Breaking News

apa itu golang

Apa Itu Golang? dan Kelebihannya

Setiap saat, bahasa pemrograman selalu mengalami perkembangan. Hal ini didukung oleh kemajuan teknologi. Golang termasuk bahasa pemrograman yang cukup berkembang dan sudah banyak digunakan. Cari tahu apa itu Golang agar bisa lebih memahami bahasa pemrograman ini.

Golang sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari dua kata yaitu Go dan language. Saat ini, semakin banyak developer yang mengenali Golang dan mulai mempelajarinya. Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu Garapan Google.

Apa Itu Golang atau Go Language

Golang merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan pada tahun 2009 oleh Google, Robert Griesemer, Ken Thompson, serta Rob Pike. Bahasa pemrograman ini dikembangkan dengan tujuan membangun suatu bahasa yang unggul di sisi skalabilitas, kesederhanaan, keandalan, dan kecepatan.

Go Language juga termasuk bahasa pemrograman yang memungkinkan pengembang untuk mengetik secara statis dan menghasilkan suatu kode biner di mesin yang bisa dikompilasi. Pengembang bisa menggunakan Golang untuk membuat situs web, aplikasi, maupun software yang lainnya.

Sejak dirilis pada tahun 2009, Golang berhasil meningkatkan popularitasnya. Banyak proses produksi di Google serta proyek open source yang menggunakan bahasa pemrograman ini. Jadi, apa itu Golang dan tujuan dibuatnya Golang?

Golang adalah bahasa pemrograman yang dirancang demi membuat proses pengembangan software menjadi lebih sederhana, terutama untuk proses dan arsitektur yang lebih kompleks. Itulah sebabnya banyak perusahaan teknologi besar seperti Apple, Facebook, Docker, dan Google memakai Golang.

Alasan Developer Perlu Mempertimbangkan Golang

Apakah Anda juga perlu menggunakan Go Language? Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya developer atau pengembang mempertimbangkan penggunaan Golang. Selain memahami apa itu Golang, pahami juga berbagai alasan berikut ini saat memilih bahasa pemrograman.

1. Go Language mudah dipahami

Bahasa pemrograman yang satu ini mempunyai sintaks yang menyerupai bahasa C. Hal ini membuat Golang menjadi bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Biasanya, Golang digunakan oleh para programmer Java dan C-style karena sintaksnya yang lebih kecil dari banyak bahasa pemrograman yang lain.

Selain itu, Golang juga mempunyai banyak sekali fitur minimalis yang bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas. Golang mempunyai bahasa inti yang terdiri dari berbagai fitur orthogonal yang sederhana.

Fitur orthogonal tersebut bisa digabungkan dengan menggunakan metode yang lebih sedikit. Selain mempunyai kejelasan, Golang juga mempunyai dokumentasi ekstensif yang bisa digunakan oleh para developer untuk memahami konsep sejak awal.

2. Proses eksekusinya lebih cepat

Alasan kedua yang perlu dipahami selain memahami apa itu Golang adalah proses eksekusi bahasa pemrograman ini. golang merupakan bahasa yang kompilasinya dilakukan secara statis sehingga proses eksekusinya bisa mendekati bahasa dengan tingkat yang lebih rendah.

Hal ini berarti performa Golang bisa sangat cepat dan cocok untuk digunakan dalam proses pembuatan aplikasi yang lebih responsive. Golang merupakan rancangan Google sehingga sangat cocok untuk dipakai dalam kode yang berbasis produksi.

Anda juga bisa menggunakan Golang untuk melakukan pengelolaan program yang berukuran besar dengan lebih efisien. Golang juga mempunyai sifat open source yang artinya bisa dicetak dengan mudah dan disesuaikan dengan keperluan diri sendiri.

3. Apa itu Golang tools dan kelebihannya

Karena sifat Golang yang open source, bahasa pemrograman ini mempunyai banyak sekali tools yang bisa mendukung pengoperasian Golang. Misalnya saja Anda akan menemukan tools yang bisa dipakai untuk mencari dokumentasi, memperbaiki kode, menunjukkan kode yang tidak bisa diandalkan, dan sebagainya.

Tersedia juga IDE, berbagai jenis editor, serta plugin yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Developer juga akan menemukan pustaka yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan tools command line.

4. Pengelolaan Golang yang lebih baik

Go Language dilengkapi dengan banyak sekali fitur. Seluruh fitur tersebut hadir dalam bahasa OOP atau Object Oriented Programming. Semua fitur yang terdapat dalam Go dibagi dalam beberapa paket. Di dalam bahasa pemrograman ini tidak akan ditemukan konsep pewarisan.

Seperti apa itu Golang pengelolaan? Pengelolaan dan modifikasi Golang dinilai lebih mudah karena developer tidak akan dikenakan biaya tambahan saat akan membuat suatu jalur class untuk kemudian diwarisi. Tidak ada juga library dinamis, generik, konstruktor, atau anotasi.

5. Apa itu Golang standard library

Dalam Golang ada yang Namanya standard library. Fitur ini sangat luar biasa karena menawarkan banyak sekali fungsi serta paket bawaan. Semuanya itu akan membuat developer merasa nyaman saat menggunakan Golang. Golang juga bisa digunakan dengan lebih mudah di berbagai tipe yang lebih primitif.

Beberapa paket yang ada dalam Golang memudahkan developer untuk menangani decoding dan encoding, I/O, memanipulasi byte mentah, parsing, fungsi utilitas jaringan, debugging, dan berbagai aktivitas lainnya.

Golang tidak bergantung pada kebutuhan ekstra karena dukungan pengujiannya dibangun di dalam standard library.

6. Jaringan yang digunakan

Golang hadir dengan library parsing yang kualitasnya sangat bagus dan bisa dipasang di perpustakaan yang lainnya. Hal ini sangat bagus untuk digunakan dalam penulisan aplikasi jaringan, misalnya untuk menulis HTTP atau server TCP dalam tingkat produksi.

Library parsing juga bisa dipakai untuk menemukan protokol. Golang juga mempunyai banyak perpustakaan yang sangat keren, misalnya SSH, Netconf, dan lain sebagainya sehingga bisa dengan jaringan dan tetap mempunyai performa yang luar biasa.

Dengan Golang, developer bisa menemukan berbagai contoh kode yang bisa digunakan untuk hampir seluruh fungsi yang berhubungan dengan jaringan.

7. Concurrency Golang

Hal lain yang wajib dipahami setelah mempelajari apa itu Golang adalah concurrency Golang. Saat membuat suatu aplikasi multithreading dengan memanfaatkan bahasa pemrograman seperti Java dan Python, prosesnya mungkin akan terasa lebih sulit.

Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, misalnya adanya masalah kinerja, penguncian threading, eksekusi yang bersamaan, error, dan race condition. Untungnya, Golang mempunyai konsep yang berbeda, yaitu konsep goroutine.

Konsep ini merupakan thread ringan yang pengelolanya adalah runtime Go. Dalam konsep ini terdapat stack yang tersegmentasi sehingga bisa dikembangkan. Penggunaannya membutuhkan memori yang lebih banyak ketika dibutuhkan saja. Sifat bawaan Goroutine adalah berkomunikasi antar saluran dengan aman.

Apa Itu Golang dan Kelebihannya

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Go Language, setiap developer perlu mencari tahu apa saja kelebihan dari bahasa pemrograman ini. Beberapa kelebihan Go Language antara lain:

  • Mampu meningkatkan kinerja serta menarik pengunjung aplikasi dalam jumlah yang lebih banyak.
  • Bisa menciptakan aplikasi dengan biaya yang rendah dan waktu yang lebih singkat.
  • Developer atau pengembang tidak perlu mengkhawatirkan terjadinya crash pada aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Go Language.
  • Bisa memberikan notifikasi jika terjadi kesalahan pengetikan dalam proses kompilasi.
  • Mudah untuk dibaca dan dipelajari serta mempunyai garbage collector.
  • Bersifat open source sehingga cocok untuk banyak developer atau pengembang.

Pahami dengan benar apa itu Golang, berbagai alasan pentingnya mempelajari bahasa pemrograman dari Google ini, dan apa saja kelebihannya. Bandingkan dengan bahasa pemrograman lain sehingga Anda bisa memutuskan mana bahasa pemrograman yang paling tepat.

Baca Juga: Full Stack Developer dan Tanggung Jawabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.