Breaking News

Aplikasi Figma untuk Desain, Ini Keunggulannya

Aplikasi Figma merupakan salah satu aplikasi untuk melakukan desain digital dengan mudah. Aplikasi ini bisa membantu masyarakat untuk melakukan kerjasama tim. Lebih tepatnya dalam hal mendesain.

Aplikasi desain berbasis cloud serta peralatan untuk melakukan prototyping berbagai proyek digital. Dari mana saja tempatnya pengguna bisa melakukan kerjasama dalam satu tim sekaligus.

Mungkin proses desain pada alat ini mirip dengan aplikasi desain lainnya. Seperti Adobe XD, Sketch, dan lain sebagainya. Namun, lebih spesifiknya adalah pada konsep kerja tim yang dapat aplikasi Figma lakukan.

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Figma

Hingga saat ini, Figma menjadi pilihan paling cocok untuk melakukan pekerjaan bersama tim. Meski banyak pesaingnya tidak heran jika ada banyak pengguna aplikasi ini.

Figma adalah aplikasi untuk melakukan desain grafis berupa vektor dan alat untuk melakukan prototyping. Yang mana aplikasi ini berbasis website untuk fitur online. Serta berbasis aplikasi desktop untuk layanan secara offline.

Cocok untuk perangkat lunak Mac OS maupun Windows. Uniknya ada juga aplikasi pendukung untuk melakukan penggunaan aplikasi melalui seluler. Yakni Figma Mirror untuk perangkat Android dan iOS.

Berbagai fitur pada aplikasi Figma dapat melakukan kerjasama bersama tim dalam satu waktu. Lebih sederhananya aplikasi ini bisa untuk melakukan pembuatan website, aplikasi, dan komponen proyek lainnya.

Pengguna Figma dapat melakukan pekerjaannya melalui aplikasi dari mana saja. Tidak harus dari kantor. Pasalnya layanan aplikasi berbasis web dan desktop cukup memudahkan pengguna.

Tools yang Figma gunakan sebanding dengan aplikasi pesaingnya. Seperti Sketch, Adobe XD, Framer, Invision, dan sebagainya. Para pengembangnya juga kuat sehingga mampu untuk melakukan kinerja yang cepat.

Fungsi Aplikasi Figma

Bagi siapapun yang hendak bekerja pada bidang digital, maka bisa pilih platform Figma. Platform yang cukup bagus menyediakan berbagai jenis tools dengan berbagai paket gratisnya.

Platform ini memiliki fungsi untuk membantu para desainer dalam melakukan desain. Selain itu juga untuk memudahkan dalam melakukan pemasaran produk desain mereka.

Kinerja Figma secara spesifik lebih berguna untuk melakukan pekerjaan secara tim dari jarak jauh.

Ada beberapa kelebihan dari berbagai fitur pada layanan platform Figma. Seperti fitur untuk melakukan penguncian, sehingga Figma menjadi lebih utama daripada aplikasi lain.

Fitur-Fitur pada Aplikasi Figma

Aplikasi ini merupakan aplikasi desain yang cukup baik untuk melakukan berbagai proyek besar. Bahkan melakukan desain dari situs web dengan desain berbasis browser cukup membantu.

Yakni membantu para pengguna yang melakukan berbagai perpindahan lokasi. Sehingga desain bisa pengguna lakukan dari mana saja. Bahkan sementara waktu bisa melakukan layanan saat terjadi kehilangan koneksi jaringan internet.

Berikut ini beberapa fitur penting atau yang lebih utama pada platform Figma.

1. Fitur yang Memudahkan untuk Membuat Desain

Ada fitur pada platform Figma dengan menggambar pada segala arah memakai Vector Network.

  1. Penggunaan pen terbaru yang berkualitas bagus. Sehingga memungkinkan untuk melakukan penggambaran dengan mudah ke berbagai arah. Misalnya untuk melakukan desain pada bagian busur, dan sebagainya;
  2. Terdapat tools seleksi yang lebih cepat. Juga bisa melakukan penyesuaian secara otomatis terkait jarak dan pengorganisasian;
  3. Mampu untuk bikin komponen desain maupun sistem dengan baik;
  4. Ada fitur teknologi animasi yang bisa melakukan integrasi terhadap berbagai jenis objek. Termasuk efek transisi;
  5. Penggunaan tools untuk melakukan drag dan drop yang mudah;
  6. Mampu melakukan tugas secara otomatis, sehingga proses pengerjaan lebih cepat. Apalagi untuk skala proyek yang pengguna lakukan secara berulang-ulang.

2. Membuat Prototype

Figma punya layanan fitur untuk bikin prototype yang lumayan canggih. Sehingga membuat aplikasi ini cukup populer di masyarakat. Beberapa spesifikasi fiturnya adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki fitur Font Open Type;
  2. Menggunakan metode yang lebih fleksibel sehingga bisa menghemat berbagai kinerja proyek;
  3. Memiliki desain untuk prototyping yang maksimal untuk perangkat seluler;
  4. Satu platform untuk melakukan desain maupun prototipe dengan mudah.
  5. Dapat menaungi banyak audiens bahkan tanpa batasan dalam suatu proyek. Sehingga pembagian tugas pekerjaan pada tim lebih merata dan terorganisir dengan baik;
  6. Dapat melakukan pemeriksaan pada file desain serta grab code.

3. Layanan Desain Sistem

Terdapat fitur unggulan dari Figma yang mengatur desain sistem. Sehingga lebih mudah untuk mencari serta mengakses seluruh aset yang ada. Fitur ini nantinya bisa bikin pengguna mengelola siapa yang melihat, mengedit, dan ikut bikin proyek.

  1. Dapat melakukan editing secara bersama-sama dengan teman satu tim dalam waktu bersamaan;
  2. Memiliki fitur komentar tersemat;
  3. Memungkinkan tim untuk melihat perubahan yang terjadi pada desain dan siapa saja yang merubahnya;
  4. Terdapat gaya desain yang bisa pengguna bagikan ke semua dari satu lokasi saja. Caranya dengan membuat sistem desain yang bisa dicari;
  5. Kemampuan membuat objek dan komponen yang mana nantinya bisa untuk pengguna pakai kembali;
  6. Terdapat fitur untuk melakukan ekspor file dengan mudah. Untuk format datar berupa PDF. Bisa melakukan share berupa link secara langsung.

Tips Cara Kerja Aplikasi Figma

Kelebihan platform Figma cukup banyak, sehingga menjadi aplikasi yang baik untuk melakukan desain. Namun saking banyaknya jadi sulit untuk menunjukkan kelebihannya satu persatu.

Pasalnya satu demi satu kelebihan Figma menyatu menjadi hal besar yang para desainer perlukan. Yang mana untuk menunjang berbagai jenis pekerjaannya. Nah, berikut ini beberapa tips untuk pengguna coba saat memakai Figma.

  1. Aplikasi Figma bisa bikin pengguna untuk melakukan banyak pengimporan gambar dalam satu waktu. Dan juga menempatkannya pada tempat yang tepat sesuai keinginan pengguna;
  2. Pengguna bisa melihat bagian penggaris pada saat melakukan pemindahan objek yang ada pada kanvas. Yang mana ukuran tinggi maupun lebarnya akan tercermin pada tools penggaris itu;
  3. Lakukan penyalinan kode SVG secara langsung. Yakni dari dalam objek pada Figma atau sebaliknya. Kode SVG yang tersalin bisa pengguna tempelkan menjadi grafik pada kanvasnya;
  4. Dapat melakukan banyak bentuk vektor bahkan secara lebih kompleks. Pasalnya terdapat tools jaringan vektor yang cukup bagus untuk melakukan pekerjaan ini.

Kesimpulan

Aplikasi figma dapat membantu tim untuk mengerjakan proyeknya. Lebih tepatnya melakukan pengujian, mengirim desain, serta membuat desain dari proses awal sampai akhir.

Berbagai fitur desainnya tentunya banyak desainer sukai karena lengkap dan mudah. Fitur desain yang unik seperti Arc Tool dan Vektor Network.

Dengan aplikasi ini desainer akan terjaga idenya untuk tetap ada. Menariknya pengguna tidak perlu melakukan pengunduhan aplikasi. Sebab ada layanan dari aplikasi berbasis website yang bisa pengguna akses dengan jaringan internet.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu melakukan penyimpanan, penginstalan, dan pengeksporan hasil proyek. Hal ini bisa sangat membantu dalam menjaga kapasitas ruang penyimpanan tetap longgar.

Selain itu, kinerja desainer juga lebih efektif. Tidak perlu melakukan banyak langkah untuk mengunduh mengekspor berbagai proyek.

Tujuan utama Figma memang sebagai suatu ide bagi para desainer yang berbasis perangkat lunak cloud. Yang mana tidak membuat penggunanya merasa terbebani dengan menggunakan aplikasi ini.

Figma menjadi salah satu aplikasi desain UX dan UI yang cukup banyak penggunanya. Dan menjadi layanan terkemuka pada bidang industri teknologi. Sebab memiliki banyak fitur-fitur yang canggih dan friendly.

Demikian beberapa informasi terkait aplikasi Figma yang membantu para desainer untuk menyelesaikan proyeknya. Fitur-fitur yang canggih menjadi kelebihan Figma dalam melayani penggunanya.

Baca juga : Aplikasi Virtual Meeting Seru dan Ramah untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.