Breaking News

Cara menulis copy ads SEM google yang efektif

Bagaimana Cara Menulis Copy Ads SEM Google yang Efektif

Kata-kata yang Anda gunakan di dalam iklan Google sangat penting. Supaya bisa menarik untuk diklik. Pelajari cara menulis copy ads yang efektif di sini.

Agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak customer, maka text ads yang Anda buat harus spesifik serta relevan. Teks tersebut juga harus menarik dan menggugah. Ini penting di dalam SEM atau Search Engine Marketing. Sebab, teks iklan Anda akan muncul di laman hasil pencarian Google. Sebenarnya Anda pasti bisa membuat copy ads atau teks iklan yang efektif, asalkan Anda memahami caranya. Berikut cara yang bisa Anda terapkan:

Tunjukkan Keunikan Toko Anda

Apa ada gratis ongkos kirim? Atau varian produk sangat lengkap? Beritahukan semuanya ke audiens. Tunjukkan produk, jasa, atau penawaran yang membuat toko Anda terlihat menarik. Juga bersaing dengan yang lainnya.

Sertakan Harga, Promosi dan Penawaran Eksklusif

Biasanya, kebanyakan orang menggunakan bantuan Google search, saat mereka sedang mencari atau ingin membeli sesuatu. Maka, berikan apa yang mereka butuhkan. Bantu mereka memutuskan apa yang akan mereka beli. Kalau Anda sedang ada diskon flash sale atau cuci gudang produk eksklusif, sampaikan ini di iklan Anda. 

Ajak Pelanggan untuk Take Action

Apakah Anda menjual sesuatu? Sampaikan ke pembeli tentang sesuatu yang bisa mereka beli. Apa Anda menawarkan jasa? Sampaikan kontak Anda dan cara menghubungi toko Anda. Anda bisa memperjelas semuanya dengan menambahkan call to action. Misalnya, seperti “beli”, “pesan sekarang”, “daftar”.

Masukkan Minimal Satu Kata Kunci

Keyword atau kata kunci pada teks Google adwords menunjukkan bahwa iklan Anda terkait dengan apa yang sedang dicari pembeli. Contohnya, jika Anda mencantumkan “kamera digital”, maka headline Anda bisa berisi tulisan “Beli kamera digital.”

Cocokkan Iklan dengan Landing Page Anda

Coba lihat kembali laman yang Anda hubungkan ke iklan Anda atau biasa disebut landing page. Pastikan kalau promosi atau produk di dalam iklan Anda sudah ikut dicantumkan juga di sana. Sebab, pembeli bisa-bisa meninggalkan website Anda, kalau mereka tidak menemukan apa yang dicari di sana.

Buat Tampilan Mobile yang Menarik

Orang yang melihat iklan Anda melalui mobile biasanya ingin mencari tahu di mana Anda berada, atau ingin menghubungi Anda. Tunjukkan lokasi dan nomor telepon Anda dengan ekstensi lokasi dan ekstensi panggilan. Ini bisa Anda atur di Google.

Selain itu, Anda juga bisa membuat iklan khusus untuk pebeli yang menggunakan perangkat mobile. Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan versi mobile website Anda sebagai landing page, dan beri penawaran spesial yang sesuai untuk mobile audience. Perlu diingat bahwa teks iklan Google Anda bisa terlihat berbeda di perangkat mobile.

Beriklan di Google tidak sesulit yang dibayangkan. Barusan Anda sudah mengetahui apa saja yang penting untuk dicantumkan di dalam teks iklan. Sekarang, kita perlu belajar cara-cara untuk membuat teks copy iklan SEM tersebut. Jadi, pelajari bagaimana caranya agar teks iklan Anda menarik untuk di-klik.

Di samping itu, sekarang teks iklan Google punya format baru. Google Ads berbeda dengan Google Adwords yang merupakan iklan Google terdahulu. Iklannya kini menggunakan teks yang diekspansi sehingga lebih panjang. Kalau Anda sudah pernah bikin iklan sebelumnya, maka perlu Anda ubah mengikuti formatnya yang baru. Berikut trik untuk membuat iklan Google yang efektif:

Menulis Iklan yang Benar-Benar Baru

Anda mungkin sangat ingin mempertahankan iklan yang lama. Inginnya cukup mengedit dan menambahkan teks iklan saja. Namun, ini berarti Anda sekadar menambah jumlah kata, untuk menyampaikan pesan yang benar-benar sama. Jadi, hanya menjadikan iklannya lebih panjang.

Jadi, kalau Anda menulis iklan dengan ekspansi teks yang baru, gunakan karakter tambahan untuk mendukung penawaran dan call to action Anda sebelumnya. Kemudian, tambahkan value sebisa mungkin dengan batas maksimal 95-karakter.

Contohnya, iklan lama seperti ini:

Baju Branded ABC – Diskon 10% untuk semua pembelian online

www.websitecontoh.com/diskon-online

Dapatkan baju ABC dengan harga promo!

Iklan baru bisa diubah jadi seperti ini:

Belanja Murah Meriah dan Lengkap – Dapatkan baju favorit Anda sesuai bujet

www.websitecontoh.com/koleksiterbaru/bajuwanita

Beli koleksi baju terbaru dengan model kekinian. Diskon 10% untuk semua pembelian online.

Cantumkan Pesan yang Paling Penting di Headline

Meskipun sudah ada deskripsi maksimal 80 karakter, ini masih kurang jika Anda ingin iklan Anda menarik perhatian. Pesan yang disampaikan melalui dua headline dari teks ekspansi iklan Anda, adalah yang paling penting untuk meningkatkan CTR (click through rate atau rasio klik tayang) Anda. Jadi, bikin headline dengan kata-kata yang memang efektif. Caranya dengan mencoba berbagai susunan kata, sampai ketemu satu yang paling pas dan menarik.  

Ingat Bahwa Headline #1 Jauh Lebih Penting daripada Headline #2

Dalam tampilan iklan Google, ada dua headline yang ditampilkan. Meskipun kedua headline tersebut bisa maksimal 30 karakter, tapi headline kedua tidak tentu akan ditampilkan seperti apa. Bisa jadi langsung di bawah keterangan nama website, atau setelah line break. Atau, bisa saja Google memotong headline kedua. Semua tergantung perangkat pengguna dan ukuran layarnya.

Jadi, tinjau dahulu tampilan headline kedua Anda dengan menggunakan tool Ad Preview. Namun, memang tak ada jaminan kalau headline kedua Anda ditampilkan sesuai keinginan Anda. Kuncinya, bikin kalimat iklan headline kedua seefektif mungkin. Cantumkan informasi penting seperti call to action di headline kedua.

Jangan Langsung Pause Semua Iklan Lama

Teks iklan ekspansi dapat menunjukkan semua kata kunci di kelompok iklan Anda setiap saat. Akan tetapi, disarankan Anda tidak langsung pause iklan-iklan lama Anda, setidaknya untuk sesaat. Seperti fitur pencarian berbayar, meskipun ada teks iklan ekspansi yang baru, tidak berarti iklan-iklan baru tersebut lebih efektif daripada iklan lama Anda. Terkadang, pada percobaan pertama, iklan baru mendapatkan CTR lebih rendah daripada iklan lama.

Jadi, saat Anda membuat iklan baru, coba promosikan berbarengan dengan iklan lama. Jika performa iklan baru tidak sebagus iklan lama, terus lakukan uji coba dengan teks iklan ekspansi yang baru. Begitu performa iklan baru tersebut sudah lebih baik dari yang lama, Anda bisa pause iklan yang menggunakan format lama.

Masukkan Keyword Teratas di Path Fields

Ini adalah cara efektif iklan di Google yang tak kalah penting. Teks iklan ekspansi Google yang baru, menarik domain secara otomatis dari tampilan URL di final URL Anda. Jadi, pengiklan tidak lagi perlu menjelaskan secara spesifik tentang domain di setiap iklannya. Ini akan menghemat waktu dan tenaga Anda dalam mengelola SEM. Namun, Anda disarankan menambahkan maksimal 2 path fields dengan 15 karakter, untuk dicantumkan di tampilan URL tersebut.

Masukkan juga kata kunci utama pada path URL yang ditampilkan. Ini membuat iklan lebih relevan dengan kata kunci yang dicari orang-orang. Anda pun bisa memaksimalkan quality score iklan Anda dan menurunkan CPC (cost per click atau biaya per klik).

Demikian sejumlah cara untuk menulis copy ads yang efektif. Sekaligus, cara yang tepat dalam mengelolanya. Agar iklan Google Anda semakin optimal, Maxsol siap membantu. Anda bisa berkonsultasi tentang strategi digital terbaik untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *