Breaking News

Istilah programming

Istilah Programming yang Penting untuk Dipahami

Mempelajari programming merupakan salah satu impian banyak orang. Kalau Anda juga tertarik untuk belajar programming, ada banyak istilah programming yang penting untuk dipahami. Tanpa mempelajari berbagai istilah tersebut, Anda akan kebingungan ketika mulai belajar.

Para pemula tidak harus langsung memahami seluruh istilah programming yang ada. Tapi tetap saja perlu mempelajari berbagai istilah tersebut karena hal ini bisa menjadi suatu gambaran awal agar Anda lebih siap memulai pelajaran teori yang jauh lebih dalam.

Berbagai Istilah Programming yang Penting untuk Dipahami

Bahkan beberapa developer atau programmer yang sudah agak lama berkecimpung di dunia programming masih belum memahami beberapa istilah yang kedengarannya asing. Tidak soal Anda masih benar-benar baru atau tidak, penting untuk memahami beberapa istilah berikut ini.

1. Program

Merupakan suatu kumpulan yang terdiri dari berbagai instruksi yang terorganisir. Program memungkinkan komputer untuk melakukan berbagai tugas sesuai dengan perintah yang diberikan oleh user.

Secara sederhana, program adalah suatu instruksi yang diciptakan dengan cara ditulis untuk melakukan sebuah fungsi yang spesifik di setiap komputer. Kumpulan dari instruksi yang ditulis ini nantinya akan dieksekusi agar bisa melakukan fungsi atau tugas tertentu.

2. Agile

Adalah istilah programming yang penting yang merujuk pada suatu metode software development. Metode ini dilakukan secara berulang dan bertahap. Framework ini mempunyai fokus utama untuk memberikan hasil secara konsisten dan terus menerus.

Sehingga nantinya, proyek yang dihasilkan akan mempunyai kualitas yang lebih tinggi dan biaya proyek pun bisa diminimalisir.

3. Istilah programming yang penting: Ajax

Ajax merupakan singkatan Asynchronous JavaScript and XML. Ini merupakan istilah untuk teknik yang dipakai dalam proses pembuatan situs web yang dinamis. Ajax mampu melakukan update serta menampilkan data yang baru dari server. Proses ini bisa dilakukan tanpa harus melaksanakan reload.

Sesuai dengan namanya, Ajax terdiri dari XML dan JavaScript yang bekerja secara asynchronous sehingga bisa berkomunikasi dengan server.

4. Algoritma

Merupakan urutan langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah. Dalam ilmu matematika dan komputer, algoritma merupakan suatu prosedur yang melibatkan banyak langkah perhitungan, pemrosesan data, serta penalaran secara otomatis.

Algoritma juga berarti suatu metode yang diungkapkan atau diekspresikan melalui suatu instruksi atau rangkaian yang dijabarkan untuk melakukan perhitungan. Algoritma diawali dengan input serta kondisi awal, kemudian diikuti dengan deskripsi dan eksekusi hingga menghasilkan suatu output.

Fungsi dari algoritma adalah untuk memecahkan masalah dari suatu program, baik yang sederhana, besar, maupun rumit. Algoritma juga akan mempermudah proses pembuatan program. Dengan menggunakan algoritma ini, Anda bisa melakukan pendekatan divide and conquer atau top down.

5. API

Istilah programming yang penting berikutnya adalah Application Programming Interface atau API, yang merupakan suatu interface yang bisa menghubungkan beberapa aplikasi berbeda. Jadi, peran utama API adalah sebagai suatu perantara antar beberapa aplikasi berbeda.

Aplikasi yang dihubungkan oleh API bisa berada di satu platform yang sama dan bisa juga antar platform. API juga bisa dipakai untuk melakukan komunikasi dengan banyak bahasa pemrograman. Hal ini akan sangat memudahkan developer.

Developer tidak perlu mempersiapkan semua datanya sendirian. Cukup ambil saja data yang diperlukan dari platform yang lainnya dengan memanfaatkan API. API juga bisa membantu developer dalam mengembangkan suatu situs web dengan fitur yang jauh lebih lengkap.

6. Istilah programming yang penting: bug

Bug merupakan suatu kesalahan kode atau program cacat yang bisa membuat suatu program atau situs web tidak lagi bekerja dengan semestinya. Bug bisa menimbulkan celah yang dimanfaatkan oleh para peretas sehingga mereka bisa membobol keamanan atau memanipulasi sistem.

7. Kode

Disebut juga sebagai kode program. Kode merupakan istilah programming yang dipakai untuk mendeskripsikan suatu instruksi tertulis. Developer wajib menguasai bahasa pemrograman atau kode agar bisa melakukan berbagai tugas dengan lebih baik.

8. Framework

Secara harfiah, framework merupakan suatu kerangka program. Istilah programming yang penting ini merupakan istilah yang sering digunakan. Para developer menggunakannya untuk melakukan pengembangan kode saat membuat suatu aplikasi.

Kerangka kerja atau framework sangat bermanfaat dalam mengurangi jumlah gangguan atau bug yang ada di suatu aplikasi yang masih dalam perkembangan.

9. Istilah programming yang penting: HTML

HTML atau Hypertext Markup Language mempunyai suatu text yang mempunyai suatu fungsi khusus. Text tersebut bisa menjadi link dan bisa pindah ke halaman lain saat seseorang mengklik link itu. HTML dipakai untuk mendeskripsikan halaman situs web, khususnya struktur halaman web tersebut.

10. JavaScript

Adalah suatu bahasa pemrograman yang bisa dijalankan di seluruh web browser. JavaScript bisa membuat suatu halaman web menjadi jauh lebih interaktif. Selain itu, JavaScript juga akan membuat situs web tersebut berjalan di browser dengan lebih cepat.

JavaScript adalah suatu bahasa pemrograman yang sifatnya berbasis text. CSS dan HTML saja hanya akan menciptakan suatu situs web yang tampak kurang menarik. Dengan adanya JavaScript, proyek yang Anda kerjakan bisa lebih engaging untuk para pengguna aplikasi tersebut.

11. jQuery

Setelah memahami mengenai JavaScript, istilah programming yang penting untuk dipahami berikutnya adalah jQuery. jQuery merupakan sekumpulan fungsi dari JavaScript yang kemudian menjadi suatu library. Library ini akan mempermudah proses pembuatan atau penyusunan suatu aplikasi atau website..

12. Istilah programming yang penting: Database

Merupakan suatu kumpulan data atau structured information. Sekumpulan data ini akan disimpan di suatu sistem komputer secara elektronik. Kalau Anda membutuhkan data tersebut, tinggal akses saja informasi yang ada dengan teratur dan mudah. Biasanya, SQL atau structured query language digunakan dalam database.

13. UX

Istilah programming yang penting untuk dipahami adalah User Experience atau UX. UX merupakan rancangan interaksi antara manusia dan suatu produk digital. Fokus utama dari UX adalah untuk membuat para pelanggan merasa nyaman saat menggunakan suatu situs web atau aplikasi.

UX harus bisa membuat suatu aplikasi atau situs web bisa menyediakan kemudahan dalam menavigasi sehingga user bisa segera menemukan apa yang diinginkannya.

14. UI

Kemudian ada juga UI atau user interface, yaitu suatu proses untuk menampilkan suatu hasil yang berbentuk tampilan yang bisa dilihat oleh pengguna. UI mempunyai tujuan untuk meningkatkan user experience atau fungsionalitas para pengguna.

15. Istilah programming yang penting: CSS

CSS atau Cascading Style Sheet adalah sebuah bahasa desain. Bahasa ini bisa dimengerti oleh sistem. CSS mampu menentukan desain yang sangat diinginkan, mulai dari animasi, font, warna, dan lain sebagainya. Dengan adanya CSS, situs web bisa mempunyai desain yang lebih menarik.

16. Wireframe

Merupakan suatu istilah dalam dunia programming yang dikenal dengan nama lain, yaitu mockup. Sebelum suatu rancangan final sebuah produk disetujui serta diproduksi, wireframe atau mockup perlu dibuat terlebih dahulu. Sederhananya, wireframe merupakan purwarupa aplikasi atau desain website.

Masih banyak istilah lain yang sebaiknya dipelajari. Tapi Anda bisa mempelajarinya perlahan-lahan seraya menggali pemahaman tentang programming lebih dalam.

Baca Juga: 7 Bahasa Pemrograman yang Akan Tetap Populer di Masa Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published.