Breaking News

teknologi aplikasi mobile

3 Teknologi Handal untuk Membangun Aplikasi Mobile Multi Platform

Revolusi pengembangan aplikasi seluler telah berkembang pesat. Untuk tetap mengikuti perkembangan bisnis dan kebutuhan pelanggan, platform niche dan pemanfaatan kerangka kerja yang optimal menjadi penting. Inilah sebabnya, pengembangan aplikasi seluler untuk segmen bisnis baru, teknologi tangguh diperlukan oleh perusahaan pengembang asli yang bereaksi yang dapat membantu memastikan pengkodean yang memakan waktu menjadi langsung dan efisien waktu.

React Native, Flutter dan PWA, semuanya menawarkan manfaat yang dapat diperoleh bisnis dengan mudah dengan mengadopsi salah satu dari tiga kerangka kerja pilihan. Untuk itulah artikel ini dibuat untuk memberikan informasi lengkap dan perbandingan singkat antara React Native, Flutter dan PWA. 

React Native

React Native adalah kerangka kerja sumber terbuka yang dibuat oleh Facebook pada tahun 2015 untuk membangun aplikasi seluler yang tangguh. React Native menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, Java, Objective-C++, Python, dan Objective-C.

React Native juga menawarkan fitur hot reload yang meningkatkan kecepatan pengembangan dengan memuat ulang aplikasi ketika kode berubah. Dalam hal kinerja dan rendering, aplikasi asli reaksi adalah yang terbaik yang menawarkan grafik intensif, aplikasi kaya, serta game seluler FPS yang berpengaruh.

Pemrograman modular membantu mengisolasi fungsi menjadi beberapa blok yang dapat dipertukarkan yang disebut Modul. Struktur modular intuitif membantu Anda meningkatkan versi aplikasi dengan mudah serta memungkinkan Anda menggunakan kode yang sama untuk API web.

Untuk menginstal React Native, Anda memerlukan Node Package Manager. Jika Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang JavaScript, maka akan mudah bagi Anda untuk menginstal react native sedangkan yang lain perlu mempelajari node package manager. NPM mampu menghubungkan paket secara global atau lokal.

Aplikasi yang dikembangkan dengan React Native antara lain seperti Instagram, Wix, Bloomberg dan Walmart. 

Kelebihan 

  • Aplikasi yang menggunakan framework ini dapat dikembangkan dengan menggunakan satu basis kode tunggal untuk kedua platform secara bersamaan. 
  • Aplikasi reaksi asli, mereka dikompilasi dalam kode yang ditulis secara asli. Ini membantu memungkinkan mereka untuk bekerja pada sistem operasi, keduanya.
  • Membantu kinerja yang lebih baik dengan sumber daya dan komponen asli.
  • Membantu untuk meningkatkan kecepatan prosedur lengkap karena modul perpustakaan sumber terbuka yang sudah ada.
  • Bagian terbaiknya adalah penggunaan kembali kode yang membantu menurunkan biaya pengembangan secara besar-besaran.

Kekurangan 

  • Ada pembaruan rutin, dan ini adalah salah satu kelemahan signifikan, yang menambah lebih banyak kebingungan yang terkadang menjadi sangat sulit untuk dipahami tanpa bantuan perusahaan pengembang asli dan profesionalnya.
  • Lingkungan kerangka kerja asli yang bereaksi berubah sangat konstan, dan oleh karena itu mengharuskan pemrogram untuk memahami semua prosedur kerja baru dari awal sekali lagi.
  • Ada beberapa parameter keamanan dalam platform masing-masing yang perlu ditingkatkan. Komponen inbuilt, mereka sangat kurang relatif karena teknologi yang berkembang.

Flutter

Flutter adalah teknologi sumber terbuka gratis yang diperkenalkan oleh Google pada tahun 2017. Flutter adalah kit pengembangan perangkat lunak aplikasi untuk membangun aplikasi berkinerja tinggi untuk iOS, Android, Windows, Linux, MAC, dan pratinjau web dari basis kode tunggal. Untuk membangun aplikasi lintas platform dan mesin rendering dengan API terintegrasi, ia menggunakan C dan C++.

Komunitas Flutter memberikan kinerja 60 frame per detik pada perangkat dengan pembaruan 120Hz; ini dapat meningkatkan kinerja aplikasi Anda. Flutter memiliki performa luar biasa yang hampir sama dengan react-native rendering yang memanfaatkan mesin rendering.

Untuk penginstalan, wajib untuk mengunduh biner untuk platform tertentu dari Github jika Anda menginstal React Native untuk Windows. Jika Anda perlu menginstal yang sama untuk macOS, unduh file flutter.zip dan tambahkan sebagai variabel PATH.

Salah satu keunggulan utama Flutter adalah ia menawarkan widget kustom siap pakai dari blok awal hingga level terendah. Ini menciptakan antarmuka pengguna yang sangat baik dengan memanfaatkan blok bangunan yang disesuaikan.

Aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan Flutter antara lain Alibaba, Google Ads, Hookle dan Refflectly. 

Kelebihan 

  • Dengan menggunakan atribut reload, jika Anda berencana untuk menyewa pengembang flutter, mereka dapat memeriksa modifikasi kode dan hasilnya dengan sangat cepat. Mereka bahkan dapat mencoba berbagai variasi untuk aplikasi yang lebih baik. Dengan kata sederhana, ini memungkinkan pengembangan aplikasi seluler Android kelas atas dalam mesin kelas bawah.
  • Kerangka kerja ini cukup responsif, dan jika pengkodean dilakukan dengan tepat, seseorang tidak akan diminta untuk mengubah persyaratan pembaruan.
  • Perubahan variabel, serta komponen antarmuka pengguna, dapat dilakukan untuk membuat segalanya menjadi lebih sempurna.

Kekurangan 

  • Untuk widget tampilan web aplikasi, tidak ada dukungan.
  • Pilihan yang sangat baik untuk latihan jangka panjang.
  • Menggunakan panah kode tunggal untuk membangun aplikasi seluler. Kerangka ini terintegrasi dalam kode Java bawaan di Android serta cepat di iOS dan tujuan c.
  • Mengerjakan tata letak yang telah disajikan oleh kerangka kerja, itu bisa sangat menantang. Ada banyak karakteristik yang tidak intuitif untuk digunakan langsung dari kata. Seseorang akan diminta untuk keluar lebih banyak waktu untuk menjadi lebih baik untuk menahan kekurangan.

PWA (Progressive Web Apps)

Progressive Web Apps adalah kerangka kerja sumber terbuka yang diperkenalkan oleh Microsoft sejak tahun 1933 yang mendukung pengembangan aplikasi Android dan iOS. PWA menyiratkan teknik modern untuk membangun aplikasi web lintas platform. Aplikasi dapat diinstal pada sistem Anda, dan kemudian Anda dapat bekerja secara offline tanpa koneksi internet untuk memanfaatkan penyimpanan data dengan aplikasi. 

Untuk pengembang Java, menjadi mudah untuk memasukkan metadata yang terintegrasi dengan aplikasi web karena menyediakan Spesifikasi W3C menggunakan manifes berbasis JSON. Aplikasi ini dibuat untuk memanfaatkan fitur perangkat seluler asli yang ditawarkan oleh browser modern untuk pengalaman seluler tanpa pengguna akhir mengunjungi toko aplikasi.

PWA menggabungkan semua fitur terbaru untuk menerapkan dan memberikan pengalaman yang bersaing untuk aplikasi asli di seluler. PWA membutuhkan fitur yang tidak ada di semua browser karena dapat beradaptasi dengan browser lama untuk mencapai pengalaman yang paling luar biasa.

Aplikasi yang telah dikembangkan dengan menggunakan PWA antara lain Flipboard, Spotify, Uber dan Starbucks Mobile. 

Kelebihan 

  • Seseorang dapat dengan cepat meluncurkan aplikasi tanpa kompromi dalam hal kinerja dan kualitas.
  • Ini kompatibel dengan browser atau perangkat apa pun.
  • Ini sangat sederhana dan mudah digunakan.
  • Menggunakan platform PWA, pembaruan otomatis dari aplikasi tertentu dapat dibuat.
  • Aplikasi seluler menggunakan kerangka kerja ini dan mereplikasi komunikasi serta navigasi, sebanding dengan aplikasi web asli. Tidak ada persetujuan atau peluncuran yang diperlukan oleh aplikasi di toko aplikasi.

Kekurangan 

  • Pengaya media sosial, mereka tidak dapat mengambil data. Ada juga kurangnya interaksi media sosial antara aplikasi PWA.
  • Platform PWA, mungkin tidak dapat beradaptasi dengan perkembangan perangkat keras terbaru dan hal-hal seperti sidik jari dan pemindaian penglihatan yang menemukan perubahan.

Mudah-mudahan, perbandingan antara ketiga kerangka kerja tersebut memberikan gambaran singkat tentang apa yang mungkin Anda nantikan dan apa yang akan Anda gunakan dalam bisnis Anda.

Ada banyak perusahaan yang telah mengadopsi berbagai jenis kerangka kerja berdasarkan kebutuhan mereka. Mereka menemukan rangkaian fitur mereka dan tahu siapa yang harus didekati. Jadi, apa pun itu untuk kinerja aplikasi yang lebih baik atau pengalaman desktop yang berkualitas, pilih dan terapkan atau rekrut perusahaan pengembang asli yang bereaksi untuk membantu melewatinya.

Baca Juga:Top 5 Python Development Frameworks

Leave a Reply

Your email address will not be published.