Breaking News

TikTok Shop Seller

Mengenal Lebih Jauh TikTok Shop Seller hingga Proses Pengiriman

TikTok Shop Seller adalah fitur yang memungkinkan pengguna melakukan kegiatan niaga (jual beli) di dalam aplikasi. Kalau Anda ingin mencoba berjualan di TikTok, pihaknya sudah menyediakan aplikasi seluler TikTok Seller maupun mengelolanya melalui website.

Kedua cara tersebut menawarkan kemudahan untuk akses dan kelola pesanan. Pada artikel ini akan kami jelaskan mengenai apa saja yang wajib Anda ketahui sebelum menggunakan fitur Shop Seller di TikTok.

Cara Daftar TikTok Shop Seller

Langkah paling awal yaitu mengaktifkan Shop Seller dengan cara berikut.

1. Kunjungi website resmi TikTok Shop Seller Center (https://seller-id.tiktok.com/) untuk registrasi lebih dulu. Anda bisa menggunakan akun pribadi (yang sudah terdaftar) atau membuat akun khusus baru.

2. Lengkapi semua data toko yang dibutuhkan, antara lain alamat yang benar dan lengkap, nomor telepon yang aktif, dan keterangan lain yang perlu. Centang set as return address jika alamat retur barang sama dengan pengiriman. Alamat ini juga berfungsi agar kurir bisa tepat mendatangi lokasi Anda.

3. Lakukan verifikasi alamat dan data diri, jika perorangan dengan mengunggah foto KTP.

4. Kalau proses verifikasi sudah berhasil, Anda dapat menambahkan produk pertama ke TikTok. Tentu saja, dalam proses ini Anda harus mengisi semua data dengan lengkap, melampirkan foto dengan jelas, agar mendapatkan persetujuan.

5. Hubungkan akun ke rekening sebagai langkah terakhir. Penghasilan dari jualan di TikTok pada akhirnya akan masuk ke dalam rekening ini.

Cara Menggunakan TikTok Shop Seller

Berikutnya adalah cara menggunakan serta memaksimalkan jualan di TikTok yang sudah kami rangkum, mulai proses pengenalan fitur yang ada hingga pengiriman paket. Sebelum itu, sebaiknya memahami hal-hal yang harus diketahui digital marketer tentang TikTok (https://diginews.id/10-hal-yang-harus-diketahui-digital-marketer-mengenai-tiktok/).

1. Fitur TikTok Shop Seller

Ada puluhan fitur yang bisa membantu Anda dalam jualan. Fitur ini secara umum sama dengan marketplace yang sudah populer. Berikut beberapa fitur yang ada di dalam Shop Seller aplikasi mobile.

a) Kelola Produk

Berfungsi untuk menghapus, menambah stok, memberi detail produk, dan lain sebagainya.

b) Kelola Pesanan

Penjual akan melakukan pemrosesan terhadap pesanan yang masuk menggunakan fitur ini.

c) Kelola Retur

Penjual akan melakukan pemrosesan terhadap pesanan yang diretur menggunakan fitur ini.

d) Pengembalian Dana

Penjual bisa memantau proses pengembalian dana dari pesanan yang pembeli batalkan.

e) Promosi

Mengadakan promosi produk toko untuk memaksimalkan penjualan berdasarkan ketertarikan pengguna atau faktor lainnya.

f) Customer Service

Hubungi tim TikTok untuk memberikan solusi atau melaporkan masalah yang terjadi.

g) Analisis Data

Menggunakan data dari hasil analisis untuk menentukan strategi terbaik dalam berjualan di TikTok.

h) Registrasi Kampanye Iklan

Mengatur berbagai macam jenis kampanye iklan yang tersedia.

i) Edukasi Penjual

Berisi informasi dan FAQ yang bermanfaat guna menambah wawasan penjual.

Selain itu, masih ada banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan di aplikasi mobile.

2. Memahami Tips Jualan di TikTok

Banyaknya fitur TikTok Shop Seller di atas, akan semakin berguna ketika Anda tahu bagaimana untuk memaksimalkannya. Berikut adalah tips berjualan di TikTok dari mengoptimalkan katalog hingga kerja sama.

a) Mengoptimalkan Katalog Produk

Optimalkan semua informasi yang ada di produk toko Anda, misalnya dengan memberi deskripsi yang jelas, foto menjadi bagian yang sangat penting, serta informasi lainnya yang bermanfaat untuk calon pembeli.

Mengapa foto menjadi bagian yang penting? Sebab desain foto produk ini kelak akan menjadi ciri khas dari toko milik Anda. Selain itu, dari foto ini pula calon pembeli tertarik untuk memiliki produk yang Anda tawarkan.

b) Buat Konten untuk Promosi

Jemput bola, jangan tunggu bola, kiranya begitu kiasan yang tepat untuk tips ini. Buat konten TikTok yang mana selain mempertahankan viewer juga bermanfaat untuk memperkenalkan katalog produk. Ketika katalog sudah benar-benar optimal, tinggal melakukan promosi dengan konten.

c) Menggunakan Promosi Berbayar

Jika perlu, Anda bisa menggunakan fitur iklan yang ada di TikTok. Beberapa jenis iklan yang tersedia antara lain collection ads, dynamic showcase ads, dan lead generation. Pilih yang paling sesuai agar hasilnya maksimal.

d) Kerja Sama dengan Influencer

Semakin banyak tangan yang bekerja maka akan semakin bagus. Apalagi tangan tersebut mempunyai jangkauan yang sangat luas. Oleh sebab itulah, kerja sama dengan influencer menjadi tips yang cukup penting.

3. Proses Pengiriman Pesanan

Semua sudah tuntas, toko Anda berkembang, dan sekarang banyak sekali pesanan yang masuk. Lantas bagaimana proses pengiriman paket di TikTok Shop?

a) Proses Pesanan yang Masuk di TikTok Shop

Ketika ada yang pesan, maka pesanan dari konsumen akan masuk ke dalam data Anda. Kemudian lakukan pemrosesan pesanan, ada 2 cara. Pertama, menggunakan aplikasi TikTok Shop. Kedua, melalui website Seller Center TikTok.

b) Mengatur Pengiriman

Buka aplikasi TikTok > Profil > Logo Tas > TikTok Shop Seller Center > Siapkan Kiriman. Setelah masuk ke halaman Siapkan Kiriman, maka Anda sebagai penjual akan mendapatkan kode resi. Selanjutnya, kode resi tersebut wajib Anda tulis (print maupun manual) di paket pengiriman.

c) Ongkos Kirim

Pada dasarnya, ketika melakukan pengiriman paket tidak membutuhkan pembayaran ongkos kirim ke kurir. Lantas apa yang perlu Anda lakukan? Saat kurir datang, Anda sebaiknya langsung memberi paket yang ada kode resinya. Dalam hal ini, paket di-packing oleh penjual.

d) Batas Minimal Pengiriman Paket

Berjualan di TikTok tidak ada batasan minimal untuk pengiriman, Anda bisa mengirim mulai dari 1 paket hingga maksimal tidak terbatas. Ada juga yang bertanya bagaimana jika kurir belum mengambil paket dalam 1 hari? Anda bisa mengirim paket tersebut dengan mendatangi kantor secara langsung.

Keunggulan TikTok Shop Seller sebagai Tempat Baru Jualan

Melihat fenomena jualan berdasarkan perkembangan digital di masa sekarang, tentunya TikTok Shop mempunyai banyak keunggulan, antara lain sebagai berikut.

1. Mempunyai Banyak Pengguna Aktif

Tak ayal, nyaris setiap orang mempunyai media sosial satu ini. Menurut data ByteDance, perkiraan jumlah pengguna TikTok yang aktif di Indonesia pada 2022 mencapai lebih dari 90 juta. Ini angka yang cukup luar biasa, mengingat fitur media sosial juga berfungsi sebagai marketplace.

2. Bisa Proses Pengiriman secara Massal

Penjual bisa langsung melakukan pemrosesan pesanan yang masuk secara massal di website Shop Seller Center TikTok. Hal ini tentu akan lebih mempermudah dalam banyak situasi.

3. Efektif Membangun Branding

Branding dan jualan berada di satu tempat, sehingga efektif untuk mengenalkan toko Anda ke pengguna TikTok di seluruh Indonesia. Anda bisa melakukan promosi menggunakan konten di akun TikTok, melakukan kerja sama, dan banyak hal lainnya guna mendongkrak penjualan.

Kemudahan yang luar biasa ini ternyata juga dibarengi dengan risiko umum, yaitu banyak saingan. Namun hal tersebut tidak akan mengurangi niat dan semangat Anda, kan?

4. Mudah dalam Penggunaan

Remaja milenial dalam mengoperasikan media sosial sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Terlebih TikTok Shop bisa Anda akses melalui aplikasi atau secara khusus di website Seller Center. Dengan kata yang lebih sederhana, jualan di TikTok mudah dalam penggunaan.

Demikian informasi mengenai TikTok Shop Seller, selain sebagai media sosial, TikTok juga bisa mendatangkan manfaat ekonomi untuk penggunanya. Semoga membantu!

Baca Juga: Prediksi Tren Media Sosial Tahun 2022 untuk Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published.