Breaking News

clean_phone_storage

Memory HP Penuh, Simak Cara Mengatasinya

Memory hp penuh adalah hal yang paling sering dikeluhkan orang-orang, terutama mereka yang punya ruang penyimpanan kecil. Masalah ini sebenarnya bisa disiasati dengan beberapa cara, seperti membeli perangkat baru dengan memori internal yang lebih besar atau juga bisa dengan menambah penyimpanan eksternal seperti kartu memori.

Dari kedua cara tersebut, membeli hp baru dengan penyimpanan besar adalah solusi yang cukup membantu. Hanya saja Anda butuh budget yang tidak sedikit tentunya. Keputusan tersebut juga cukup disayangkan, apalagi jika perangkat sebelumnya masih bisa berfungsi dengan baik kecuali masalah penyimpanannya yang penuh.

Bagi Anda yang masih ingin menggunakan hp sekarang, tidak perlu bingung kok. Karena kami ada solusi untuk Anda semua, yaitu cara mengatasi memory hp yang sudah penuh. Anda bisa menerapkannya dengan mudah dan cepat, mulai dari memindahkan beberapa file hingga membersihkan sisa sampah di hp.  Informasi ini dapat menjadi solusi untuk para pembaca yang tidak ingin membeli hp baru.  

Jika ingin hp lebih awet digunakan, maka jangan biarkan memori internal hp penuh karena ada banyak dampaknya. Seperti hp cepat panas saat digunakan, bootloop, aplikasi macet, sehingga hp menjadi lemot. Untuk itu, lakukan pembersihan ini sebagai upaya perawatan yang wajib bagi pengguna hp. Dengan demikian Anda dapat menghindari kemungkinan-kemungkinan buruknya.

Berikut ini ada informasi tentang penyebab memory hp cepat penuh dan beberapa cara mengatasinya. Silahkan dibaca.

Penyebab Memory HP Cepat Penuh

Kenapa memori penyimpanan bisa penuh padahal aplikasi yang terpasang sedikit? Tentu ini menjadi pertanyaan yang sering muncul di benak Anda ketika melihat notifikasi memori hp yang hampir penuh sering muncul. Sudah menghapus beberapa aplikasi dan file-file hp tapi kok tidak ada perubahan, mungkin ada yang belum Anda ketahui. Nah, berikut ini kami punya beberapa informasi penyebab memory hp cepat penuh.

1.      Ukuran Aplikasi Memang Besar

Ada banyak faktor yang menyebabkan penuhnya memori penyimpanan, salah satunya adalah aplikasi dan data yang terinstal di hp punya ukuran yang besar. Aplikasi tersebut tentu banyak menghabiskan memori penyimpanan internal, apalagi jika jumlahnya lebih dari satu. Sebagai contoh, saat ini Anda punya hp dengan kapasitas penyimpanan 16GB saja, sehingga hanya bisa memasang 8 buah aplikasi seperti game atau marketplace dengan ukuran masing-masing 2GB.

Perlu diketahui, sistem hp membutuhkan ruang penyimpanan untuk menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Sehingga secara otomatis sistem tersebut akan memotong jatah penyimpanan 16 GB dari hp Anda. Hal ini membuat semakin berkurangnya ruang kosong hp secara signifikan, apalagi jika Anda memasang aplikasi berukuran besar meskipun jumlahnya sedikit.

2.      Banyaknya Aplikasi Bawaan

Sebagian ruang kosong penyimpanan terpakai oleh aplikasi bawaan sistem hp. Ukurannya terus bertambah ketika Anda melakukan update. Nah perlu diketahui bahwa ada dua tipe aplikasi bawaan yang umumnya tersimpan di hp Anda, yakni sistem bloatware dari pihak developer aplikasi yang diinstal di hp serta sistem operasi seperti Google Play Store.  Meski tidak pernah digunakan sama sekali, sayangnya beberapa aplikasi ini memang sering memakan ruang penyimpanan.

3.      Sisa Data Dari Aplikasi yang Sudah Dihapus

Ini juga bisa jadi penyebab penuhnya memori hp Anda. Meskipun aplikasi sudah dihapus tapi itu masih meninggalkan sejumlah data dalam perangkat, misalnya konten unduhan, file pengaturan, atau gambar tertentu. Anda harus mengelolanya data-data tersebut dengan baik supaya tidak memenuhi memori penyimpanan. Ini perlu dicek kembali karena ada beberapa aplikasi yang masih bisa mengkoneksi perangkat padahal dan tidak akan terdeteksi karena sudah hilang.

4.      Menumpuknya File Cache dan Thumbnail

Pemakaian ruang penyimpanan tidak hanya dipenuhi oleh ukuran aplikasi, tapi juga file bertipe chace, cadangan, hingga Thumbnail yang menumpuk. Memang tipe file ini dibutuhkan oleh aplikasi  untuk menjalankan sistemnya lebih cepat, hanya saja ukurannya bisa bertambah banyak. Contohnya adalah aplikasi Whatsapp dari Facebook yang melakukan pencadangan setiap hari ke layanan Google Drive maupun memori internal. File yang dicadangkan pun ukurannya berbeda-beda, mulai dari ratusan MB bahkan sampai GB. Berkas seperti ini biasanya tersembunyi, jadi bar dapat dilihat setelah Anda menghidupkan fitur “Show Hidden Files”.

Baca Juga : Inovasi IPhone untuk Tingkatkan Keamanan Pengguna

Cara Mengatasi Memory HP Penuh Gampang dan Cepat

Handphone dengan memori penyimpanan penuh tentu cukup menyebalkan bagi para pengguna, padahal tidak ada banyak aplikasi yang terpasang di dalamnya. Masalah ini memang menghambat aktivitas pengguna hp, memperlambat kinerjanya, membuat kamera tak bisa bekerja, serta menyulitkan pengguna untuk menginstal aplikasi lain.

Tentu Anda akan merasa jengkel, bukan? Untungnya saat ini ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini selain dari ganti hp baru. Berikut diantaranya.

1.      Memindahkan Aplikasi dan File ke SD Card

Untuk hp yang bisa menggunakan memori tambahan seperti SD Card, Anda bisa memindahkan beberapa aplikasi tersebut dari penyimpanan internal. Cara ini lumayan mengosongkan memori hp Anda, sehingga tidak cepat penuh. Pilihlah SD Card dengan kapasitas besar, minimal 16 GB. Untuk memindahkan aplikasi, caranya mudah. Buka menu setting dan masuk ke majamen aplikasi. Kemudian pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke SD Card.

2.      Menghapus Data Aplikasi Offline yang Diunduh dari Youtube

Setiap konten Youtube yang diunduh untuk ditonton secara offline itu juga memakan ruang penyimpan. Baik itu musik, artikel, video maupun gambar. Sebaiknya Anda segera menghapus data aplikasi offline jika sudah tidak ditonton atau digunakan dengan cara membuka aplikasi Youtube. Kemudian masuk ke menu pengaturan dan hapus konten unduhan. Lakukan hal tersebut satu persatu.

3.      Membersihkan Cache dan Thumbnail

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab penuhnya ruang penyimpanan hp adalah file cache dan thumbnail. Untuk itu, Anda perlu membersihkan semua file ini pada sistem perangkat, baik itu dari penggunaan aplikasi maupun browsing. Caranya adalah masuk ke pengaturan dan cari menu aplikasi. Cari aplikasi mana saja yang banyak memakan tempat, setelah ketemu Anda dapat menghapus cache pada penyimpanan. Lakukan satu persatu sampai memory hp lebih lowong.

4.      Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Anda juga bisa menghapus aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan. Dari pada memenuhi ruang penyimpanan, lebih baik di uninstall saja. Cara menghapusnya sangat mudah, bisa langsung dari layar utama ataupun melalui menu pengaturan. Silahkan masuk ke setelah manajemen aplikasi dan cari yang ingin Anda uninstall. Aplikasi akan terhapus setelah Anda menyetujui pencopotannya di sistem.

5.      Hindari Instal Aplikasi yang Berat

Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store. Hanya saja ada beberapa aplikasi yang punya ukuran besar sehingga banyak memakai penyimpanan hp. Inilah hal yang tanpa disadari sering membuat hp jadi lemot. Sebaiknya Anda menghindari instal aplikasi yang berat apabila kapasitas memory hp tidak memadai.

6.      Matikan Fitur Auto Download pada Aplikasi Perpesanan

Jika tidak dimatikan, maka segala media yang dikirimkan ke akun Anda akan langsung tersimpan di memori internal. Ini bisa menjadi beban jika dibiarkan bertumpuk. Jadi, silahkan matikan fitur auto download pada aplikasi perpesanan Anda.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi memory hp penuh. Cepat dan mudah sekali. Silahkan cara ini diterapkan pada hp Anda. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.