Breaking News

TIPS SEO

Tips SEO Terbaik untuk Naikkan Peringkat Website di Google Search

Hanya dengan SEO, website Anda bisa menempati peringkat di halaman pertama Google Search. Cari tahu cara terbaik mengoptimalkan SEO di sini.

Dalam marketing digital, ada satu kenyataan yang perlu diingat. Kalau website Anda tidak muncul dalam 10 peringkat teratas Google, sesuai dengan kata kunci targetnya, maka website Anda tersebut juga tidak akan terbaca oleh Google. Hal ini juga didukung oleh data statistik dari HubSpot. Berdasarkan statistik HubSpot, 75% orang yang melakukan pencarian di Google, tidak akan mencari melebihi apa yang ditampilkan di halaman pertama.

Ada sejumlah strategi dan teknik yang bisa Anda terapkan, untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google. Akan tetapi, yang paling penting yakni Anda tahu dasar-dasarnya. Tanpa ini, kecil kesempatan Anda untuk mendapat peringkat di halaman pertama Google. Jadi, dengan mengikuti tips SEO terbaik, Anda bisa melakukan riset kata kunci yang lebih baik, dan membangun strategi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tips SEO yang bisa diterapkan di tahun 2021. Mari langsung saja kita lihat tipsnya berikut ini:

Sesuaikan Konten dengan Search Intent

Search intent atau tujuan pencarian adalah apa yang dicari orang-orang saat mengetikkan kata kunci di Google. Memahami dan memenuhi search intent tersebut adalah prioritas utama Google. Laman yang muncul di halaman pertama Google berarti sudah memenuhi litmus test Google untuk search intent.

Agar lebih memahami konsepnya, Anda bisa memerhatikan empat tipe search intent berikut ini:

  1. Informasi – Pencarian untuk informational intent berarti user sedang mencari informasi yang spesifik. Kadang simpel saja, seperti “apa prediksi cuaca hari ini?” yang memerlukan hasil cepat. Atau, yang lebih kompleks, seperti “strategi SEO terbaik”, dengan penjelasan detail.
  2. Navigasi – Biasanya user mencari website atau aplikasi yang spesifik. Contoh yang paling umum yaitu seperti pencarian kata kunci “login Facebook”.
  3. Iklan – Pencarian ini bertujuan mencari iklan produk yang spesifik tapi user belum bisa membuat keputusan akhir. Contohnya, pencarian “tool SEO terbaik” atau “kamera DSLR terbaik”.
  4. Transaksi – Kalau yang ini bertujuan untuk membeli sesuatu. User pencari mungkin sudah memutuskan untuk membeli suatu produk atau jasa. Contohnya, yakni “beli Nikon d500”, “beli Macbook Air” atau “belanja bahan masakan online.”

Kesimpulannya, buatlah konten yang sesuai dengan search intent dari target audiens Anda.

Tulis Tag Judul dan Meta Description yang Efektif

Judul dan meta description laman Anda adalah dua dari meta tag paling penting di laman Anda tersebut.

Tag judul – merupakan headline yang bisa diklik dan muncul di hasil pencarian, sangat penting untuk SEO. Tag yang baik memuat kata kunci dan cocok dengan search intent.

Meta description – adalah meta tag paling penting kedua pada sebuah laman. Meta description adalah rangkuman tentang isi laman dalam sebuah kalimat yang berada di bawah tag judul. Tulis meta description yang unik, action-oriented, memuat kata kunci, cocok dengan search intent dan isi rangkumannya akurat.

Optimalkan Gambar di Website Anda

Pilih format gambar terbaik yang jernih dan ukurannya efisien. Format paling populer adalah JPEG dan PNG. JPEG cocok untuk fotografi full foto. Sedangkan, PNG cocok untuk gambar yang memuat teks, gambar, garis dan sebagainya.

Lalu, kompres gambar Anda agar resolusinya mengecil, sehingga memungkinkan laman website Anda loading dengan cepat. Pakai tools seperti TinyPNG, ImageOptim, atau ShortPixel. Jangan lupa, tambahkan alt text untuk semua gambar Anda. Hindari mencantumkan kata kunci target.

Optimalkan Kecepatan Laman Website Anda

Laman website yang memerlukan waktu lama untuk loading, pasti mengecewakan user. Mereka takkan kembali dan peringkat website Anda bisa jatuh. Salah satu cara terbaik memaksimalkan kecepatan loading adalah dengan mengompres gambar.

Selain itu, untuk mempercepat loading, Anda bisa mengaktifkan browser caching, menghapus plugin yang tidak perlu, mengurangi waktu respon server, menurunkan jumlah redirect, serta meminimalisir file CSS dan JavaScript.

Gunakan Tautan Internal

Internal link atau tautan internal penting karena memuat susunan informasi untuk website Anda, serta membantu Google dalam memahami konten laman Anda. Tautan internal dapat menaikkan peringkat Anda jika digunakan dengan tepat.

Cara SEO terbaik adalah dengan menambahkan tautan internal dari halaman-halaman peringkat teratas, di laman Anda yang perlu dioptimalkan.

Tingkatkan User Experience di Website Anda

Google benar-benar mengamati bagaimana user berinteraksi dengan konten Anda. Oleh karena itu, user experience menjadi salah satu faktor kunci dalam menaikkan peringkat Anda di hasil pencarian. Kecepatan laman sangat penting dalam meningkatkan user experience visitor di website Anda.

Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan user experience:

Menggunakan subheading – Penggunaan subheading yang tepat (H1, H2, H3) membantu Google memahami konten Anda, serta membuat teks Anda lebih mudah dibaca oleh user.

Buat konten yang menarik secara visual – Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa visual membantu orang memahami konten Anda dengan lebih baik. Gunakan gambar, video dan screenshot yang relevan dengan poin-poin di dalam an kiri margin, bisa meningkatkan pemahaman orang saat membaca teks, sampai 20%. Jadi, user bisa lebih mudah memahami konten Anda.

Masukkan Kata Kunci di dalam URL Anda

Struktur URL seringkali diabaikan dalam SEO. Struktur URL yang bagus bisa mengkomunikasikan isi dari laman website, kepada user dan Google. Menurut Google, URL dengan struktur yang bagus adalah seperti berikut:

Menggunakan URL pendek

Menggunakan URL yang dipenuhi kata kunci

Menghilangkan kata-kata yang tidak penting

Publish Konten untuk Jangka Panjang

Kenyataannya, konten jangka panjang sering, dan punya backlink 3,5 kali melebihi artikel rata-rata (901-1200 kata). Jadi, panjang konten juga berkaitan erat dengan performa SEO.

Demikian tips SEO terbaik yang bisa Anda terapkan di website Anda. Melalui SEO yang optimal, maka website Anda bisa naik peringkatnya di hasil pencarian Google. Namun, menempatkan website di halaman pertama pencarian Google memang bukan hal mudah. Maka dari itu, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan Maxsol untuk menemukan strategi SEO yang tepat. Temukan strategi digital terbaik untuk optimalkan website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *