Breaking News

Youtuber pemula

Ingin Tahu Cara Jadi Youtuber Pemula Modal HP? Ini Panduannya!

Banyak orang penasaran ingin menjadi seorang Youtuber karena ada banyak para tokoh berhasil sukses dengan menjadi content creator. Namun sayangnya beberapa diantaranya mulai mundur karena keterbatasan modal untuk menjadi seorang Youtuber pemula karena keterbatasan perangkat hanya memiliki HP saja.

Padahal sebenarnya untuk menjadi seorang Youtuber itu bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa batas. Bahkan Anda juga bisa memulainya menggunakan bantuan HP saja. Maka dari itu jangan takut untuk memulainya karena sebenarnya masih ada banyak cara untuk melakukannya.

Social media marketing concept illustration for landing page template

9 Cara Jadi Youtuber Modal HP

Sebelum membahas tentang bagaimana caranya menjadi seorang Youtuber untuk pemula, maka saatnya Anda untuk membuat akunnya dulu. Karena tanpa itu Anda tidak bisa memulai hal ini. Jadi buat akunnya dulu, setelah itu simak panduan selengkapnya di bawah ini:

Tentukan Tema Kontennya

Bila sudah memiliki akun, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan dulu jenis kontennya. Sehingga Anda bisa menentukan siapa saja yang akan menjadi target penonton channel Youtube Anda tersebut.

Sekarang ini ada berbagai macam ragam video Youtube yang bisa dicoba oleh para pemula. Di bawah ini adalah beberapa jenis video yang bisa dijadikan sebagai referensi ketika Anda ingin menjadi seorang Youtuber, antara lain:

  • Entertainment: prank, vlog, humor, dll.
  • Education: pengetahuan umum dan akademis.
  • Music: video cover.
  • Travelling: vlog ketika sedang travelling, review objek wisata dan hotel tertentu.
  • Way and Style: tutorial make up, memasak, do it yourself, dll.
  • News: konten video tentang berita terupdate.
  • Gaming: konten tentang permainan tertentu.
  • Personalisasi Channel Anda!

Supaya channel Anda terlihat professional, maka cobalah melakukan personalisasi. Buat yang menarik, unik, dan harus terlihat professional. Yaitu dengan menambahkan Youtuber Avatar. Tujuannya adalah agar foto profil bisa dijadikan sebagai identitas akun.

Yang pasti pilih foto terbaik berukuran 800 x 800 pixels. Setelah itu tambahkan banner agar identitas channel Youtube Anda lebih kuat. Idealnya untuk ukuran banner paling bagus adalah sebesar 2560 x 1440 pixels.

Selanjutnya tambahkan pesan informative pada bagian deskripsinya. Di bagian ini jelaskan seputar gambaran umum tentang topik da nisi kontennya dengan baik. Sehingga pengunjung tahu berisi tentang apa konten Anda tersebut.

Baca Juga : 7 Tren Pemasaran Digital alias Digital Marketing Trend Tahun 2021

Asah Skill Membuat Video Berkualitas

Keahlian ketika membuat video yang berkualtias merupakan poin paling penting supaya bisa menjadi seorang Youtuber professional. Sebaiknya pikirkan konsepnya yang matang, sekaligus target sasaran penonton (market) Anda supaya lebih hemat.

Misalnya bila ingin membuat konten kosmetik, maka target pasarnya adalah para wanita. Jadi buat editing video sesuai isi konten dan target marketnya. Jadi berikan ciri khas yang membuat video Anda terlihat berbeda dari isi channel video pada umumnya.

Lakukan Analisis Video

Supaya bisa menjadi seorang Youtuber yang sukses itu buat konten yang unik dulu. Anda bisa mengecek dari video lain yang memiliki tema sama. Namun pastikan Anda melihat yang memiliki banyak views untuk menganalisis kekurangan dari video Anda tersebut.

Supaya bisa mengetahui performa video Anda, maka gunakan Youtube Analytics. Karena ada banyak fitur yang sangat membantu di dalamnya. Berikut ini adalah fitur menarik dari Youtube Analytics, antara lain:

  • Reach: Untuk mengetahui jumlah video yang sudah dilihat oleh calon audiens dan berapa orang yang sudah mengkliknya, serta kemunculannya ada berapa banyak.
  • Overview: Ini berguna untuk mengetahui lamanya para audiens menghabiskan waktunya untuk melihat tayangan video Anda.
  • Audience: Fitur ini berguna untuk mencari tahu apakah video Anda sudah tepat sasaran atau belum.
  • Engagement: Fitur ini berguna untuk memberi informasi seputar jumlah orang yang sudah tertarik dengan video Anda.
  • Revenue: Fitur untuk mengecek total pendapatan dari channel video Anda.
  • Maksimalkan Peran SEO

Supaya isi kontennya semakin berkembang dengan baik, jangan lupa untuk mengoperasikan sejumlah tool yang disediakan oleh Youtube. Misalnya saja seperti soal views, impression, watchtime, serta analisis data demi kebaikan akun Anda.

Salah satu cara untuk mengoptimasi Youtube adalah dengan belajar SEO. Sehingga video Anda bisa muncul langsung di halaman Youtube pertama saat ada yang mencari kata kunci (keyword) tertentu secara langsung.

Manfaatkan HP dengan Baik

Bila tidak memiliki kamera mahal, Anda bisa memanfaatkan Hp. Selama HP Anda bisa dipakai untuk merekam video, Anda bisa membuat channel youtube menggunakan HP. Karena sebenarnya videonya tersebut tidak harus dilengkapi animasi kece saja, namun yang paling penting adalah isi kontennya.

Anda bisa melihat dari banyaknya Youtuber yang awal karirnya tayangan videonya tidak secerah sekarang. Bahkan ada beberapa dari mereka memulai menjadi seorang Youtuber menggunakan kamera buram yang tidak berkualitas, tapi banyak orang menyukai isi kontennya karena dianggap bermanfaat.

Lakukan Promosi!

Supaya dapat menjangkau penonton lebih luas sekaligus menciptakan engagement tinggi, jangna lupa untuk mempromosikan video Anda tersebut. Bila perlu bagikan ke media sosial seperti Twitter, IG, Facebook, dan beberapa platform menarik yang lain.

Jadi manfaatkan peran media sosial dengan baik untuk melakukan promosi sekaligus menganalisis performa promosinya dan engangement yang dimiliki. Sehingga Anda bisa mendapatkan target audiens yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Harus Konsisten & Unik Isinya

Sebagai Youtuber pemula sebaiknya pikirkan shareability dengan baik supaya isi konten Youtube Anda dibagi oleh pengguna Youtube lain secara otomatis. Itulah sebabnya Anda harus selalu konsisten ketika ingin menjadi seorang content creator di Youtube.

Konsistensi adalah kunci utama supaya Anda bisa sukses menjadi seorang Youtuber. Jadi Anda harus selalu konsisten, mulai dari format konten, jadwal, serta personalitynya. Sebisa mungkin buat viewers mau melakuakn subscribe karena Anda selalu konsisten mengunggah video.

Jalin Interaksi yang Baik dengan Penonton

Supaya semakin sukses menjadi seorang Youtuber pemula, maka jangan takut untuk berinteraksi dengan penonton secara langsung. Misalnya dengan cara membalas setiap komentar di video Anda tersebut dengan baik dan sopan.

Umumnya ketika menjadi seorang Youtuber, Anda harus siap menerima berbagai macam feedback. Mulai dari feedback positif dan negative melalui kolom komentar. Saat Anda mendapatkan feedback negative, sebaiknya jadikan hal tersebut sebagai masukan terbaik supaya konten berikutnya lebih sempurna.

Jadi jangan pernah berkecil hati ketika mendapat feedback dan komentar negative. Anda hanya perlu memperbaiki kekurangan tersebut. Selanjutnya, agar hasilnya lebih maksimal, bangun koneksi dan jaringan dengan para creator yang lain.

Bila perlu, ajak mereka untuk membuat sebuah kolaborasi video yang menarik. Sehingga hal tersebut bsia membuat para penonton setia merasa terhibur karena melihat aksi dari Anda bersama Youtuber yang lain.

Setelah mengetahui beberapa poin penting di atas, maka dijamin itu akan membuat Anda bisa menjadi seorang youtuber sukses. Sehingga Anda bisa mendapat banyak subscriber dan tambahan penghasilan dari affiliate marketing, ads, endorsement, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published.