Breaking News

frontend developer

5 Tools Terbaik untuk Frontend Development

Front end developer memerlukan tools atau alat yang fleksibel sehingga bisa mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Untungnya, ada berbagai perusahaan serta komunitas yang telah menyediakan setidaknya 5 tools terbaik untuk digunakan oleh para pengembang situs web.

Berbagai komunitas open source berlomba untuk menciptakan rancangan, library, dan berbagai aplikasi yang bisa meningkatkan produktivitas serta efisiensi developer web. Diantara sekian banyak alat yang dirancang untuk memudahkan pekerjaan developer, ada 5 pilihan yang paling bagus.

5 Tools Terbaik untuk Para Pengembang Web

Pengembang situs web professional membutuhkan alat khusus yang bisa menunjang pekerjaan agar semuanya bisa selesai dengan efisien dan efektif. Pembangunan situs web bisa jadi tidak berlangsung dengan baik tanpa bantuan beberapa tools berikut ini.

1. Sublime Text

Setiap pengembang situs web memerlukan alat penunjang yang satu ini. Sublime Text merupakan sebuah alat khusus yang dirancang untuk menciptakan desain suatu situs web. Tool yang satu ini adalah salah satu dari sekian banyak tool yang sangat terkenal di kalangan pengembang situs web.

Sebagai salah satu member dari 5 tools terbaik untuk front end development, Sublime Text membawa berbagai fitur penting. Beberapa fitur yang membuat tools ini sangat disukai oleh para developer web antara lain:

  • GoTo Anything command yang merupakan suatu perintah yang bisa digunakan oleh developer web untuk menemukan suatu kode.
  • Multiple Selection yaitu suatu fitur dalam Sublime Text yang bisa memberikan perubahan di bagian kode.
  • Split Editing merupakan fitur yang fungsinya adalah untuk memaksimalkan tampilan kode pada beberapa monitor atau pada monitor dengan layar lebar.

Sublime Text tidak akan menjadi tools favorit semua developer web jika tidak menawarkan berbagai keunggulan. Salah satu keistimewaan Sublime Text adalah tampilan interfacenya yang sederhana sekali dan sangat cocok untuk digunakan oleh para pemula.

Selain itu, Sublime Text juga merupakan alat yang bisa digunakan di berbagai jenis perangkat. Developer web bisa menggunakannya di Mac, Windows, serta Linux. Tidak heran Sublime Text berhasil mendapatkan perhatian dari banyak pengguna.

2.  jQuery

Karena para web developer biasanya mempelajari Bahasa pemrograman JavaScript, mereka membutuhkan suatu alat yang mampu memudahkan pekerjaan dalam memahami JavaScript. Sejak tahun 2015, jQuery telah menjadi salah satu dari beberapa library JavaScript paling terkenal.

Seperti Sublime Text, jQuery juga membawa banyak fitur yang bisa membuat para web developer jatuh hati. Beberapa fitur dalam salah satu dari 5 tools terbaik untuk front end development antara lain:

  • Penyelesaian berbagai elemen DOM dengan memanfaatkan Sizzle, suatu selector engine.
  • Manipulasi HTML/DOM serta manipulasi CSS.
  • Ajax.
  • Membuat efek serta animasi.
  • Menambah ekstensi dengan menggunakan plugin.
  • Menguraikan JSON.
  • CSS3 Complaint.
  • Cross browser.
  • HTML Event Methods.

Tentu saja jQuery juga membawa banyak kelebihan. Misalnya, alat ini memanfaatkan style coding yang juga digunakan oleh JavaScript sehingga mudah untuk dipelajari. Dokumentasi API yang dimilikinya juga baik dan librarynya menyediakan banyak fitur yang membuat pengembang jadi lebih produktif.

3. Foundation

Para web developer yang masih pemula sangat disarankan untuk menggunakan Foundation. Tool yang satu ini menawarkan front end dengan kerangka yang lebih responsif dan cocok diterapkan untuk desain email dan situs web. Ada banyak kelebihan yang dibawa oleh salah satu dari 5 tools terbaik ini.

  • Kaya akan fitur sehingga cocok untuk membantu web developer dalam menciptakan situs web dengan performa yang baik.
  • Foundation bisa bekerja dengan sangat baik di segala jenis browser yang ada. Browser versi baru maupun lama bisa diakses dengan mudah dengan Foundation. Hal ini membuat para pengguna bisa mengunjungi situs web dengan lebih mudah.
  • Performanya cepat dan baik, terutama dalam mengatasi bug. Keamanan dalam suatu situs web adalah sebuah aspek yang penting agar pembuatan situs web bisa berjalan dengan lebih baik.

Foundation juga menawarkan berbagai template HTML. Setiap template tersebut bisa dioptimalkan ke aplikasi tertentu. Tool yang merupakan salah satu dari 5 tools terbaik untuk web developer ini juga mempunyai tampilan sederhana. Sayangnya, pengguna perlu membayar untuk bisa memakai tool ini.

4. Cloud9 IDE

Tool yang satu ini memungkinkan para web developer untuk melakukan kolaborasi dengan web developer yang lainnya dalam suatu proyek kode dengan skala besar. Dengan menggunakan tool Cloud9 IDE, seluruh developer yang terlibat bisa mengedit satu kode yang sama.

Selain itu, semua developer yang tergabung dalam Cloud9 IDE juga bisa mengobrol satu sama lain. Ada banyak kelebihan yang juga dibawa oleh Cloud9 IDE. Beberapa contohnya ada di bawah ini.

  • Cloud9 IDE menawarkan kemudahan dalam berkolaborasi sehingga semua anggota tim bisa bekerja sama saat melakukan coding. Masing-masing anggota bisa melihat kode yang dimasukkan oleh anggota lain secara realtime. Hal ini akan memudahkan pair programming.
  • Cloud 9 IDE juga menawarkan integrasi dengan beberapa layanan AWS. Salah satu anggota dari 5 tools terbaik ini memungkinkan para penggunanya AWS untuk menghubungkan berbagai layanan melalui proses yang sangat mudah untuk dilakukan.

Cloud9 IDE mempunyai banyak fitur yang dirancang untuk para penggunanya. Diantara semua fitur tersebut, beberapa diantaranya adalah drop document trees, smart drag, dan lain sebagainya.

5. Chrome Developer Tools

Chrome Developer Tools merupakan sebuah alat yang dirancang untuk memudahkan para web developer dalam mengedit CSS serta HTML dan dalam memantau performa analitis situs web dalam waktu yang sama. Dengan alat ini, pekerjaan pun bisa selesai dengan lebih efisien.

Chrome Developer Tools sendiri bisa digunakan di Google Chrome maupun di Safari. Alat ini membawa banyak sekali fitur keren dan bermanfaat. Beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh salah satu rekomendasi 5 tools terbaik untuk front end development ini antara lain:

  • Elements yang berguna untuk mengecek serta mengedit kode CSS dan HTML secara langsung.
  • Device Mode yang merupakan suatu mode untuk menguji dan mencari tahu apakah situs web yang dikembangkan sudah mempunyai tampilan yang responsif dan sudah bisa berjalan dengan lancar di platform seluler.
  • Console merupakan fitur yang memungkinkan para developer menjalankan berbagai perintah JavaScript maupun melihat berbagai pesan yang dimunculkan oleh JavaScript pada halaman yang aktif.
  • Source adalah fitur yang gunanya adalah menampilkan kode sumber maupun isi file dari halaman yang aktif.
  • Security yaitu fitur yang menampilkan informasi mengenai keamanan di situs web yang aktif. Fitur ini akan menampilkan keterangan apakah sertifikat HTTPS aktif atau tidak.
  • Network merupakan fitur yang menunjukkan keterangan mengenai tipe, status, ukuran, waktu, dan informasi lainnya di halaman web file yang sudah ditayangkan.

Dari semua tools yang tersedia bagi para pembuat situs web, 5 tools terbaik diatas adalah yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh developer web. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memilih salah satu dari kelima tools di atas yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:5 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Dicari di 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.