Breaking News

Apa itu crm

Apa Itu CRM Software dan Manfaatnya untuk Bisnis

Apa itu CRM Software? mungkin kata ini sudah tidak asing bagi Anda yang menjalankan bisnis. Namun, tidak semua pelaku bisnis menggunakan CRM. Bahkan, ada juga yang belum mengetahui apa itu CRM software, sehingga tidak menerapkannya di dalam bisnis mereka. Padahal, CRM memiliki manfaat penting untuk mendukung sistem operasional bisnis agar semakin lancar. Mari lihat ulasan selengkapnya.

Apa itu CRM Software

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management, yaitu suatu strategi bisnis dengan tujuan peningkatan layanan untuk customer. Dengan begitu, kepuasan pelanggan juga meningkat. Perusahaan pun bisa mendapat customer baru sehingga pada akhirnya berhasil mencapai tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Pentingnya Menggunakan CRM

Bisa jadi masih banyak yang bertanya kenapa harus memilih menggunakan CRM. Tentu saja karena CRM menguntungkan Anda. CRM adalah sebuah metode yang bisa menghubungkan perusahaan dan pelanggan. Ini membuat perusahaan lebih mudah dalam memberikan pelayanan terbaiknya. Apabila CRM diterapkan dengan tepat dan ini berhasil, maka penjualan juga akan ikut meningkat, sehingga perusahaan mendapat keuntungan lebih besar.

Pada dasarnya, CRM merupakan gabungan dari sejumlah aspek, seperti strategi, proses dan kebijakan di dalam perusahaan Anda. Aspek-aspek tersebut dikelola menjadi satu. Kemudian, perusahaan menggunakannya untuk berinteraksi dengan customer, serta mengumpulkan informasi mengenai customer.

Untuk saat ini, hampir semua penerapan CRM menggunakan teknologi informasi. Tujuannya untuk menarik calon customer baru yang sekiranya prospek dan menguntungkan. Jadi, akan tercipta sebuah keterikatan antara customer dan perusahaan Anda.

Maka dari itu, semakin lama CRM dirasa makin penting kegunaannya untuk semua bisnis di bidang apapun, terutama di masa kini. Persaingan sudah semakin ketat setiap saat. Oleh karena itu, perusahaan juga harus meningkatkan pelayanan. Sebab, customer juga memiliki keinginan dan harapan yang lebih tinggi terhadap layanan, produk, dan jasa dari perusahaan Anda.

Manfaaat CRM

Sekarang kita telah mengetahui betapa pentingnya CRM bagi perusahaan Anda. Apalagi, di masa sekarang dengan persaingan yang semakin tajam. Perusahaan Anda perlu menerapkan strategi yang tepat dengan melibatkan CRM. Berikut manfaat dan keuntungan menggunakan CRM:

Kegiatan Operasional Lebih Efisien

Kualitas layanan untuk pelanggan bisa tetap terjaga kualitasnya dan tidak akan menurun. Di samping itu, bebas arus kas juga berkurang. Ini semua bisa Anda dapatkan karena adanya proses otomasi pada penjualan dan pelayanan.

Pemasaran Bisa Lebih Optimal

Pemasaran sangat penting untuk membantu mengoptimalkan proses penjualan. CRM bisa membantu Anda meningkatkan kualitas pemasaran. Dengan menggunakan aplikasi CRM, maka Anda bisa mengumpulkan data mengenai tren pembelian. Dari sini, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih akurat dari pelanggan. Maka dari itu, hal tersebut bisa mempercepat produk Anda untuk masuk ke pasar. Anda pun bisa mempromosikannya dengan lebih optimal.

Memudahkan Pengelolaan Prospek

Pada software CRM, terdapat database prospek atau calon pembeli, yang dikelola berdasarkan fitur pengelompokan dan integrasi serta jadwal menurut CRM. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi membuka email, chat, SMS, telepon dan catatan kunjungan ke pelanggan secara terpisah.

Oleh karena itu, dari sini Anda pun dapat lebih memahami posisi prospek tersebut. CRM membantu menentukan prioritas Anda. Manakah prospek yang bisa didahulukan agar bisa langsung di-follow up, dan mana yang tidak. Ini juga memudahkan Anda dalam melakukan follow up atau tindak lanjut ke customer. Anda bisa lebih mudah mengatur jadwal serta mengirim notifikasi.

Mempermudah Layanan After Sales

Layanan after sales menjadi bagian yang sangat penting dalam penjualan. Apabila perusahaan menggunakan CRM yang terintegrasi, maka Anda tak hanya dapat mengubah prospek jadi pembeli. Namun, Anda bisa bisa mengelola customer dengan lebih optimal, serta memberikan layanan setelah pembelian yang semakin berkualitas.

Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Perusahaan yang menggunakan software CRM bisa mendapat keuntungan dalam memperoleh kesetiaan pelanggannya. Ini karena CRM membantu mengelola seluruh informasi yang terkumpul dari sumber mana pun tentang pelanggan. Mulai dari lewat web, call center, staf marketing, hingga pelayanan di lapangan.

Informasi yang diterima secara konsisten tersebut, dapat digunakan oleh perusahaan. Dengan adanya informasi ini, maka pelayanan bisa ditingkatkan, dan penjualan pun akan menjadi lebih baik lagi. Semuanya bisa dilakukan berkat adanya software CRM yang mampu mengumpulkan informasi penting mengenai semua pelanggan Anda.

Memangkas Biaya

CRM dijalankan melalui skema program marketing yang spesifik dan juga terfokus. Hal tersebut membuat perusahaan lebih mudah dalam mengelola biaya. Perusahaan Anda dapat menggunakan biaya yang lebih murah untuk pelayanan kepada pelanggan. Di samping itu, penjualan juga bisa dilakukan dengan tepat kepada seluruh pelanggan Anda. Di mana, penjualan ini dapat dilakukan tepat waktu.

Meningkatkan Pendapatan

Aplikasi program CRM memberikan informasi tentang pelanggan yang lengkap dan terpercaya. Informasi ini bisa menambah keuntungan dan sekaligus meningkatkan pendapatan perusahaan Anda. Pada akhirnya, CRM bisa membantu Anda dalam menambah pundi-pundi pendapatan.

Baca Juga : Macam-Macam Custom Web Application Terbaik untuk Bisnis Anda

Tips Memilih Software CRM

Ada banyak software CRM. Tentu saja ini menguntungkan Anda karena pilihannya begitu luas, sehingga Anda bisa menimbang dengan matang, manakah CRM yang sekiranya paling sesuai untuk kebutuhan perusahaan Anda. Namun, di sisi lain, Anda perlu memahami apa saja yang harus dipertimbangkan, sebelum Anda memilih software CRM ini. Berikut tips untuk memilih software CRM yang tepat:

Mengenali Kebutuhan Perusahaan

Dari sekian banyak aplikasi CRM, tidak semuanya cocok untuk perusahaan Anda. Sebenarnya, bahkan beberapa bidang usaha tidak masalah apabila tak menggunakan CRM. Contohnya, perusahaan retail. Jenis perusahaan ini tidak terlalu memerlukan CRM, tapi memang jauh lebih baik lagi kalau CRM digunakan untuk mengelola dan mengoptimalkan segmen pembeli tertentu.

Sementara, untuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa, maka penggunaan software CRM pasti bakal sangat membantu kinerja, khususnya untuk tim penjualan. Di mana, tim penjualan bisa menggunakan informasi pelanggan dari CRM, untuk mempromosikan dan menjual produk maupun jasa dengan lebih baik.

Memilih CRM yang Punya Komunitas

Karena CRM di pasaran ada sangat banyak, maka Anda sangat disarankan untuk memilih software CRM yang sudah punya komunitas besar. Ini bertujuan untuk menjaga kualitas support yang diberikan oleh software tersebut. Jadi, agar kelangsungan support ini terus berjalan dengan baik. Maka dari itu, pilihan software dari Maxsol masih menjadi yang pertama dengan kualitas terbaik untuk perusahaan Anda.

Memperhatikan Support System CRM

Satu lagi hal yang sangat penting dan bahkan dapat dikatakan menjadi kunci dari software CRM. Hal kunci tersebut adalah perawatan sistem dan juga kelangsungan update dari fitur CRM. Maka dari itu, ketika Anda mengimplementasikan software CRM, pastikan Anda terlebih dahulu memilih perusahaan penyedia software tersebut. Anda bisa memastikan betul bahwa kualitas pelayanan yang diberikan adalah yang terbaik.

Demikian ulasan tentang apa itu CRM software. Tak perlu bingung memilih software CRM. Maxsol siap berikan pilihan terbaik untuk sistem CRM Anda. Hubungi Maxsol untuk informasi lebih lanjut atau melakukan konsultasi.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.