Breaking News

SEO check

Apa Itu SERP & Bagaimana SEO Check yang Benar pada Website?

Bagi kamu yang bekerja dalam dunia website pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah SERP maupun SEO check bukan? Tetapi, bagi kamu yang masih pemula jangan khawatir dulu! Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai istilah SERP dan juga beragam beserta cara penggunaan SEO yang harus kamu ketahui.

SERP: Kenali Lebih Dalam SEO Check

Pada dasarnya istilah SERP sendiri merupakan kepanjangan dari Search Engine Result Page yang bisa digunakan salah satunya untuk SEO check. Dimana artinya sendiri tidak lain yaitu result maupun hasil dari sebuah pencarian kata kunci pada search engine. Menariknya lagi, SERP bisa bersifat dinamis dan juga dipengaruhi oleh performa dari website itu sendiri.

Sebagai contoh, kamu bisa mencari informasi di sebuah mesin pencarian atau search engine seperti halnya Google. Ketikkan keyword alias kata kunci “STRATEGI MARKETING” maka dari itu, mesin pencarian tersebut akan menampilkan banyak sekali situs yang memuat tentang materi tadi.

Mari Check SERP Website Kamu

Sebagaimana yang kita perhatikan sebelumnya, ini adalah salah satu cara terbaik agar anda bisa mengetahui kualitas dari sebuah page pada website. Keberhasilan Anda menembus setidaknya 100 besar dalam ranking Google tentunya sangat penting. Tetapi yang paling dianjurkan adalah berada pada urutan 1 sampai dengan 10 di mana masih berada pada halaman pertama.

1. Kunjungi SERP Check

Anda bisa bebas memilih SERP Check yang ingin dipergunakan. Salah satu yang direkomendasikan adalah serprobot, agar anda bisa lebih mudah melakukan pengecekan.

2. Masukkan domain anda

Silakan masukkan nama domain Anda secara tepat. Cara ini akan lebih berupaya mengetahui hasil page result dari kata kunci yang nantinya akan dimasukkan.

3. Masukkan beberapa kata kunci

Anda bisa memasukkan beberapa kata kunci yang tentunya sudah pernah dipergunakan. Dengan begitu kita akan melihat performa dari setiap halaman yang sudah di publish.

4. Tunggu hasilnya

Tidak akan menunggu waktu yang lama, anda akan mendapatkan hasil yang bisa dikatakan relevan untuk setidaknya 1 bulan terakhir. Hal ini juga tergantung dengan persaingan kata kunci tersebut.

Dengan mengetahui cara check SERP tersebut tentunya kita bisa memiliki metode terbaik untuk membuat website jadi lebih optimal. Terutama dalam membuat dan menulis konten berkualitas kesukaan Google.

Gunakan SERP Untuk Melawan Kompetitor!

Cara atau metode ini juga bisa anda kembangkan untuk melawan atau mencuri kata kunci dari kompetitor. Anda tinggal mengganti, nama domain pada cara penggunaan check SERP di atas.

Dengan mengetahui kualitas dari kompetitor, anda bisa memiliki tujuan yang objektif. Pastinya hal ini akan sangat mengasyikkan karena anda bisa terus menempel dan berkompetisi secara objektif.

Perlu kamu garis bawahi juga bahwa  algoritma yang dimiliki oleh setiap mesin pencari juga berbeda. Dengan kata lain, hasil SERP yang ditampilkan nantinya juga akan berbeda dari masing-masing search engine.

Fungsi SERP bagi para webmaster tidak lain untuk mengetahui tingkat keberhasilan pengelolaan konten website yang dimilikinya. Apabila nantinya hasil yang didapat kurang memuaskan maka bisa memperbaiki kesalahannya. Sedangkan untuk para pengguna atau entry level tentunya SEP berfungsi untuk mencari hasil informasi yang dibutuhkan pada mesin pencarian tentunya.

6 Step SEO Check Konten Dalam Website

Berbicara mengenai konten yang menggunakan SEO supaya bisa menghasilkan SERP di mesin pencarian, berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Tentunya tidak mudah dan juga instan untuk menerapkannya, tetapi meskipun begitu kamu harus mengetahuinya supaya mendapatkan rangking yang bagus di search engine!

Pahami Proses Pencarian Kata Kunci

Satu hal yang harus kamu pahami terlebih dahulu yaitu bagian pencarian kata kunci. Hal ini tidak lain karena proses pencarian tersebut berhubungan sangat erat dengan Indexing. Dimana proses Indexing ini mampu menyimpan seluruh halaman website yang tadinya sudah dilakukan crawling.

Proses Indexing tersebut nantinya akan menyimpan berbagai macam konten artikel yang telah kamu buat tadi. Beberapa diantaranya mencakup bagian title tag, meta description, hingga komponen isi lainnya yang ada dalam database mesin pencarian.

Cara menemukan keyword  yang tepat tidak lain yaitu dengan menggunakan kata kunci yang paling banyak dicari. Setelah itu, pilih kata kunci utama untuk ditargetkan dan tambah dukungan related keyword ataupun longtail. Pastinya anda juga harus perhatikan panjang artikelnya. 

Buat Struktur Keyword Konten Artikel yang Tepat

Tips kedua yang perlu kamu perhatikan tidak lain yaitu membuat struktur keyword konten artikel SEO yang tepat. Dimana kamu harus meletakkan keyword yang pas di dalam konten website milikmu tadi. Beberapa urutannya sendiri tidak lain yaitu dimulai dari judul, paragraf pembuka, subheading, isi konten, dan juga bagian penutupnya.

Optimalkan SEO On Page

Untuk membuat konten yang berkualitas dan juga lebih mudah ditemukan oleh mesin pencarian maka dari itu kamu harus memaksimalkan penggunaan SEO On Page. Jangan lupa, tambahkan juga beberapa gambar, animasi, hingga konten pendukung lainnya supaya artikel yang kamu buat tadi friendly bagi para pembaca. Di sisi lain, kamu juga tidak boleh menyepelekan penempatan keyword seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya tadi.

Cantumkan Backlink yang Berkualitas

Terakhir, kamu harus memasukkan Backlink ke dalam konten website milikmu tadi. Tetapi satu hal yang harus kamu perhatikan tidak lain yaitu Backlink  tersebut harus berkualitas dan tidak boleh sembarangan.

Hal ini tidak lain karena Backlink artikel yang kamu gunakan tersebut sangat mempengaruhi kualitasmu sendiri. Untuk membuat Backlink  tersebut kamu harus memperhatikan penempatannya juga dan bahkan relevansinya.

Manajemen Dan Pengelolaan Backlink

Jika anda merasa kurang percaya diri untuk menggunakan jasa backlink anda bisa SEO Check mandiri, karena nantinya ketika terjadi sebuah pembaharuan dari mesin algoritma Google tentu domain authority anda akan menurun. Hal tersebut karena tidak ada relevansi ataupun pengembangan algoritma tertentu di masa depan yang mungkin saja terjadi.

Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengelola atau membuat backlink sendiri. Dengan begitu Anda bisa memperhatikan relevansi kata kunci yang tepat agar bisa memberikan dampak besar pada DA dan PA website.

Melakukan share dan memanfaatkan media sosial akan sangat dianjurkan. Karena notabenenya hampir seluruh media sosial memiliki domain authority di atas 80. Dengan begitu, anda tidak perlu berkecil hati karena terdapat banyak sekali cara untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Selalu Check Backlink Anda

Apabila kamu masih bingung untuk mengetahui jumlah Backlink yang dimiliki, maka gunakan situs pengecekan yang tersedia di Google. Disana ada banyak sekali Backlink checker yang bisa kamu gunakan untuk mengeceknya. Namun, apabila kamu ingin cepat mendapatkan Backlink maka bisa gunakan jasa dari digital marketing yang ada di internet.

Tetapi pastikan juga bahwa digital marketing yang kamu pilih tersebut telah memahami dengan baik perihal SEO maupun SERP tadi ya! Dengan begitu, kamu tidak akan merasa rugi nantinya. Bahkan, kamu bisa mendapatkan  konten berkualitas tinggi dengan menggunakan SEO yang telah dijabarkan tadi.

SEO check memang wajib untuk kamu ketahui supaya nantinya bisa menghasilkan konten website yang berkualitas meskipun agensi digital marketing dapat melakukannya. Dengan mengetahui tips berikut maka  semakin besar kemungkinannya traffic website yang bisa kamu dapatkan nantinya. Sehingga, peringkat website milikmu di sebuah search engine alias mesin pencarian tentunya juga bisa meningkat.

Baca Juga: White Label SEO Konsep Baru Tahun 2022, Bagaimana Cara Kerjanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.