Breaking News

google docs

Fitur Smart Reply Sudah Ada di Google Docs, Berikut Ulasannya

Smart Reply di Google Docs merupakan fitur yang baru saja update untuk memberikan banyak kemudahan. Terutama bagi pemakainya, sebelumnya smart Reply merupakan fitur dari Gmail.

Lantas bagaimana sebenarnya fitur smart Reply ini? Berikut ini akan membahas terkait fitur smart Reply secara lebih detail.

Fitur Smart Reply

Google terus melakukan perkembangan teknologi di berbagai produknya. Seperti Google Docs, Drone Google, Balon Google, hingga aplikasi Chat Signal.

Pada produk layanan Google tersebut, pengguna akan menjumpai fitur baru Smart Reply. Salah satunya yang ada pada Google Docs.

Fitur baru smart Reply di Google Docs ini sebenarnya memiliki fungsi untuk membaca e-mail yang masuk. Selain itu juga bisa untuk memberikan berbagai macam respons terhadap e-mail masuk tersebut.

Sehingga pengguna akan mendapatkan pemberitahuan dari mesin pengingat untuk membalas pesan yang masuk. Fitur smart Reply di Google Docs akan menghemat waktu pengguna dalam membalas komentar.

Dapat menjangkau seluruh pengguna workspace dan pelanggan G Suite untuk akun bisnis maupun akun biasa. Jadi, fitur ini tidak hanya hadir untuk gmail saja, melainkan juga hadir untuk Google Docs.

Contoh sederhananya saja, ada teman yang sedang menanggapi terkait revisi proyek. Kemudian smart Reply dapat memberikan responss kepadanya dengan pilihan terima kasih atau sempurna.

Secara otomatis fitur ini memberikan balasan pesan. Namun fitur smart Reply saat ini masih dapat memberikan komentar bahasa Inggris.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Fitur Smart Reply di Google Document

Smart reply di Google Docs merupakan cara cepat dalam melakukan kolaborasi dokumen dan bekerja bersama tim. Pengguna akan lebih menghemat waktunya karena untuk sekedar menanggapi sudah terbantu teknologi AI.

Smart reply pada Google Docs juga akan tersedia pada produk Google lainnya. Seperti Google Suite, Google Workspace, dan bisnis.

Mengaktifkan fitur ini secara default bisa bantu untuk memberikan efektifitas waktu seseorang. Namun, jika tak ingin menggunakannya bisa mematikan fitur ini kapanpun Anda mau.

Berikut ini cara untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur smart reply di Google Docs.

  1. Buka pada bagian dokumen yang hendak Anda ingin beri komentar;
  2. klik bagian tools dan pilih preferences;
  3. Selanjutnya akan muncul tampilan dari menu preferences;
  4. Lakukan nonaktifkan atau aktifkan fitur smart reply dengan mencentang bagian perlihatkan saran balasan cerdas;
  5. Apabila sudah bisa klik OK dan proses selesai.

Cara Menolak atau Menerima Komentar dari Fitur Smart Reply pada Google Docs

Setelah mengetahui terkait penggunaan fitur smart reply pada Google Docs, perlu juga tahu cara menolak/menerimanya. Jadi, Anda juga bisa menolak maupun menerima saran dari komentar lewat smart Reply dari teman.

Lantas bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

  1. Klik pada bagian tombol saran;
  2. Selanjutnya arahkan kursor pada kotak balasan dan kemudian klik pada tab saran;
  3. Jika sudah, maka bisa klik tombol enter. Kemudian ikuti langkah selanjutnya sesuai dengan petunjuk.

Baca Juga : Google Core Update: Semua yang Perlu Anda Tahu

Hal yang Bisa Terjadi Jika Tidak ada Fitur Smart Reply di Google Docs

Fitur smart Reply memang tergolong fitur baru yang nangkring di tools Google Docs. Meskipun sebelumnya sudah ada pada layanan tools anakan Google seperti Gmail.

Dengan adanya fitur tersebut cukup membantu dan memberikan manfaat bagi pengguna. Apalagi untuk memberikan respons cepat dan otomatis kepada orang lain.

Lantas bagaimana jika pada Google Docs tidak ada fitur tersebut? Jawabannya tidak masalah. Karena fitur balas cepat ini bukan fitur utama yang cukup penting di dalam Google Docs.

Sebenarnya adanya fitur tersebut hanya sebagai alat untuk melakukan proses perkembangan teknologi. Yang mana bisa dengan lebih mudah dan cepat untuk melakukan balasan pesan/komentar.

Meski demikian, bagaimanapun perkembangan teknologi seperti ini perlu orang manfaatkan sebaik-baiknya. Karena tetap akan memberikan manfaat.

Memberikan fitur balasan mungkin terbilang cara cepat dan efektif. Namun balasan tersebut tentu kurang memberikan sentuhan pribadi. Namun demikian fitur ini tetap mempertimbangkan konteks ketika memberikan saran.

Mengenal Fitur Smart Reply di Gmail

Selain fitur smart Reply di Google Docs, ternyata fitur ini sudah lebih dahulu ada pada Gmail. Yang mana fitur ini berguna untuk membantu membaca pesan masuk pada email dan memberikan berbagai respons.

Sehingga pengguna selalu mendapatkan pengingat untuk segera membalas pesan masuk. Fitur canggih ini akan memberikan tampilan sebanyak 3 kalimat pendek sebagai pengingat.

Yang mana pesan tersebut berdasarkan konten dari pesan yang telah pengguna terima pada kotak masuk.

Selain itu fitur tersebut juga membantu pengguna Gmail untuk lebih mudah dalam memanajemen emailnya. Pasalnya dengan fitur tersebut, pengguna bisa lebih cepat dalam melakukan tanggapan pesan.

Sehingga tidak banyak membuang waktunya. Jika pengguna membutuhkan jawaban panjang, maka bisa mengirimkan dahulu salah satu dari 3 pesan cepat. Dengan begitu pengguna tidak akan membuang-buang waktunya.

Nah, untuk bisa menikmati fitur tersebut pada Gmail, maka tidak perlu menunggu lama. Cukup unduh pembaruan aplikasi inbox Gmail pada toko aplikasi.

Baca Juga: Google AMP, Fitur Google dalam Mengoptimalkan Mobile Search

Cara Menggunakan Fitur Smart Reply pada Gmail

Sebelumnya fitur smart Reply memang sudah ada pada Gmail. Jadi berikut informasi cara mengaktifkan fitur smart reply pada Gmail.

1. Melalui Desktop

Jika menggunakan PC maka akan muncul tampilan Gmail mode desktop. Pengguna hanya perlu memilih pada bagian pengaturan. Kemudian scroll sampai menemukan fitur smart Reply dan smart compose.

Lalu tekan untuk pilih ON atau aktif. Pilih yang Anda inginkan bisa mengaktifkan keduanya atau hanya salah satu saja. Tentunya untuk balasan pesan cepat pilih bagian smart Reply.

Selain itu Anda juga bisa melakukan pilihan terhadap kemungkinan mesin Gmail melakukan pembelajaran personalisasi. Hal tersebut berdasarkan dengan cara Anda menuliskan email.

2. Melalui Aplikasi Ponsel Android

Untuk sementara fitur smart Reply ini hanya ada di ponsel Android saja. Nah langkahnya pilih menu pengaturan atau setelan. Kemudian ketuk pada kotak bagian smart Reply, lalu silakan klik aktifkan.

Kunci Utama Fitur Smart Reply

Fitur smart Reply dari Google yang canggih tersebut menggunakan teknologi canggih teknik artificial intelligence (AI). Begitu kata insinyur perangkat lunak Google.

Yang mana teknologi tersebut menyarankan untuk melakukan berbagai opsi jawaban secara real time. Selain itu, kecanggihan fitur ini berasal dari adanya peralatan teknologi bahasa alami.

Alat tersebut memungkinkan dalam meningkatkan fitur untuk melakukan prediksi kata untuk bahasa di masa depan. Hal ini akan semakin berkembang karena nantinya akan semakin sering orang menggunakan fitur smart Reply ini.

Pada awal percobaan, insinyur perangkat lunak Google menyatakan bahwa sering terjadi error. Yang mana fitur tersebut sering menawarkan balasan email yang kurang bahkan tidak relevan.

Demikian beberapa informasi terkait fitur baru smart Reply di Google Docs. Semoga memberikan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.