Breaking News

Teknik SEO

10 Teknik SEO untuk Mangkring di Halaman Pertama

Teknik SEO yang paling sulit yakni pada bagian fluiditasnya. Dalam satu tahun saja Google sebagai mesin pencarian utama, memperbarui algoritmanya sebanyak 500-600 kali.

Jadi kira-kira setiap hari ada setidaknya satu kali pembaruan. Spesialis SEO pun terus dibuat update dalam menentukan kriteria peringkat SEO. Sehingga selama setahun penuh bisa lebih, mereka mendedikasikan hidupnya untuk mencari tahu.

Meski demikian, sangat tidak mungkin bagi siapapun untuk terus melacak perubahan secara keseluruhan. Sehingga cukup mengetahui secara garis besar tren SEO yang berpengaruh di tahun ini.

Hal ini akan membuat Anda menjadi yang terdepan dari pada para pesaing. Minimal berada di halaman pertama pada mesin pencari. Karena kita tahu hampir 75% para pencari tidak akan melewati halaman pertama.

Dalam proses membuat SEO mangkring di halaman awal bisa dengan dua teknik, yaitu SEO on Page dan SEO off Page. Kedua teknik ini penting dalam meningkatkan peringkat pencarian.

Daftar 10 Teknik SEO Penting Teratas di Tahun 2021

SEO sendiri beragam konteksnya dan beragam juga algoritmanya. Seperti SEO untuk blog tidak sama dengan SEO Youtube. SEO website/blog bisa Anda terapkan untuk Blogspot, WordPress, dan sebagainya.

Ada beberapa strategi yang bisa pengguna terapkan agar memperoleh peringkat tertinggi pada mesin pencarian. Tips terpentingnya adalah memahami dasar-dasarnya.

Berikut beberapa tips penting dari diginews yang bisa membuat teknis SEO berhasil pada peringkat atas.

1. Penyesuaian Konten Berdasarkan Search Intent

Search intent atau bisa disebut dengan tujuan konten, yang mana bisa dengan melakukan riset keyword. Sebab, pemahaman terhadap keyword ini akan memberikan dampak besar terhadap konten. Terutama pada pencarian di Google.

Algoritma Google terbaru, mesin pencarian menjadi lebih maju. Yang mana kini Google mampu memahami suatu topik melalui kata kunci yang relevan.

Ada lima indikator dalam melakukan riset kata kunci yang relevan. Hal tersebut adalah volume pencarian, tingkat kesulitan kata kunci, saran kata kunci, maksud pencarian, dan SERP.

SERP sendiri merupakan hasil dari mesin pencarian yang menunjukkan halaman-halaman dengan 10 peringkat teratas pencarian. Jadi, bagian ini juga penting untuk Anda pahami.

2. Penentuan Meta Deskripsi dan Tag Judul yang Sesuai

Bagian judul dan meta deskripsi juga penting dari suatu halaman konten. Tag judul yaitu headline yang akan muncul pada halaman pencarian. Untuk memberikan teknik SEO yang baik, tag judul harus memuat keyword dan search intent.

Buat judul yang menarik agar bisa membuat pembaca ingin melakukan klik pada konten tersebut. Bisa menggunakan teknik klik bait agar memberikan rasa penasaran dan berakhir untuk melihat konten.

Meta deskripsi sendiri juga menjadi meta tag penting dalam pada suatu halaman. Jadi meta deskripsi ini berisi rangkuman konten yang ada pada bagian bawah tag judul dan URL.

Agar berkualitas bisa memuat kata kunci, action oriented, sesuai search intent, dan rangkuman yang akurat. Biasanya meta deskripsi terdiri dari 110 sampai dengan 120 karakter.

3. Mengoptimalkan Gambar Website Anda

Hasil penelusuran di web AS, menunjukkan lebih dari 20% pencarian berdasarkan dari hasil gambar Google. Sehingga bisa memulai untuk memastikan pemilihan gambar yang berkualitas.

Gambar berkualitas bisa dari spesifikasinya berdasarkan resolusi yang tepat hingga kerelevanan dengan kata kunci. Misalnya pengunjung yang melihat gambar Anda bisa langsung memahami sekilas isi konten.

Namun demikian memperhatikan kualitas gambar cukup penting. Sebab, halaman gambar pada Google memberikan beban pada laman web. Yakni sekitar 21% berat halaman web berasal dari gambar.

Jadi, perlu untuk melakukan kompresi sebelum mengunggah. Setidaknya menggunakan resolusi yang pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

4. Mengoptimalkan Halaman Website

Halaman website memerlukan waktu dalam melakukan loading. Tentunya halaman yang berat dengan loading lama bisa berimbas pada rasa kecewanya pelanggan. Sehingga keputusan meninggalkan website Anda lebih besar.

Konten bagus sekalipun, pengunjung tidak akan memberikan toleransi terhadap lambatnya situs website. Lebih dari 53% pengguna Google akan meninggalkan website dengan loading di atas 3 detik.

Sebagian yang lain lagi merasakan kekecewaan terhadap lamanya proses loading pada website. Hal ini bisa berimbas pada menurunnya peringkat pencarian Anda. Sehingga lakukan peningkatan kecepatan web, untuk teknik SEO yang pas.

Baca Juga: Tips SEO Terbaik untuk Naikkan Peringkat Website di Google Search

5. Bangun Konsep Inbound dan Outbound Link

Backlink merupakan hal vital dalam teknik SEO 2021. Strategi penggunaan backlink ini cukup pas untuk membuat mengkring di halaman pertama. Inbound dan outbound link bisa jadi alternatifnya.

Outbound link merupakan peletakan tautan situs website lain pada suatu web. Dalam melakukan outbound link perlu memperhatikan apakah situs tautan kadaluarsa atau tidak. Sebab, jika kadaluarsa akan terlihat halaman error 404.

Hal ini akan berimbas pada kualitas halaman pengunjung. Nah, sedangkan inbound link sendiri merupakan backlink, yang mana situs Anda ada dalam web lain. Gunanya untuk mengarahkan orang agar mengunjungi/menggunakan jasa dari web tersebut.

Akan sangat berdampak besar jika dalam melakukan inbound link, situs website merupakan portal besar. Sehingga daya kepercayaan masyarakat lebih tinggi dan Google juga menilai lebih relevan.

6. Meningkatkan User Experience pada Website

Pengamatan Google terhadap konten dengan interaksi pengunjung/user cukup baik. Sehingga user experience penting dan menjadi faktor kunci dalam teknik SEO yang bagus.

Hal-hal yang mempengaruhi user experience adalah kecepatan halaman dan penggunaan sub heading yang pas. Nah, selain itu membuat konten menarik juga bagian dari meningkatkan user experience.

7. URL Kata Kunci yang Tepat

Bikin URL tidak boleh sembarangan dalam membangun konsep teknik SEO lebih baik. Struktur URL yang baik dapat mengkomunikasikan isi suatu halaman website. Sehingga user akan memahami dari URL tersebut.

Pakailah URL pendek penuh dengan kata kunci dan menghilangkan kata tidak perlu.

8. Pilih Konten Jangka Panjang

Menggunakan konten dengan jangka yang panjang akan memberikan backlink lebih banyak. Rata-rata artikel dengan konten jangka panjang memiliki jumlah kata sekitar 900-1000 kata.

Maksud dari konten jangka panjang adalah isinya tidak mengangkat tema musiman. Jadi, konten tersebut tidak berpengaruh terhadap waktu. Meskipun terlihat dalam waktu lama, masih relevan.

9. Memaksimalkan Internal Link

Selain backlink pakai juga internal link, yang mana cukup memegang peran penting dalam teknik SEO. Internal link sendiri merupakan link dari satu halaman ke halaman lain. Dan keseluruhan link tersebut ada pada satu web yang sama.

Model tautan internal ini akan membantu meningkatkan waktu kunjungan pada suatu web. Dan memudahkan pengunjung berpindah dari satu halaman ke halaman lain.

10. Perbarui Konten Lama

Jangan hanya puas dengan konten lama. Perbarui konten dengan lebih fresh dan baru. Caranya rajin bikin konten baru bisa untuk web atau untuk blog.

Bisa juga dengan memperbarui atau memaksimalkan konten lama yang masih berpotensi menghasilkan traffic bagus. Jadi, lakukan evaluasi dengan tepat.

Manfaat SEO sendiri adalah membuat website agar lebih populer. Sehingga banyak hal positif yang pemilik dapatkan dengan populernya suatu website. Seperti menghasilkan uang melalui website.

Ada banyak caranya, mulai dari pemanfaatannya dalam konsep digital marketing dan sebagainya. Nah, untuk membantu website Anda lebih berkualitas bisa juga menggunakan jasa profesional.

Seperti Maxsol yang merupakan perusahaan jasa bidang digital industri siap bantu bisnis berkembang. Bisa juga untuk membantu dalam teknik SEO meningkatkan peringkat web.

Leave a Reply

Your email address will not be published.