Breaking News

Podcast

Apa Itu Podcast dan Cara Membuatnya Lengkap

Apa itu podcast? Nah, bagi yang belum memahami dan mengerti terkait apa itu podcast, berikut ulasannya.

Podcast singkatan dari iPod broadcasting atau siaran melalui iPod. Berbeda dengan radio, podcast sendiri merupakan siaran yang tidak langsung. Atau kami sebut dengan on demand yang bisa kapanpun melakukan pemutaran.

Radio maupun podcast sendiri memiliki tantangan khusus untuk berkiprah kepada para pendengarnya. Meski tidak berkembang sepesat di Amerika, podcast di Indonesia cukup familiar.

Ada banyak genre konten podcast di Indonesia. Seperti komedi, politik, kriminal, seni budaya, musik, edukasi, dan banyak lagi.

Jenis-Jenis & Contoh Podcast

Setelah mengetahui terkait apa itu podcast, maka pembahasan beralih ke jenis-jenisnya. Jenis dari podcast sendiri berkaitan erat dengan konten apa yang ingin Anda dengar.

Selain itu, dengan memahami terkait jenis podcast, maka bisa menjadi cikal bakal pembuatan konten. Sebelum menentukan tema dari podcast yang hendak pengguna muat, perlu memahami terlebih dahulu.

Sehingga nanti akan memerileh audiens yang tepat dan sesuai dengan konten. Jika demikian, tidak perlu melakukan persaingan ketat dengan yang lainnya.

1. Podcast Wawancara

Apa itu podcast wawancara? Jadi, podcast jenis wawancara seringkali merupakan interaksi. Yang mana melibatkan satu atau dua pembawa acara untuk berbincang dengan tamu.

Tamu akan berbeda-beda pada setiap episodenya. Dalam hal ini pembicaraan mengarah kepada tamu. Di mana tamu memberikan suatu pengetahuan atau wawasannya terkait suatu topik.

Tema konten akan berpengaruh pada siapa tamu undangan. Jadi, misalnya tema kriminal bisa mengarah ke polisi, atau keamanan lain. Untuk podcast wawancara sendiri terbagi menjadi dua gaya seperti berikut ini.

  1. Wawancara ahli: podcast yang berjeniskan wawancara dengan ahli berikut berfokus pada topik tertentu. Yang mana tamu undangan merupakan seorang pemikir. Contohnya wawancara dalam podcast Deddy Corbuzier dengan Prabowo, sang Menteri Pertahanan.
  2. Wawancara hiburan: model podcast dengan sistem wawancara hiburan cukup menarik. Pasalnya, si tamu akan menceritakan terkait dengan kehidupan mereka. Contohnya podcast Query komedian Carmen Esposito yang hendak membahas pengalamannya.

2. Podcast Percakapan

Model dari podcast percakapan sendiri mirip dengan acara radio tradisional. Yang mana kedua pembawa acara melakukan percakapan yang menghibur. Bisa berupa suatu tema atau topik tertentu.

Tren berita akan pembawa acara bisa dengan berbagai komentarnya. Bisa juga dengan menyertakan tamu dalam model podcast ini. Contohnya podcast di atas Lipat Bronton yang ada Francis MA dan Jeff Baker.

Jenis podcast seperti ini perlu pembawa acara yang nyaman dan friendly. Sebab kemistrinya akan terjalin dan alur percakapan akan terasa menyenangkan. Terlebih bagi audiens enak untuk mereka dengar.

3. Podcast Monolog

Membahas terkait apa itu podcast monolog, sebenarnya mirip dengan pembicaraan sendiri. Jadi pembawa acara melakukan pembicaraan dalam keseluruhan episode.

Penyedianya biasanya orang yang ahli pada bidang tertentu, namun ada juga yang memuat hiburan. Pembawa acara mesti berpengalaman dan ahli dalam tema topiknya.

Sehingga hal tersebut dapat berpengaruh pada konten atau isi topik menjadi berbobot. Terlebih selama satu episode berjalan, tidak menghasilkan konten yang buruk.

4. Podcast Storytelling/Mendongeng

Jenis podcast ini berfungsi untuk mendongeng maupun menginvestigasi suatu pengalaman. Satu atau lebih pembawa acara melakukan podcast dengan keseluruhan cerita yang sedang berlangsung.

5. Podcast Meja Bundar

Apa itu podcast meja bundar? Yakni jenis podcast yang menggunakan sistem grup. Terdapat pembawa acara utama yang akan membimbing proses diskusi.

Contoh podcast meja bundar seperti Joe Budden podcast. Tema atau topik yang mereka bahas beragam. Bisa berupa topik olahraga, berita, hiphop, dan sebagainya.

Aplikasi Pembuat Podcast di HP Android

Mengenal terkait apa itu podcast, tentunya juga perlu mengenal beberapa aplikasinya. Anda bisa bikin podcast dengan mudah melalui aplikasi berikut ini.

1. Spotify

Platform Spotify menjadi salah satu aplikasi streaming musik online maupun podcast. Selain terbaik juga menjadi aplikasi populer di Indonesia. Pengunduhnya lebih dari ratusan juta pengguna smartphone Android dari seluruh belahan dunia.

Berniat memulai karir podcast di Spotify juga bisa. Pihak Spotify akan mereview konten Anda dan hasilnya menunggu beberapa hari saja. Proses publikasinya memang tidak terkesan singkat, tapi cukup berbobot.

2. Anchor

Selain menjadi aplikasi terkenal untuk mendengarkan podcast terbaik, Anchor juga bisa sebagai referensi aplikasi untuk membuat podcast. Terdapat hosting yang unlimited bagi para pengguna.

Sehingga bisa melakukan rekaman audio kemudian menyebarkannya ke platform lainnya. Misalnya seperti Google Podcast maupun Spotify.

Fitur pada Anchor memiliki fitur beragam yang keren dan sudah terjamin. Cukup membantu proses perekaman suara, editing, hingga monetisasi. Pengguna bisa menghasilkan uang lewat Anchor.

3. Joox

Merupakan salah satu aplikasi streaming untuk musik yang bisa pengguna gunakan untuk podcast. Joox memiliki jumlah pengunduh yang lumayan banyak hingga lebih dari ratusan juta kali oleh pengguna Android.

Mudah juga dalam penggunaannya, Joox bisa memberikan kesempatan kepada pengguna untuk berkarir. Seperti pembuatan konten podcast yang menarik.

Cara Membuat Podcast Mudah di Instagram untuk Pemula

Sebab podcast seringkali berguna untuk membahas dan menyimpan bahasan konten menarik. Podcast lebih banyak peminatnya, apalagi generasi Z. Hal ini karena siarannya bisa berkali-kali pemutaran, tidak seperti radio.

Tahu tidak ternyata berkaitan dengan apa itu podcast, kini bisa Anda pakai beberapa aplikasi. Beberapa diantaranya sudah tersebut pada pembahasan di atas.

Nah ternyata aplikasi Instagram selain sebagai aplikasi foto, video, juga bisa untuk podcast. Bahkan lebih mudah juga dan tentunya gratis tidak berbayar. Berikut cara membuat podcast pada Instagram.

  1. Persiapkan berbagai narasi maupun topik bahasan untuk podcast;
  2. Kemudian bisa langsung melakukan recording sesuai petunjuk yang sudah jadi;
  3. Lakukan pengeditan rekaman suara yang sudah pengguna lakukan;
  4. Ikuti langkah pembuatan video pada podcast. Menggunakan aplikasi lain;
  5. Login pada aplikasi Instagram;
  6. Pilih logo pada IG TV yang terdapat di feed IG;
  7. Tambahkan video dan pilih video yang sudah siap dari galeri. Video tersebut sudah melalui proses pengeditan pada aplikasi lain;
  8. Bisa menambahkan judul podcast yang menarik;
  9. Apabila pakai lebih dari satu episode, bisa klik tambahkan serial;
  10. Kasih nama serial sesuai tema pada podcast, kemudian posting IG TV sampai muncul pada bagian feed.

Baca Juga : Digital Marketing Strategi Terbaik Hadapi New Normal? Lihat Faktanya

Cara Membuat Podcast di Anchor

Selain Instagram, bisa juga menggunakan aplikasi Anchor yang memudahkan. Dan memang juga berguna untuk pembuatan podcast secara menyeluruh. Berikut caranya.

  1. Unduh aplikasi Anchor pada Google Play Store atau Apple App Store;
  2. Gunakan dengan mendaftar akun. Bisa juga langsung pakai akun Google dengan melakukan tap ‘Continue with Google’;
  3. Jika ingin langsung membuat podcast, tap bagian ‘I want to make new podcast‘. Dan apabila ingin meng-upload audio podcast yang sudah terekam, klik ‘I have podcast I want to import‘;
  4. Dan klik bagian ‘Record‘ untuk merekam podcast baru;
  5. Mulailah merekam suara tentang topik podcast yang sudah disiapkan;
  6. Beri tanda ‘Flag‘ dengan klik pada Add Flag;
  7. Jika rekaman selesai, klik ‘Stop‘. Gunakan preview untuk mendengarkan hasil rekaman. Atau klik ‘Add background music‘ untuk menambahkan musik lagi;
  8. Jika sudah muncul koleksi musik di Anchor yang bisa pengguna pilih, klik ‘Play‘. Bisa juga menambahkan ikon plus untuk menambahkan musik;
  9. Langsung klik ‘Save‘ untuk penyimpanan;
  10. Kasih judul dan klik penambahan episode;
  11. Klik publish untuk melakukan upload;
  12. Isi keterangan pada bagian judul episode podcast dan deskripsi secara singkat;
  13. Jika sudah publish now.

Itulah beberapa informasi terkait podcast. Menggunakan podcast sendiri bisa bermanfaat untuk teknik digital marketing. Cukup menarik jika konten berkualitas.

Seperti halnya Maxsol, yang melayani pembuatan berbagai layanan digital marketing. Orang juga bisa pakai podcast loh. Mengenai informasi terkait apa itu podcast sudah jelas, dan semoga bermanfaat.

Outbound link

Leave a Reply

Your email address will not be published.