Breaking News

Clubhouse

Seberapa Besar Pengaruh Clubhouse dalam Bersosial Media? Ini Penjelasannya!

Belakangan ini Clubhouse app sedang ramai diperbincangkan banyak orang di dunia maya. Lebih menariknya lagi adalah namanya tersebut sering masuk ke dalam salah satu daftar trending topic di salah satu media sosial, seperti Twitter. Sehingga banyak yang ingin tau seberapa besar pengaruh clubhose dalam bersosial media.

Clubhouse app adalah media sosial berbasis audio yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan diskusi secara virtual. Jadi dalam praktiknya, kegiatan diskusinya tersebut dapat didengarkan pengguna lain secara langsung.

Uniknya lagi adalah meski masih baru, namun ternyata aplikasi Clubhouse sudah diunduh oleh 8,1 juta jiwa sejak 16 Februari 2021. Hal tersebut membuktikan bzahwa aplikasi ini membawa pengaruh besar terhadap kegiatan bersosial media.

Tentang Clubhouse

Clubhouse adalah salah satu platform media sosial berbentuk audio chat. Jadi dari segi pemakaiannya mirip sekali dengan Podcast dan Zoo. Bahkan banyak orang menyebutnya seperti TED Talks, hanya saja lebih eksklusif karena aktivitasnya disiarkan secara live tanpa ada siaran ulang (pengulangan).

Itu artinya setiap pengguna dapat mendengarkan semua ide, obrolan, diskusi, dan wawancara antar tokoh ternama yang sedang melakukan siaran secara live sesuai topiknya. Saat diskusinya berakhir, maka percakapannya bisa langsung selesai.

Dalam setiap room selalu diisi oleh moderator, pendengar, dan pembicara. Dalam hal ini, setiap pendengar bisa ikut berpatisipasi mengikuti obrolan saat mendapat izin dari sang moderator. Biasanya yang menjadi pembicaranya adalah para ahli, tokoh besar, jurnalis, selebriti, dll.

Baca Juga: 8 Digital Skill yang Banyak dicari Perusahaan

Pengaruh Clubhouse dalam Bersosial Media

Pengaruh Clubhouse yang semakin populer saat ini tidak lepas dari pengaruh para tokoh revolusioner dunia, yaitu Elon Musk pendiri Tesla Motors dan Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook. Beberapa tokoh tersebut ikut memelopori pemakaian Clubhouse.

Banyak orang menganggap bahwa Clubhouse adalah salah satu media sosial yang sangat bermanfaat. Bahkan Clubhouse memiliki pengaruh sangat besar hingga ke berbagai belahan dunia. Karena karakteristiknya mampu memberikan pengalaman unik dan daya tarik tersendiri berkat fitur pesan suaranya tersebut.

Clubhouse sendiri termasuk salah satu platform yang eksklusif. Karena banyak orang terkenal membuka ruang diskusi. Namun mengingat media sosial tetaplah menjadi media sosial, sehingga pemanfaatannya semakin luas.

Hal tersebut terbukti dari banyaknya orang-orang mulai menggunakan Clubhouse untuk mengadakan acara konferensi berskala kecil untuk lingkaran pribadi. Terlebih platform ini memberikan kebebasan kepada penggunanya sehingga setiap orang bisa memilih konten sesuai kebutuhan.

Terlebih jumlah pengguna media sosial sekarang ini semakin banyak. Hal tersebut membuat durasi penggunaan platform Clubhouse semakin besar dan meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan berdasarkan statista menyebutkan bila rata-rata penduduk di dunia selalu menghabiskan waktunya untuk bersosial media.

Misalnya saja di tahun 2016 yang lalu, rata-rata penduduk memanfaatkan internet untuk bersosial media selama 128 menit. Selanjutnya di tahun 2017, jumlah penggunanya semakin meningkat dan jam terbangnya mencapai 136 menit per hari.

Di tahun 2018, jumlah pemakaian internet semakin meningkat menjadi 142 menit per hari, kemudian di tahun 2020 jumlahnya menjadi 145 menit per hari. Tentunya lama durasinya menggunakan internet itu berdampak pada aktivitas bersosial media.

Banyak orang mulai menghabsikan waktunya untuk bersosial media. Bahkan beberapa di antaranya banyak yang kecanduan. Sehingga banyak dari mereka tidak pernah lepas dari media sosial dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Baca Juga : Digital People, Facebook Telah Luncurkan Podcast!

Alasan yang Membuat Clubhouse Populer

Tentunya beberapa orang terkadang bingung soal apa sih yang membuat aplikasi Clubhouse ini semakin populer dari waktu ke waktu. Berdasarkan para pengamat media sosial, beberapa dari mereka menyebutkan bahwa ada beberapa alasan yang menjadikan platform ini begitu populer. Berikut ini adalah alasannya, antara lain:

  1. Karena Elon Musk pada 1 Februari yang lalu membagikan tautan di Twitter sebuah ruang obrolan Clubhouse untuk berbincang-bincang, maka sejak saat itu platform ini semakin terkenal. Selain itu, selang 1 hari kemudian, dirinya juga mengunggah rekamannya ke dalam channel Youtubenya.
  2. Tidak dapat dipungkiri bila ada banyak orang terkenal ikut serta mengisi ke dalam platform Clubhouse. Mereka semua turut mempengaruhi kepopuleran dari Clubhouse sebagai media sosial berbasis audio. Mereka adalah Oprah WInffrey, ELon Musk, Ashton Kutcher, dll.
  3. Salah satu hal paling menarik disini adalah para pengguna bisa mengonbrol secara langsung dengan tokoh terkenal. Jadi ini memberikan manfaat kepada pengguna karena bisa melakukan seminar gratis dengan mudah dan lebih hemat.
  4. Berkat platform Clubhouse inilah membuat Anda bisa mendapatkan kesempatan lebih mudah untuk membangun jaringan lebih luas sesuai topiknya. Karena berbasis audio dan disiarkan secara live, sehingga hal ini memberikan sensasi tersendiri pada penggunanya.
  5. Platform Clubhouse ini merupakan salah satu tempat diskusi terbaik yang dapat menampung berbagai macam topik atau tema sekaligus dari para influencer. Sehingga hal tersebut membuat semua orang bisa mengobrol apa saja tanpa sensor.
  6. Faktor lain yang membuat Clubhouse semakin populer adalah Twitter. Karena ada banyak orang share dan screenshot room yang ada di Clubhouse. Sehingga hal ini membuat semua orang semakin penasaran untuk menggunakannya juga. Karena dilihat dari manapun bentuknya terlihat sangat eksklusif.

Cara Daftar dan Menggunakan Aplikasi Clubhouse

Sayangnya untuk bisa daftar ke dalam platform Clubhouse ini masih terbilang eksklusif untuk pengguna iPhone. Selanjutnya Anda perlu mengunduh aplikasinya dan langsung memakainya. Di bawah ini adalah 2 cara supaya bisa login ke dalam platform ini, antara lain:

Undangan Pribadi

Ketika seseorang mulai bergabung dengan platform Clubhouse, maka otomatis akan mendapatkan 1 undangan yang bisa diberikan kepada orang lain memakai nomor hp-nya. Itu artinya saat Anda bergabung ke dalamnya, Anda bisa mengirim undangan kepada orang lain untuk menggunakan aplikasi ini.

Secara Eksklusif

Ketika sudah mengunduh aplikasinya lewat App Store, maka Anda mendapatkan kesempatan untuk memesan nama penggunanya. Dari sinilah Anda bisa mengakses atau tidak tanpa harus menggunakan undangan. Karena semuanya tergantung dari berapa banyak teman yang sudah memiliki akun Clubhouse.

Sehingga secara otomatis mereka mendapat notifikasi bahwa Anda sudah memiliki akun Clubhouse. Jadi dari sinilah pengguna bisa mendapatkan pilihan fitur berupa melambaikan tangan atau mempersilahkan teman untuk masuk dan bergabung ke dalamnya.

Untuk menggunakan aplikasi Clubhouse ini sebenarnya sangat sederhana sekali. Bila sudah mempunyai akun, maka Anda bisa menerima rekomendasi obrolan langsung sesuai kebutuhan (topik yang diinginkan).

Dalam hal ini Anda dapat bergabung ke dalam panggilan bersama, sekaligus mendengarkan materi dari narasumber secara langsung. Jadi hanya ada beberapa orang saja yang berbicara, sedangkan sisanya hanya mendengarkan saja sebagai peserta.

Jadi itu tadi adalah serba-serbi tentang pengaruh Clubhouse app dalam kegiatan bersosial media, alasan platform ini begitu populer, dan cara daftarnya. Dengan mengetahui sedikit penjelasan di atas diharapkan bisa membantu Anda untuk mengenal lebih jauh tentang Clubhouse app.

Leave a Reply

Your email address will not be published.