Breaking News

mendapatkan uang dengan menulis

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Menulis

Hidup di era serba digital sekarang ini mendapatkan uang itu tidak lagi hanya terfokus dari dunia perkantoran saja. Melalui jaringan internet dan bekerja dari rumah pun bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang diinginkan. Salah satunya bekerja sebagai penulis yang bisa Anda coba untuk mencari penghasilan tambahan yang menjanjikan. 

Menulis memang salah satu bentuk ekspresi dan meluapkan segala pikiran yang ada, tetapi dengan menulis bisa mendapatkan uang. Tidak hanya itu saja, hasil tulisan Anda akan dilihat dan dibaca oleh banyak orang juga loh. Nah, apabila Anda dalam dunia menulis dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan, berikut ini beberapa rangkumannya. 

Pilihan Tempat Menulis Menghasilkan

1. Menulis Artikel Website

Saat ini ada banyak beberapa website yang menawarkan jasa penulis lepas untuk memenuhi kriteria konten yang ada, biasanya mereka akan membayar berdasarkan artikel yang dimuatnya. Bahkan, beberapa media pun mencari pekerja lepas atau freelance khusus content writer yang nantinya akan dibayarkan per artikel yang dibuat. 

Ada banyak kriteria konten yang bisa Anda kerjakan, mulai dari cerpen, pemberitaan, kisah inspiratif, dan banyak jenis tulisannya. Hal ini untuk Anda yang gemar dalam dunia menulis mungkin bisa mencobanya. Mengenai penghasilannya pun sangat menjanjikan loh dan bisa menambah pemasukan Anda setiap bulannya. 

Terpenting Anda bisa menyesuaikan permintaan klien yang mempercayakan tulisannya pada diri Anda untuk pembuatan artikelnya tersebut. Dalam tahap ini, perhatikan ketentuan dan persyaratan yang diminta agar kedepannya Anda tetap dikontrak dan mendapatkan tulisan yang berlangganan setiap bulannya, menarik kan. 

2. Membuat Blog Pribadi 

Menyalurkan ide melalui tulisan termasuk salah satu kegiatan yang menarik untuk dicoba, apalagi jika Anda dasarnya memiliki hobi tersebut. Apabila Anda ingin memaksimalkan hobi yang ada dan ingin mendapatkan penghasilan. Mungkin Anda bisa mencoba untuk membuat blog pribadi yang semuanya bisa Anda kemas secara lengkap. 

Apalagi trend blogger itu tidak pernah ada matinya, karena semua orang masih mempercayai informasi yang ditulis dan selalu terhibur dengan beberapa bacaan yang ada. Dengan demikian, peluang ini tetap masih bisa Anda manfaatkan dan maksimalkan. Menariknya lagi semua konsep konten dan sebagainya itu tidak perlu terpaku dengan ketentuan orang lain. 

Ibaratnya konsep ini Anda bisa menyelam sambil minum air, karena idealisme yang Anda tuangkan akan diikuti dan diminati oleh orang lain. Perlahan apabila konten yang Anda buat semakin berkualitas dan terus bertambah jumlah pembaca membuat penghasilan yang Anda terima akan semakin besar, rasanya ini bisa menjadi pilihan untuk Anda coba. 

3. Penulis Naskah Film 

Saat ini dunia perfilman baik skala besar dan kecil di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang begitu pesat. Biasanya beberapa konten kreator itu membutuhkan jasa penulis untuk menceritakan semua alur cerita yang ada. Dengan demikian peranan dari penulis naskah atau skrip film bisa menjadi rekomendasi untuk Anda coba. 

Sebenarnya tidak hanya dalam dunia perfilman saja, beberapa media sosial seperti Youtube pun membutuhkan jasa penulis naskah. Untuk Anda yang sedang gencar hobi menulis, tingkatkan kemampuan Anda dan kenali penulisan skenario yang menggiurkan untuk Anda dapatkan dan coba, karena peluangnya masih terbuka lebar. 

4. Bisnis Jasa Penulisan Artikel 

Aktivitas menulis lainnya yang tidak kalah menarik dan menggiurkan untuk Anda pilih adalah membuka jasa penulisan artikel khusus website dan sebagainya. Apalagi dengan pesatnya perkembangan digital saat ini banyak pelaku bisnis beralih memanfaatkan website dan media sosial untuk perkembangan bisnis yang dikelolanya. 

Rasanya ini peluang yang menjanjikan untuk Anda ambil dan maksimalkan, karena beberapa perusahaan membutuhkan jasa content writer untuk mengoptimalkan website yang dimilikinya. Dengan demikian, jasa penulisan ini bisa Anda pilih dan menjanjikan untuk didapatkan. Dengan kata lain, peluang pasarnya masih terbuka lebar untuk Anda kelola. 

Marketnya pun tidak hanya terbatas dari satu website saja, ada banyak tempat yang meminta beragam konten yang berbeda-beda, sehingga jasa penulis dibutuhkan. Mungkin untuk awal-awal Anda bisa mengajak rekan bisnis Anda yang kewalahan dalam mengatur bisnisnya atau ikut aktif bergabung di beberapa forum facebook dan promosikan jasa penulisannya itu. 

5. Mencoba Menerbitkan Buku 

Kegiatan yang tidak pernah lengkang oleh waktu adalah menulis buku, tindakan ini termasuk cara lama yang terus eksis dan bisa Anda maksimalkan. Terutama apabila Anda memiliki beberapa bidang yang dikuasai dan dituliskan dalam buku, rasanya akan menjadi menarik untuk dipublikasi dan dijual secara luas melalui buku yang menarik untuk didapatkan. 

Apalagi jika Anda sudah terbiasa merangkai beberapa kata dengan cemerlang, aktivitas satu ini bisa menjadi pilihan untuk Anda coba dapatkan. Untuk Anda yang tertarik untuk mencobanya, langsung saja buat naskahnya dan kirimkan ke penerbit. Apabila tulisan Anda memukau dan menarik untuk dibaca, biasanya akan disetujui dan langsung dicetak. 

Jika berhasil ke tahap tersebut, buku-buku yang Anda jual itu akan diterbitkan dan dijual pada beberapa toko buku yang telah tersebar ke seluruh Indonesia. Kebutuhan ini tergantung dari penjualan buku yang ada, apabila hasilnya memuaskan Anda tinggal menanti royaltinya saja dan mendapatkan uang yang diharapkan. 

Bahkan, buku tidak pernah juga ada habisnya. Karena beberapa orang masih nyaman dan membutuhkan buku untuk menemani kegiatannya sehari-hari. Belum lagi alur cerita yang Anda buat itu cukup menarik dan fiksi, membuat buku Anda akan laris dipasaran dan bisa mendapatkan uang yang menarik untuk dicoba kedepannya. 

6. Menjadi Kontributor Pada Website Besar 

Selanjutnya jika Anda ingin menulis dan menambah pemasukan mungkin bisa menjadi bagian dari kontributor tetap pada website besar. Terkadang beberapa website itu membuka peluang untuk penulis lepas mengekspresikan dirinya melalui tulisan yang disesuaikan dengan tema yang ada pada website tersebut. 

Jika Anda berhasil dan masuk dalam tim tersebut, biasanya Anda akan diminta untuk membuat akun dan langsung ditunjuk sebagai kontributornya. Aspek yang Anda lakukan pun sangat luas, mulai pengeditan, pemilihan gambar,dan sebagainya. Tulisan yang Anda buat memang masih ada kendalinya, namun beberapa website meminta konten khusus yang telah menjadi acuan. 

Mengenai honor atau harga yang diberikan tergantung dari website yang mana Anda menjadi kontributornya tersebut, karena berbeda-beda antara satu sama lainnya. Ada melalui artikel, jumlah kata, viewers, atau penilaian aspek lainnya. Kondisi ini tidak perlu banyak-banyak dalam bergabung, pilih salah satu saja dan relatif menjanjikan apabila Anda serius melakukannya. 

Kabar gembiranya saat ini Maxsol membuka kesempatan untuk Anda semua yang memiliki hobi menulis untuk mengirimkan fortofolio tulisan Anda ke alamat email kami business@maxsol.id. Nantinya tulisan Anda akan kami muat di website resmi kami yaitu diginews.id dan nasehat.id. Masing masing website kami memiliki masing masing topik yang berbeda, untuk diginews.id membahas tentang seputar teknologi sedangkan nasehat.id membahas seputar kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.