Breaking News

Tips Kuliner Marketing

10 Tips Marketing Makanan Usaha Kuliner yang Tepat

Tips marketing makanan merupakan strategi pemasaran produk makanan agar dapat menyasar konsumen dengan tepat. Hal tersebut menjadi hal yang cukup penting dalam perkembangan suatu bisnis.

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang pasar dagangnya terus ada. Pasalnya, makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Dalam pemasarannya bisa menggunakan kemasan yang menarik konsumennya.

Melakukan bisnis makanan sebaiknya paham dan mengerti target konsumennya secara jelas. Dengan begitu orang bisa mencocokkan produk dengan menggunakan strategi marketing yang pas dan sesuai.

Lantas bagaimana cara promosi produk makanan yang lebih efektif dan mendapatkan omset besar? Perhatikan dahulu terkait produk. Orang harus mengetahui apakah makanan tersebut termasuk yang gampang basi atau tidak.

Teknik pengemasan produk makanan agar bisa tahan lama juga berkaitan dengan pemasarannya. Banyak hal yang bisa orang lakukan untuk menjajakan produknya. Berikut merupakan tips marketing makanan yang cukup membantu.

Tips Marketing Makanan dan Strategi Marketing Makanan

Berikut merupakan beberapa tips dan strategi khusus yang berguna untuk pemasaran produk makanan.

1. Buat Kemasan yang Menarik

Tips marketing makanan yang pertama bisa menggunakan kemasan produk yang cukup menarik. Sebab, produk dengan rasa yang enak, belum tentu menarik minat pembeli.

Terlebih pembeli yang belum pernah merasakan produk sama sekali. Pasti yang pertama mereka lihat adalah pada tampilan kemasan. Jika kemasannya saja kurang menarik, pastinya mereka akan mengurungkan diri untuk membeli produk.

Sayang sekali apabila hal ini terjadi. Jadi solusinya dengan membuat kemasan sesuai dengan target pasar. Misalnya saja, bikin produk dengan sasaran anak muda. Jadi bisa pakai desain yang kekinian.

Desain unik, cerah, dan biasanya desain yang tren atau instagramable bisa menarik minat juga. Beberapa orang membeli produk tidak hanya melihat rasa, melainkan karena ikut tren sosmed.

2. Bikin Foto Produk Menarik

Faktor penting lainnya dalam marketing usaha kuliner yakni membuat foto produk yang menarik. Terlebih bagi para penjual makanan secara online. Ini bisa jadi cara promosi produk makanan online yang baik.

Penggunaan gambar produk yang bagus, dapat menggugah selera para calon konsumen untuk membeli. Unsur pendukungnya yakni dengan penggunaan copywriting yang menghipnotis.

Banyak kejadian seperti gambar produk yang kurang menggugah dan mendukung, sehingga kurang maksimal dalam pemasaran. Sangat sayang sekali jika hal ini terjadi.

Jadi, alangkah baiknya jika mencari fotografer produk yang profesional. Hasil foto produknya juga bisa menjadi yang terbaik dan dapat menggugah selera untuk membeli produk.

3. Pakai Website untuk Perusahaan

Tips marketing makanan selanjutnya dengan menggunakan teknik digital marketing yang marak. Seperti penggunaan website untuk perusahaan dan pembuatan media sosial untuk stand promosi.

Website perusahaan bisa sebagai tempat untuk menampung informasi produk, mendukung pemasaran, dan sebagainya. Para pembeli bisa berkunjung ke etalase produk perusahaan meski pada jarak yang jauh. Gunakan juga website maintenance untuk hasil lebih optimal.

Kepercayaan konsumen dengan adanya website akan lebih meningkat. Pasalnya orang bisa menganggap bisnis lebih profesional. Apalagi bagi orang awam jika perusahaan muncul pada mesin pencarian, akan meningkatkan daya tarik tersendiri.

Tidak bisa membuat website sendiri, bisa menggunakan jasa pembuatan website terpercaya. Seperti Maxsol, yang akan membantu proses digital marketing lebih efektif.

4. Memasarkan Lewat Sosial Media

Selain website, ada juga sosial media sebagai tempat untuk menjajakan produk sebelum mengarah ke web. Pasalnya hampir semua masyarakat di muka bumi, menggunakan sosial media. Sehingga cukup efektif mengurangi biaya sewa tempat.

Dengan adanya sosial media, orang tidak perlu lagi menjajakan secara offline. Meski pengenalan produk secara offline juga tetap perlu. Namun, hal ini lebih mempermudah.

Cara memasarkan produk makanan rumahan bisa dengan strategi marketing lewat sosial media. Hal ini cocok bagi mereka yang tinggal di daerah kurang strategis. Misalnya daerah yang kurang ramai, dan sebagainya.

Namun sangat perlu memperhatikan proses pengemasan produk makanan terutama yang cepat basi. Namun, kini sudah banyak teknik pengemasan makanan agar tetap awet dan tahan lama.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, hal tersebut bisa teratasi. Jadi, orang bisa leluasa menjual produk makanan mereka lewat sosial media.

purchase at local businesses by mobile application vector illustration design

5. Mengadakan Kerjasama dengan Jasa Pesan Antar

Tips marketing makanan bisa juga dengan memberikan kemudahan kepada para pembeli. Salah satunya membeli makanan lewat aplikasi yang kemudian makanan bisa sampai oleh para kurir.

Jika tidak menggunakan aplikasi, bisa juga bekerjasama dengan para jasa pesan antar. Sehingga nantinya pemilik bisnis makanan juga tidak kewalahan mengantar makanan ke pembeli.

Hal lainnya juga bisa dengan bergabung ke aplikasi pesan antar makanan. Banyak aplikasi ojek online yang juga melayani pemesanan makanan. Nah, para penjual bidang kuliner bisa bergabung agar semakin populer.

Tidak perlu memiliki ruko yang besar, semua masyarakat bisa menjajakan produknya dengan mudah.

6. Melakukan Endorse

Endorse merupakan salah satu strategi marketing suatu produk yang cukup ampuh. Terlebih memilih pihak yang tepat untuk mengendorse produk. Misalnya seperti influencer yang berpengaruh, selebgram, youtuber, dan sebagainya.

Kini banyak juga para food blogger dan pecinta kuliner yang mereview berbagai makanan dan menggugah selera. Para followernya akan senantiasa tergugah dan bisa jadi akan membeli produk Anda.

Tidak ada salahnya mencoba hal tersebut. Bisa untuk makanan ringan, makanan basah, dan banyak lagi. Sebab, testimoni dari mereka yang mereview produk juga berpengaruh kepada minat konsumen.

7. Bikin Promosi Produk Unik

Promosi bisa juga perusahaan lakukan dengan sendiri. Seperti konsep yang membuat para pembeli penasaran atau bisa juga dengan model yang sedang tren.

Sehingga mendorong calon pembeli untuk memiliki rasa penasaran dan kemudian membeli produk. Pastikan juga memasang tampilan seperti sosmed, website, dan sebagainya dengan baik.

Jadi, ketika calon pembeli mengunjungi toko online Anda bisa lebih tertarik. Bisa juga dengan memberikan penawaran seperti diskon/gratisan.

8. Gunakan Reseller untuk Memasarkan Produk

Bisa juga dengan merekrut para reseller yang akan membantu dalam proses penjualan. Namun hal tersebut bisa terlaksana jika produk sudah teredukasi dan orang sudah tau terkait produk.

Memiliki reseller berarti membantu penjualan sebanyak para reseller tersebut. Namun, tidak mudah juga mencari reseller. Mereka juga akan memilih dalam segi kualitas produk yang mereka pasarkan.

Akan lebih mudah memang jika produknya sudah terkenal dan populer. Akan tetapi sebaiknya lebih memperhatikan kualitas reseller. Setidaknya ada perjanjian tertulis juga, pasalnya ini menyangkut nama produk.

9. Bisa Melakukan Giveaway

Strategi pemasaran produk kuliner bisa dengan mengadakan giveaway. Prosesnya dapat bekerja sama dengan para selebgram/yang lainnya. Yang mana bisa berpengaruh dalam pengenalan makanan.

Tips marketing makanan seperti ini bisa jadi branding yang cukup sukses menarik minat pembeli. Terlebih jika mengarah pada peningkatan sosial media perusahaan. Seperti harus melakukan follow ke akun perusahaan dan sebagainya.

10. Mulailah Melakukan Food Truck Jika Perlu

Penggunaan food truck makanan kini semakin tren, terlebih juga berpengaruh dalam memasarkan produk. Cocok untuk yang tidak memiliki lahan sebagai ruko, tapi bisa juga untuk tambahan marketing.

Demikianlah beberapa tips marketing makanan sederhana yang cukup membantu proses kesuksesan bisnis makanan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :Cara Tepat Website Maintenance Agar Promosi Bisnis Makin Optimal

Leave a Reply

Your email address will not be published.