Breaking News

iphone 13

Begini Review iPhone 13, Masih Tertarik Ingin Membelinya?

Review iPhone 13 sudah banyak bermunculan di berbagai media mancanegara. Ada berbagai kesimpulan yang mereka buat untuk produk iPhone 13 ini. Beberapa hasil review iPhone 13 ini tidak banyak memiliki perbedaan dengan generasi sebelumnya.

Apple selalu berhasil membuat gempar masyarakat terkait produk barunya. Banyak yang menantikan kehadiran produk terbaru yang Apple rilis. Seperti halnya seri iPhone 13 ini cukup membuat geger.

Tahun ini perusahaan Apple hanya berfokus pada pembenahan terhadap apa-apa yang kurang dari iPhone 12 series. Ada berbagai peningkatan pada spesifikasi hardware internalnya namun dengan harga jual yang masih sama.

Review iPhone 13, Begini Kelebihannya

Desain kamera yang ada pada iPhone 13 cukup unik, yaitu memiliki dua buah kamera yang hanya diletakkan secara diagonal. Selain itu variasi warna juga masih banyak versi sebelumnya.

Dari sisi harga iPhone 13 ini memiliki rentang harga yang tidak terlalu jauh dari harga iPhone 12. Yakni mulai dari 11 jutaan rupiah. Nah, ponsel apa saja pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Termasuk iPhone 13 ini, pasti ada lebih dan kurangnya. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa kelebihan dari iPhone 13 untuk menjadikan suatu  pertimbangan bagi Anda.

1. Desain dan Display yang Lebih Beragam

Salah satu keunggulannya adalah memiliki pilihan warna baru. Ada warna hitam, putih, biru, pink, dan produk (RED) yang beragam dan bisa menyesuaikan dengan keinginan pengguna.

Sedangkan untuk desainnya masih sama dengan seri iPhone 12 yang memakai frame alumunium dan pinggiran yang tegas. Desain kamera Apple membuatnya menjadi miring seperti diagonal. Hal ini yang membuatnya berbeda dengan sebelumnya.

2. Kualitas Baterai Lebih Meningkat

Poin selanjutnya adalah pada performa baterai yang iPhone 13 miliki kini semakin kuat dan besar. Dari sisi baterai iPhone 13 lebih unggul daripada iPhone 12. Pasalnya perusahaan mengklaim bahwa bisa bertahan lebih lama 2,5 jam dari iPhone 12.

Untuk kapasitas baterai sebelumnya adalah 2815 mAh dan kini menjadi 3240 mAh dengan menggunakan layanan pengisian cepat 20 W. Sehingga pengguna tidak perlu lagi khawatir terkait dengan kehabisan baterai saat di jalan atau bermain game.

3. Chipset A15 Bionic Terbaru dengan Performa Ngebut

Ponsel terbaru ini lengkap dengan chipset yang baru. Apple memberikan chipset A15 Bionic yang merupakan rancangan terbaru untuk membuat kinerja lebih baik. Yaitu bisa memberikan kinerja pemrosesan data dengan kecepatan 50% lebih cepat dari sebelumnya.

Perusahaan telah mengklaim, untuk saat ini chipset tersebut adalah yang paling cepat ketimbang chipset ponsel lainnya. GPU 4 core pada chipset juga memiliki peningkatan 30% lebih baik.

Selain itu, pengguna akan memperoleh OS iOS 15 terbaru dari Apple yang tentunya memberikan penawaran baru terhadap fiturnya. Fitur canggih yang membantu untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam bermain game atau untuk hal lain.

4. Kualitas Kamera yang Semakin Canggih

Desain kamera memang berbeda dan memiliki sensor yang jumlahnya lebih sedikit, yaitu hanya dua buah saja. Dengan peletakan yang miring membentuk diagonal.

Dua kamera belakangnya memiliki kamera utama dengan kualitas 12 MP dan kamera 12 MP . Kamera wide pada iPhone 13 inilah yang mengalami peningkatan dari iPhone 12.

Ada tambahan teknologi Sensor-shift OIS yang masih pertama dikenalkan pada jenis iPhone 12 Pro Max. Sedangkan pada kamera depan memiliki sensor kamera 12 MP dan lensa wide 23 mm.

Kamera depan iPhone 13 mendukung untuk melakukan foto selfie dengan lebih baik. Anda juga bisa melakukan potret mode malam dengan hasil yang cukup bagus karena menggunakan pemindai LiDAR.

5. Pengisian Daya Lebih Praktis dan Mudah

Menggunakan teknologi Magsafe untuk melakukan pengisian daya dengan lebih baik. Magsafe merupakan produk magnet sirkular yang berfungsi untuk melakukan wireless charging pada ponsel.

Sebenarnya produk ini rilis sudah bersamaan dengan iPhone 12 lalu. Dan merupakan teknologi pengisian daya yang lebih canggih. Pengguna tidak  perlu lagi menggunakan kabel charger yang kadang bikin rumit.

Cukup menempelkan magnet pada bagian belakang ponsel atau pada pembungkus Magsafe produk Apple. Modelnya seperti dompet atau case. Model pengisian daya menggunakan sistem nirkabel menjadi salah satu teknologi yang diklaim bisa lebih cepat.

6. Ceramic Shield Membuat Layar Tangguh

Review iPhone 13 selanjutnya adalah pada proteksi layar yang tangguh. Yaitu menggunakan ceramic shield yang sudah ada sejak rilis iPhone 12. Pada iPhone 13 teknologi ceramic shield dapat membantu melindungi layar ponsel.

Lapisan kaca layar menggunakan keramik yang pembuatnya adalah Corning. Salah satu perusahaan pembuat Gorilla Glass yang berkualitas dan bekerjasama dengan Apple.

Selain kuat, ceramic shield ini lebih ringan dan tangguh. Serta tidak bisa tembus panas dan aliran listrik.

7. Teknologi Super Retina XDR OLED dan Dukungan HDR10 pada Layar Smartphone

Selanjutnya review iPhone 13 adalah pada penyematan layar OLED yang menggunakan teknologi Super Retina XDR pada layar 6.1 inchi. Serta memiliki 1170 x 2532 piksel.

Layar tersebut sudah memiliki dukungan HDR10 untuk mendapatkan warna kontras yang akurat lebih tinggi. Sehingga memberikan kenyamanan pada pengguna saat menonton sesuatu.

8. Rekaman Video 4K Dolby Vision dengan Suara Stereo untuk Pengalaman Lebih Baik

Cocok untuk para konten kreator atau Anda yang sering menggunakan video untuk mengisi media sosial. iPhone 13 memiliki kualitas rekaman yang unggul yaitu video 4K Dolby Vision.

Yang mana merupakan encoding HDR standar dengan kualitas yang lebih meningkat. Fitur tersebut bisa membantu memberikan hasil video yang lebih baik dengan kedalaman warna, kontras, serta kualitas mumpuni.

Review iPhone 13, Ini Kekurangannya

Selain memberikan kelebihan, tentunya ada juga beberapa kekurangan yang ada pada iPhone 13 tersebut. Celah inilah yang perlu Anda pertimbangkan ketika membeli ponsel baru. Simak beberapa kekurangan iPhone 13 berikut ini.

1. Masih Mempertahankan Produk Tanpa Charger

Sejak perilisan iPhone 12 lalu, produk tanpa charger banyak menimbulkan kontroversi. Karena pengguna harus merogoh saku kembali untuk membeli charger.

Dan untuk iPhone 13 masih mempertahankan hal tersebut untuk menjadi salah satu keunikannya. Produk tanpa charger di dalam box. Sayangnya, pembeli hanya akan mendapatkan satu buah kabel konverter Lightning to USB-C dan satu unit ponsel di dalam kotaknya.

Sedangkan kepala charger harus pengguna beli secara terpisah. Namun alasan Apple untuk hal ini adalah sebagai upaya dalam mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Yang mana meminta para pengguna agar memakai charger yang tersedia di rumah. Namun tentu sisi lainnya adalah pengguna harus keluar uang lebih banyak seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

2. Desain yang Tidak Banyak Berubah

Desain iPhone 13 justru membuat geger publik karena tidak banyak mengalami perubahan. Bahkan desainnya masih mirip dengan iPhone 12 yang memiliki pinggiran tegas.

Serta mirip dengan iPhone 11 yang hanya punya 2 modul kamera di belakang. Hanya tata letak kamera yang terlihat menonjol berbeda, yaitu membentuk diagonal.

Perubahan yang terjadi pada iPhone 13 bukanlah perubahan mayor. Hal ini sangat berbeda dengan perubahan yang perusahaan lakukan di tahun sebelumnya. Anda bisa melakukan pertimbangan sebelum membelinya dengan informasi di atas.

Demikianlah beberapa review iPhone 13. Dapatkan berbagai informasi terupdate dari dunia bisnis, teknologi, dan digital lainnya hanya di Diginews.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.