Breaking News

Laravel 9

Laravel 9 Rilis, Apa Saja Update Fitur yang Dibawa?

Laravel adalah kerangka kerja sumber terbuka yang terutama bekerja pada PHP dan kerangka kerja PHP tingkat lanjut. Laravel kini telah merilis versi baru Laravel 9. Versi baru ini dirilis pada 8 Februari 2022.

Sebelum merilis Laravel 9, pencipta telah memperkenalkan tiga versi, termasuk Laravel 8, Laravel 7, dan Laravel 6. Laravel banyak digunakan untuk mengembangkan Aplikasi web berorientasi objek dan berkinerja tinggi berbasis MVC.

Menurut situs resmi. Dengan rilis versi utama ini, pengembang akan mendapatkan dukungan perbaikan bug selama 1 tahun dan pembaruan keamanan selama 2 tahun dari tim laravel. Laravel 9 hadir dengan berbagai fitur menarik dan peningkatan keseluruhan dari kerangka inti. Mari cari tahu apa yang baru di Laravel 9.

Laravel 9 membutuhkan minimal PHP versi 8. Fitur baru adalah Controller route group, Accessors / Mutators improvement, Flysystem 3.x, Eloquent Enum casting, Inline blade templating, Full-text indexing, Enums implisit route binding, daftar rute yang baru dirancang, pengujian opsi cakupan, antarmuka pembuat kueri baru, fungsi string PHP 8 disertakan, migrasi rintisan anonim, surat SwiftMailer ke Symfony dan banyak fitur menarik.

Fitur-Fitur Baru Laravel 9

Peningkatan aksesor/mutator yang fasih (Eloquent)

Aksesor/mutator yang fasih adalah fitur yang memungkinkan pengembang untuk menangani kueri basis data menggunakan sintaks PHP alih-alih menulis kode SQL, yang dapat memakan waktu.

Di Laravel 8, Anda harus menggunakan prefiks get and set dalam model untuk mendefinisikan accessor dan mutator. Namun, di Laravel 9, Anda dapat mendeklarasikan awalan dengan satu istilah tanpa awalan dengan menggunakan metode “Illuminate Database Eloquent Casts Attribute”. Anda sekarang dapat memperoleh dan mengatur atribut hanya dengan satu panggilan metode.

Casting atribut enum

Sekarang Anda dapat menentukan enum dalam file enum dan bahkan jenis enum yang Anda inginkan. Anda dapat dengan mudah menemukan semua ini di file enum yang terletak di App/Enums/. Juga, Anda perlu menentukan tipe pengembalian dalam file, dan untuk mencapai ini, Anda harus menentukan atribut dan enum dalam array properti $casts dalam model.

Setelah Anda menentukan gips Anda pada model, itu akan mentransmisikan atribut yang ditentukan secara otomatis dari file enum. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi Enum Casting.

Pengikatan Rute Implisit Dengan Enum

Enum sekarang didukung di PHP 8.1. Laravel 9.x menyediakan kemampuan untuk mengetik-petunjuk Enum pada deklarasi rute, dan Laravel hanya akan menerapkan rute jika komponen rute adalah nilai Enum yang valid di URI. Jika tidak, itu akan segera kembali ke kesalahan HTTP 404.

Anda sekarang dapat membuat rute yang hanya digunakan jika segmen rute kategori berisi buah-buahan atau manusia. Jika tidak, Anda akan mendapatkan respons HTTP 404.

Forced Scoping

Binding Forced Scoping di Laravel versi sebelumnya untuk Scoping, kita perlu menggunakan kunci dari model fasih orang tua, tetapi sepertinya tidak menggunakan Scoping. Tetapi di Laravel 9 ada fungsi yang disebut metode scope bindings untuk menentukan rute Anda.

Laravel akan secara otomatis membuat rentang kueri untuk mengambil model bersarang oleh induknya saat menggunakan norma untuk mengasumsikan nama relasi pada induknya.

Grup Controller Route

Grup rute pengontrol adalah fitur Laravel 9 yang paling kuat. Untuk rute pengontrol, Anda perlu menggunakan fungsi pengontrol dan kemudian Anda hanya perlu menentukan rute dan fungsinya untuk pengontrol itu.

Pengontrol itu akan memanggil metode itu secara otomatis. Bentuk pengelompokan rute controller, kita dapat menghindari duplikasi penggunaan controller.

Indeks Full-Text 

Metode Full-Text sekarang dapat diperkenalkan ke definisi kolom di MySQL dan PostgreSQL untuk menghasilkan indeks Full-Text. Untuk kueri, mereka menggunakan metode WhereFullText dan atau WhereFullText.

Laravel akan mengubah metode ini menjadi SQL yang diperlukan untuk sistem database pendukung. Untuk aplikasi berbasis MySQL, akan dibuat klausa MATCH AGAINST.

Rendering Template Inline Blade

Saat melakukan rendering template inline Blade, terkadang Anda perlu mentransfer beberapa data ke HTML, lalu template blade digunakan untuk mengubah string menjadi HTML yang valid.

Anda dapat menggunakan metode render yang disediakan oleh fasad blade. Metode render akan menerima dua argumen: satu adalah string blade dan yang kedua adalah array data, tetapi yang kedua adalah opsional.

Blade Directive yang Dicentang

Di versi yang lebih lama, kita perlu menulis kondisi khusus untuk pemilihan kotak centang dan dropdown. Namun, Laravel versi 9 memecahkan masalah ini dengan memperkenalkan komponen blade @checked dan @selected untuk seleksi dan hanya akan memilih data jika kondisi tertentu benar yang kita tulis di komponen tersebut.

Bootstrap 5 – Tampilan Pagination

Jika Anda pernah mengalami pagination dalam proyek Anda, Anda akan menghargai betapa bergunanya memiliki kerangka kerja bawaan untuk menanganinya. Laravel menghilangkan kebutuhan untuk pagination manual dengan menyediakan pagination otomatis.

Di sisi lain, Laravel 9.0 lebih memudahkan tugas ini dengan tampilan pagination Bootstrap 5. Dalam tampilan pagination laravel 9 akan dibangun menggunakan Bootstrap 5. Anda dapat memanggil metode useBootstrapFive dalam metode boot kelas App\Providers\AppServiceProvider Anda.

Peningkatan Validasi Nested Array Data

Terkadang Anda perlu memvalidasi elemen array dan Anda mungkin perlu mengakses nilai dari elemen array saat Anda menetapkan aturan ke atribut.

Untuk tugas ini juga, Laravel 9 memiliki solusi karena memperkenalkan Rule: metode foreach. Metode ini menerima penutupan yang akan dipanggil untuk setiap iterasi atribut array di bawah validasi dan akan menerima nilai atribut dan nama atribut yang diperluas sepenuhnya secara eksplisit.

Peningkatan Halaman Ignition Exception Page 

Ignition, halaman debugging pengecualian sumber terbuka Spatie, telah dirubah dari bawah ke atas dengan beberapa fitur baru untuk memberikan banyak keuntungan kepada pengguna. Tema terang/gelap, kemampuan “terbuka di editor” yang dapat disesuaikan, dan banyak lagi adalah beberapa fitur baru dan yang ditingkatkan di Laravel rilis 9.

Peningkatan Output Route:list CLI

Fitur penting lainnya dari Laravel adalah antarmuka baris perintah (CLI). Ini memungkinkan Anda untuk membuat atau mengubah aspek Laravel apa pun tanpa perlu menelusuri folder dan file dari baris perintah. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam berinteraksi dengan database Anda dari baris perintah.

Dengan versi 9 bahkan menjadi lebih baik, karena versi baru memperkenalkan desain baru daftar rute di antarmuka baris perintah.

Kreator Laravel 9 berusaha memberikan solusi terbaik bagi penggunanya, dan untuk itu, mereka selalu berusaha menghadirkan versi baru yang diperbarui setiap tahun. Namun, untuk Laravel 9 mereka membutuhkan waktu dua tahun untuk diperkenalkan.

Versi baru ini memiliki fitur baru Laravel 9 yang akan membantu Anda mengembangkan aplikasi web dengan mudah. Jika Anda mencari bantuan untuk meningkatkan aplikasi Anda dari Laravel 8 ke Laravel 9, hubungi kami untuk menyewa pengembang Laravel dari kami dan manfaatkan layanan pengembangan aplikasi Laravel terbaik kami.

Baca Juga: 3 Teknologi Handal untuk Membangun Aplikasi Mobile Multi Platform

Leave a Reply

Your email address will not be published.