1. Build Quality Sempurna

Pilihan warna yang dihadirkannya kali ini benar-benar fresh. Ada 4 pilihan warna yang tersedia, yaitu gold, deep purple, space black, dan juga silver. Semuanya berkarakter mate. Kesan premium dihadirkan berkat frame yang dimilikinya tersebut karena sudah didukung dengan material dari stainless steel.

Tidak hanya itu saja, ada juga material kaca yang diletakkan di bagian depan serta penutup belakangnya. Dimana dibagian depan ada kaca keramik yang bisa membuat durabilitas ponsel semakin meningkat dan tahan terhadap benturan.

Selain itu, penutup belakang kacanya juga bisa dilepas. Jadi Anda bisa lebih mudah menggantinya sendiri saat pecah. Sertifikasinya sudah IP68 jadi tahan debu dan tahan air hingga 6 meter (30 menit).

2. Layar Dilengkapi AOD

Tampilan layarnya sempurna karena didukung dengan teknologi OLED sebesar 6.7 inch. Sedangkan resolusinya mencapai 2.796 p x 1.290 p dengan teknologi super retina XDR display. Tidak hanya itu saja, ada juga fitur terbarunya berupa dynamic island dan AOD.

Teknologi always on display ini menjadikan ponsel ini memperlihatkan berbagai macam notifikasi sekaligus tanpa harus mengetuk layarnya dulu. Notifikasinya bermacam-macam, mulai dari tanggal, jam, dan juga cuaca.

Itulah kenapa kehadiran AOD ini diklaim membuat konsumsi daya baterainya menjadi boros. Itu karena bagian layarnya selalu dipaksa tetap menyala Sebagian untuk menunjukkan informasi tertentu.

3. Dynamic Island Inovatif

Fitur ini adalah ruang dinamis yang sangat inovatif dari Apple. Karena bisa membuat poni layarnya memendek, memanjang, dan bahkan memperlihatkan 2 gelembung secara terpisah sesuai perintah penggunanya.

Jadi poni layer yang sebelumnya hanya berbentuk statis menjadi lebih hidup. Karena poni yang mulanya digunakan untuk menyamarkan sensor pemindai di depan kamera, namun digunakan untuk menampilkan informasi singkat.

Jadi misalnya Anda sedang memutar music, maka poni layer iPhone 14 Pro Max langsung memanjang untuk menampilkan nama album, judul, serta visualisasi nadanya. Sedangkan bila poninya diketuk, maka Anda akan dibawa masuk langsung ke dalam aplikasi pemutar lagunya.

4. Performa Gahar dan Mengesankan

Ponsel baru milik iPhone ini didukung dengan chipset baru Bernama SoC yang disebut sebagai A16 Bionic. Jadi didalamnya sudah didukung dengan 6 core CPU dan juga 5 core GPU sekaligus.

Selain itu, ada juga ISP yang digunakan untuk processor gambar serta Neural Engine sebesar 16 core untuk processor kecerdasan buatan. Ada 2 klaster CPU A16 Bionic yang terdiri atas 4 core efisiensi dan juga 2 core performa.

Apple A16 Bionic ini terdiri atas 16 juta transistor sekaligus. Dimana SoC yang dibawakannya tersebut dirancang menggunakan proses manufaktur yang terbaru sebesar 4 nm. Jadi lebih canggih daripada teknologi A15 Bionic sebesar 5 nm.

5. Kamera Tajam

Ponsel iPhone 14 Pro Max ini sudah dilengkapi dengan teknologi pixel binning yang memiliki besaran resolusi hingga 48 Mp. Jadi 48 Mp yang dimilikinya tersebut berasal dari gabungan 4 piksel menjadi 1 piksel besar. Itulah kenapa ponsel ini mampu menangkap sinar cahaya lebih baik.

Tentu saja hal tersebut karena ada dukungan sensor kamera yang lebih besar. Jadi dengan adanya fitur zooming sampai 2x lipat, hal tersebut membuat hasil jepretannya menjadi lebih baik. Terlebih di barisan belakang terdapat kamera 48 Mp yang memiliki bukaan f/1.8 dan juga lensa kamera berukuran sebesar 24 mm. Hal tersebut membuatnya lebih sempurna.

6. Daya Tahan Baterai Kuat

Daya tahan baterainya cukup kuat karena bisa bertahan sampai 29 jam untuk memutar video local. Kemampuannya lebih baik daripada iPhone 13 Pro Max. Karena kali ini kapasitas baterainya sebesar 4.352 mAh.

Selain itu, ada juga dukungan pengisian daya fast charging sebesar 20 W. Dimana kabarnya bisa mengisi daya hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit saja. Kabarnya bila digunakan untuk mendukung kegiatan sehari-hari, ponsel ini dapat bertahan sampai dengan 1 setengah hari lamanya.

7. Ada Banyak Fitur Special Lainnya yang Menarik

Ponsel yang satu ini memiliki 2 fitur baru yang berhubungan dengan keamanan. Jadi terdapat pengiriman pesan darurat berupa SOS dan juga sensor deteksi kecelakaan sekaligus. Fitur panggilan darurat SOS ini bisa diaktifkan Ketika sedang berada di tempat terpencil.

Jadi Ketika tidak ada wifi dan jaringan seluler, maka Anda bisa menggunakan fitur SOS ini dengan bantuan dari satelit. Cukup berada di luar ruangan terbuka, kemudian sambungkan ke satelit yang sedang mengorbit. Lalu kirim pesannya, maka jadilah SOS. Meski prosesnya butuh waktu lebih lama daripada saat menggunakan jaringan seluler pada umumnya.

Kekurangan iPhone 14 Pro Max

Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata didalamnya juga menyimpan beberapa kekurangan yang tidak disadari oleh semua orang. Berikut ini adalah kekurangan dari ponsel ini, antara lain:

1. Bodi Tebal dan Berat

Ukuran dimensinya masih terlihat sama dengan sebelumnya, hanya ada perubahan sedikit saja ukurannya. Karena bila sebelumnya berukuran sebesar 160.8 x 78.1 x 7.65 mm dan berat 238 gr, maka ponsel ini mempunyai ukuran dimensi sebesar 160.7 x 77.6 x 7.85 mm dengan berat 240 gram.

2. Belum USB C, Pengisian Daya Standar

Teknologi pengisian dayanya hanya sebesar 20 W saja karena masih menggunakan port lama Lightning. Jadi dengan 30 menit, baterai akan terisi 50%. Jadi kecepatannya masih kalah dari gadget flagship pada umumnya dari merk lain.

3. Kamera Depan Beresiko Terkena Noda

Meski menggunakan dynamic island, namun ternyata fitur ini justru menyebabkan terjadinya resiko ternoda oleh jari pengguna hp di bagian kamera depannya. Sehingga hal tersebut mempengaruhi kualitas foto selfie karena lensa kameranya kotor oleh noda tersebut.

4. Menurut Pengalaman Pengguna, Baterai Cepat Habis

Meski sudah didukung dengan teknologi always on display atau AOD, namun ternyata hal tersebut tetap membuat daya baterainya tidak bertahan lama atau justru lebih cepat habis di luar ruangan daripada pendahulunya mesi masih bisa bertahan selama seharian penuh.

Namun sekalipun memiliki beberapa kekurangan di atas, tetap saja ponsel ini patut diperhitungkan. Karena didalamnya masih dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang cocok sekali untuk Anda yang bergerak di bidang content creator dan ingin merasakan kemampuan cinematic mode pada resolusi 4K 24 fps.

Baca Juga: Inovasi IPhone untuk Tingkatkan Keamanan Pengguna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *