Breaking News

pantau aktivitas gadget anak

Aplikasi Pantau Gadget Anak Dari Jauh

Aplikasi pantau gadget anak dari jauh penting untuk digunakan para orangtua yang ingin mengawasi aktivitas anak-anaknya supaya tidak terdampak pengaruh buruk. Seperti yang kita tahu, di zaman yang serba canggih ini hampir semua orang punya gadget. Bukan hanya orang tua saja tapi juga anak-anak. Apalagi selama pandemi seluruh kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya dilaksanakan di sekolah, kini beralih ke kelas online. Mau tidak mau, Anda harus mengizinkan anak menggunakan perangkat gadget agar dapat mengikuti pembelajaran.

Namun dalam menggunakan gadget, orang tua berbeda dengan anak-anak yang masih terlalu muda dan polos untuk tahu cara memakai gadget secara aman. Sebagai orang tua, tentu Anda sudah dapat memilah dan memilih mana yang baik dan buruk. Tapi hal yang sama tidak bisa dilakukan oleh anak-anak, karena secara usia dan pemikiran mereka masih butuh bimbingan yang tepat.

9 Aplikasi untuk Memantau Gadget Anak yang Aman dan Gratis

Smartphone bisa memberi kebaikan sekaligus keburukan apabila digunakan secara berlebihan. Seperti yang kita tahu, perangkat canggih ini merupakan salah satu sarana yang dapat mengakses internet, website, pesan telepon, sosial media, dan lainnya. Dan tanpa disadari, ada banyak hal berbahaya yang bisa menyerang mereka sewaktu-waktu. Sehingga tidak dianjurkan untuk memberi anak-anak main gadget dalam waktu lama.  

Tak dapat dipungkiri, saat ini ada banyak kasus tentang anak kecanduan main game online. Mereka keasyikan main selama berjam-jam tanpa henti, tentu ini bukan hal yang baik. Maka dari itu kontrol dari Ibu dan Ayah sangat penting, dengan demikian anak tahu batas yang tidak boleh dilewatinya.

Seperti yang kami sampaikan, penting bagi para orang tua untuk memantau apa yang dilakukan anak-anak dengan gadgetnya. Salah satu cara termudah adalah menginstal aplikasi pantau gadget anak dari jauh yang memunginkan para orangtua mengawasi dan mengendalikan penggunaan gadget anak. Nah, untungnya aplikasi ini tersedia gratis dan bisa didownload melalui Google Play Store atau Apps Store. Berikut merupakan nama-nama aplikasi untuk pantau gadget yang dapat digunakan secara gratis.  

1. Kids Place – Parental Control

Aplikasi Kids Place dibuat dan dikembangkan oleh developer Kiddoware. Di dalamnya terdapat beragam fitur lengkap yang dapat digunakan untuk mengontrol waktu penggunaan serta isi dari konten gadget anak. Bisa dibilang aplikasi Kids Place adalah asisten pribadi ayah dan ibu untuk menjaga anak dari dampak buruk gadget.

Adapun beberapa tindakan yang bisa dilakukan dari Kids Place meliputi memblokir panggilan telepon dan SMS, mencegah pembelian di Playstore, mendownload aplikasi baru, mengatur durasi penggunaan gadget, hingga memblokir situs web. Sudah saatnya Anda memiliki aplikasi ini di smartphone, terutama jika anak sudah melakukan beberapa tindakan yang tidak diizinkan.  

2. Google Family Link

Dengan Google Family Link, para orangtua jadi lebih mudah memandu dan mengatur anak saat berselancar di dunia internet, bermain, maupun belajar. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memantau aktivitas anak-anak ketika main gadget, seperti memblokir atau menyetujui aplikasi yang mereka download dari toko aplikasi online. Google Family Link juga memungkinkan para orangtua menyembunyikan aplikasi tertentu serta mengontrol pembelian di perangkat anak-anak. Fitur menarik lainnya dalam aplikasi ini adalah fitur pelacakan lokasi keberadaan anak, dengan demikian Anda dapat mengontrolnya meski tidak di tempat yang sama.

3. SecureTeen Parental Control

Ingin aplikasi yang bisa mengawasi gadget anak selama 24 jam? Anda bisa menggunakan aplikasi SecureTeen Parental Control. Melalui fitur-fitur yang tersedia, para orang tua bisa mengatur batas waktu harian penggunaan tablet dan ponsel anak. SecureTeen Parental Control juga punya fitur Remotely Track Location, sehingga Anda dapat mengetahui lokasi anak serta aktivitas yang mereka lakukan pada situs jejaring sosial media. Anda juga dapat mengetahui riwayat pencarian web di ponsel ataupun tablet dengan aplikasi ini.

4. Kaspersky SafeKids

Satu lagi aplikasi pantau gadget dari jauh yang memudahkan orang tua memblokir situs berbahaya, yakni Kaspersky SafeKids. Ini adalah aplikasi yang dapat digunakan secara gratis maupun berbayar dengan tambahan fitur lebih lengkap. Mulai dari mengelola penggunaan aplikasi, memantau keberadaan anak saat memakai ponselnya, serta mengatur batas waktu layar. Untuk tambahan fitur akun berbayar, Anda akan memperoleh notifikasi tentang apa yang mereka kerjakan dengan ponselnya secara realtime, serta akses untuk mengecek history penelusuran Youtube anak-anak. Sangat membantu, bukan?

Baca Juga :Aplikasi Virtual Meeting Seru dan Ramah untuk Anak

5. Qustodio Parental Control

Aplikasi Qustodio Parental Control juga dapat disebut sebagai asisten pribadi para orang tua dalam mengawasi anak. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menentukan batas waktu penggunaan game dan aplikasi lainnya yang mereka unduh. Selain tiu, Anda juga dapat melacak posisi dan keberadaan ponsel anak, memantau SMS, menyaring panggilan, dan lainnya dengan Qustodio Parental Control.  Total keseluruhan perangkat yang dapat dikontrol melalui aplikasi ini maksimal 15, dan itu bisa dilakukan dalam satu waktu.

6. MMGuardian Parental Control

Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang membantu Anda melihat tautan web yang diakses anak, memblokir aplikasi yang tidak dibutuhkan, memantau penggunaan aplikasi, serta melacak SMS dan panggilan. MMGuardian Parental Control juga dapat memberikan pemberitahuan yang berhubung dengan cyberbullying, sexting, pikiran untuk bunuh diri, dan lain sebagainya yang diakses anak Anda di internet.

7. FamilyTime

FamilyTime merupakan aplikasi untuk memantau gadget anak yang mudah digunakan para orang tua saat ingin mengatur batas layar, mengaktifkan pencarian aman, memantau SMS dan panggilan, serta memblokir aplikasi. Para orang tua juga dapat mengatur batas waktu pemakaian perangkat anak secara harian. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi FamilyTime di gadget sendiri.  

8. ESET Parental Control

Adalah aplikasi yang dapat melakukan pemantauan seperti pemblokiran aplikasi, pencari lokasi anak, pengatur penggunaan aplikasi berbasis waktu, serta menunjukkan riwayat penelusuran anak di situs web. Di aplikasi ESET Parental Control ini para orangtua juga dapat memblokir otomatis kategori yang tidak sesuai usia anak, seperti pornografi dan perjudian.

9. Kids Zone

Terakhir adalah aplikasi Kids Zone yang punya fitur sangat lengkap. Melalui aplikasi ini penggunaan gadget anak dapat dibatasi, seperti ketika mereka menjelajahi sosial media seperti Snapchat, Twitter, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya maka Anda bisa membatasinya.  Kids Zone juga punya fitur blokir pembelian aplikasi di toko aplikasi online, membatasi panggilan dan SMS, serta menerapkan batas waktu layar. Sangat bermanfaat dan membantu orang tua yang ingin membatasi anak-anaknya main gadget secara berlebihan.

Nah, itulah beberapa nama aplikasi pantau gadget anak dari jauh yang aman dan gratis untuk digunakan para orang tua. Ingatlah untuk selalu mengawasi dan mengontrol penggunaan gadget anak Anda supaya mereka tidak mendapat pengaruh yang buruk. Unduh aplikasi-aplikasi di atas melalui Google Playstore untuk Android dan App Store untuk pengguna iOS. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.