Breaking News

Gather Town

Aplikasi Virtual Meeting Seru dan Ramah untuk Anak

Gather Town merupakan aplikasi yang banyak orang sebut sebagai aplikasi pesaing Zoom dan Google Meet. Kenapa? Karena platform tersebut lebih unggul dari segi penggunaan, yaitu lebih ramah anak.

Platform tersebut memiliki berbagai fitur yang cocok untuk dunia pendidikan. Sehingga pas juga jika anak-anak menggunakannya. Oleh sebab itu aplikasi ini menjadi ramai dan banyak orang gunakan.

Mengenal Aplikasi Gather Town

Pengertiannya secara sederhana, aplikasi ini merupakan platform yang sudah menggabungkan dua hal berbeda. Seperti video call dan peta 2D, sehingga memungkinkan interaksi seru.

Yang mana pengguna akan melakukan proses jalan-jalan pada space sambil melakukan perbincangan dengan orang lain. Mungkin tampilannya mirip dengan tampilan pada video game zaman dahulu, yang memiliki kualitas hanya 8 bit saja.

Platform ini merupakan produk dari perusahaan Gather Presence Inc. Pada awal kemunculan, namanya adalah Online Town. Pembuat aplikasi ini ini adalah 3 orang yang bernama Kumail Jaffer, Philip Wang, dan Cyrus Tabrizi.

Kelebihan utama dari aplikasi ini daripada Zoom dan Google Meet adalah pada kinerjanya. Yakni tidak hanya sekedar untuk melakukan kegiatan virtual meeting saja.

Namun, pengguna akan merasa seolah-olah sedang bermain video game sambil virtual meeting. Jadi, pada platform ini ada istilah space untuk menamai room meeting. Space ini memiliki bentuk map 2D 8 bit.

Bukan hanya itu saja, model space juga bervariasi. Ada yang seperti situasi pada rumah, kelas, aula, ruang meeting, dan sebagainya. Bahkan jika menginginkan, bisa bikin map sendiri dengan imajinasinya.

Menariknya lagi ada juga tampilan video call masing-masing peserta pada bagian atas layar. Nah, penampil tersebut dapat pengguna nonaktifkan dan aktifkan sesuai kebutuhan masing-masing.

Baca Juga : 10 Aplikasi Daring Pembelajaran Online Ringan dan Gratis

Virtual Meeting Sambil Main Game Seru

Layanan dari platform Gather Town ini bisa pengguna manfaatkan secara gratis sebagai media interaktif. Yakni hanya bisa pengguna pakai dalam waktu maksimal 2 jam dengan peserta terbatas 25 orang.

Meskipun gratis, namun pengguna tetap bisa melakukan kustomisasi untuk pembuatan map sendiri. Bahkan mereka juga boleh untuk menambahkan atribut dan item pada map.

Misalnya untuk menambahkan beberapa item dunia perkantoran, rumah, serta item permainan. Selain itu, game yang tersedia juga ada beragam jenisnya seperti sudoku, tetris, poker, dan sebagainya.

Menariknya, bukan hanya permainan saja tapi pengguna juga bisa melakukan kolaborasi terhadap tugas dan pekerjaan. Melakukan share dokumen lewat Google Docs, hingga menyisipkan link video dari YouTube.

Cocok sekali untuk menunjang pembelajaran secara daring. Inilah kenapa aplikasi ini banyak orang sebut sebagai aplikasi ramah anak.

Selain layanan gratisnya, aplikasi ini juga menyediakan beberapa layanan berlangganan yang berbayar. Yang mana ada biaya berbeda pada masing-masing paket.

Jenis paketnya seperti paket Town setiap pengguna harus bayar 1 dollar AS. Sedangkan untuk paket City setiap pengguna harus bayar 2 dollar AS, dan 3 dolar AS untuk paket Metropolis.

Jadi lebih sederhananya perbedaan antara satu paket dengan paket lainnya adalah terletak pada spacenya. Serta ada tambahan objek yang bisa semakin lebih banyak dan bervariasi.

Aplikasi Gather Town Ajarkan Anak Kedisiplinan

Dalam penggunaan aplikasi ini masing-masing pengguna akan mendapatkan avatar. Gunanya sebagai karakter pengguna, namun bisa diubah sesuai dengan keinginannya.

Lantas bagaimana maksud mengajarkan kedisiplinan pada anak dengan menggunakan aplikasi ini? Jadi kalau di dalam pembelajaran offline siswa akan masuk kelas sesuai dengan kursinya.

Nah, apabila menggunakan Zoom dan Google Meet hal tersebut tidak bisa untuk orang aplikasikan. Namun, menggunakan aplikasi ini bisa. Guru bisa menunjukkan serta mengatur barisnya sebelum memasuki ruangan.

Kemudian nantinya siswa menggerakkan karakternya masing-masing sesuai dengan kursi dan mejanya secara virtual.

Bahkan bagi siswa yang hendak mengajukan pertanyaan bisa melakukan seperti di kelas nyata. Yaitu dengan angkat tangan kemudian maju ke meja guru dan melakukan pembicaraan secara privat.

Tentunya hal tersebut tidak bisa orang lakukan pada aplikasi lainnya. Nah, hal seperti inilah yang membantu untuk menumbuhkan sikap kedisiplinan siswa. Selain itu juga menanamkan nilai moral secara tidak langsung.

Apakah Menggunakan Aplikasi Tersebut Berbayar?

Tenang saja, aplikasi ini menyediakan semua fiturnya secara gratis tanpa bayar. Bahkan tidak ada batasan secara spesifik. Pengguna bisa bebas menggunakan semua fitur dasar yang tersedia tanpa adanya batasan waktu.

Namun, tetap menyediakan fitur berbayar bagi mereka yang menginginkan membuat replikasi yang lebih. Serta mereka yang memerlukan space yang luas dari pada versi gratis.

Baca Juga :Manajemen Proyek Efisien dengan Kerangka Kerja Scrum

Cara Memakai Aplikasi Gather Town untuk Kegiatan Virtual Meeting

Nah, setelah mengenal aplikasi tersebut secara lebih jauh, apakah Anda tertarik menggunakannya? Jika iya, maka bisa coba menggunakan aplikasi ini. Lantas bagaimana caranya?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menggunakan aplikasi tersebut dalam kegiatan virtual meeting.

  1. Silakan masuk ke halaman https://gather,town/ untuk Anda yang menggunakan layanan gratis;
  2. Selanjutnya pilih Create New Space, nantinya akan muncul halaman untuk pengguna isi dengan nama dan password. Jangan lupa untuk memilih juga bagian map yang tersedia;
  3. Akan muncul tampilan untuk membuat avatar yang ada dalam garis 8 bit. Jadi, nanti isilah nama yang sesuai. Kemudian pilih gaya rambut serta kostum yang Anda inginkan;
  4. Cek pada bagian kamera, mikrofon, serta speaker. Dan pastikan semuanya berjalan dengan lancar. Apabila sudah maka pilih Join the Gathering;
  5. Sudah. Anda sudah berada di ruang virtual meeting dengan model seperti layaknya video game zaman dulu. Untuk mengundang teman, maka bisa memilih opsi participant kemudian pilih invite;
  6. Copy pada bagian link dan share ke para teman maupun kolega Anda;
  7. Untuk menambahkan item, maka bisa dengan memilih ikon palu atau build. Kemudian bisa tekan open object picker.

Untuk perangkatnya bisa menggunakan komputer, akan tetapi bisa juga menggunakan Gather Town di HP.

Apakah Bisa Melakukan Modifikasi pada Dunia Gather Town?

Jawabannya adalah bisa, bahkan untuk mode gratis sekalipun bisa melakukan hal tersebut. Seperti membuat kelas virtual, menambah berbagai objek, hingga game dalam aplikasi.

Perbedaan Gather Town dengan Zoom dan Google Meet

Aplikasi Zoom merupakan rancangan untuk orang dewasa dalam melakukan komunikasi secara online. Desainnya user interface yang jauh dari ramah anak. Bahkan untuk berbagai tulisan fiturnya juga kecil.

Sehingga kurang menarik, apalagi bagi anak akan susah dalam membaca instruksi. Terutama untuk mereka yang masih SD dan masih TK.

Fitur-fitur yang ramah anak ini sangat cocok untuk menunjang pembelajaran jarak jauh dengan lebih asik. Bahkan tidak hanya untuk pembelajaran biasa, tapi juga bisa melakukan transfer akhlak.

Secara tidak langsung anak-anak akan belajar terkait sopan santun serta kedisiplinan. Meskipun hanya melalui platform virtual meeting.

Demikian beberapa ulasan terkait aplikasi ramah anak untuk virtual meeting. Semoga Gather Town bisa membantu untuk proses pembelajaran. Serta meningkatkan efektifitas dunia digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.