Breaking News

mengenal otp

Mengenal Lebih Jauh Tentang OTP dan Kegunaannya

Banyak orang sudah semakin familiar dengan kode OTP. Meskipun begitu, pengetahuan yang dimiliki oleh beberapa orang mengenai OTP masih sangat terbatas. Agar bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan kode OTP ini, Anda perlu mengenal lebih jauh tentang OTP.

OTP adalah salah satu fitur yang sangat bagus dan bermanfaat. Fitur ini dirancang untuk membantu menghindari penyalahgunaan aplikasi atau pencurian akun. Kode ini juga dibuat untuk melindungi transaksi yang dilakukan secara online oleh pemilik suatu akun.

Mengenal Lebih Jauh Tentang OTP

OTP merupakan singkatan untuk One Time Password. Biasanya, kata sandi sekali pakai ini harus dikirimkan terlebih dahulu ke nomor Anda melalui SMS atau aplikasi chatting seperti WhatsApp atau ada juga yang dikirimkan ke pengguna melalui email.

Setelah menerima kode tersebut, pengguna perlu memasukkannya ke aplikasi sehingga aplikasi tersebut bisa segera digunakan. Fitur OTP sudah digunakan di banyak aplikasi. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga pengguna aplikasi agar tidak terlibat masalah, seperti pencurian akun.

Kode OTP hadir dalam 4 hingga 6 digit nomor. Anda perlu mengenal lebih jauh tentang OTP karena kode ini bersifat sangat penting. Beberapa orang yang belum memahami dengan baik pentingnya kode ini telah menyerahkan kode tersebut ke orang lain sehingga mengalami kerugian.

Karakteristik One Time Password (OTP)

Hingga sekarang, OTP masih digunakan untuk mengamankan transaksi online dan berbagai keperluan lain. Agar bisa lebih berhati-hati saat menggunakan OTP, pahami terlebih dahulu beberapa karakteristik OTP berikut ini sehingga Anda bisa mengenal lebih jauh tentang OTP.

  1. Sekali pakai

OTP tidak sama seperti kode PIN atau password biasanya. Kode OTP adalah suatu kata sandi yang diciptakan oleh perusahaan atau operator dan kemudian dikirimkan kepada pemilik akun untuk digunakan dalam satu kali transaksi saja. OTP tidak bisa digunakan lagi di transaksi yang kedua.

  • Durasi pemakaian singkat

Masa pemakaian kode OTP relatif singkat. Biasanya, setiap operator atau perusahaan menetapkan durasi pemakaian yang berbeda untuk kode OTP yang dimilikinya. Itulah sebabnya pengguna harus segera memasukkan kode OTP tersebut sebelum durasi atau masa pemakaiannya habis.

  • Dikirimkan ke perangkat pribadi pengguna

Biasanya, suatu akun financial atau perbankan, seperti misalnya mobile banking, pengguna mendaftarkan nomor HP atau perangkat tertentu. Maka, kode OTP untuk pengguna tersebut hanya akan dikirimkan ke satu nomor HP atau ke satu perangkat yang sudah terdaftar.

  • Kode OTP bersifat rahasia

Saat mengenal lebih jauh tentang OTP, perlu dipahami bahwa kode ini mempunyai sifat rahasia. Gunanya adalah untuk melakukan registrasi atau untuk transaksi secara online di sebuah aplikasi digital. Kode ini wajib dijaga dan dirahasiakan dari orang lain.

Sekarang ini, ada banyak fraudster atau penipu yang menghubungi pemilik akun kemudian menyatakan berbagai janji palsu yang terdengar menarik. Syarat yang harus diikuti adalah pemilik akun memberikan nomor OTP yang telah dikirimkan.

Padahal faktanya, jika penipu berhasil mendapatkan kode OTP tersebut, maka berbagai data dan informasi yang ada dalam akun bisa diambil alih dan disalahgunakan.

Mengenal Lebih Jauh Tentang OTP dan Kegunaannya

Kode OTP sudah digunakan secara luas oleh berbagai perusahaan. Ada banyak sekali kegunaan yang ditawarkan oleh kode sekali pakai ini. Berikut ini beberapa kegunaan atau manfaat dari One Time Password atau kode OTP.

  1. Memudahkan transaksi mobile banking

Perusahaan yang paling sering menggunakan kode OTP memang merupakan perusahaan perbankan. Kode OTP biasanya digunakan di aplikasi keuangan, yaitu mobile banking. Biasanya, sebelum masuk ke aplikasi, pengguna harus mengetikkan kode OTP yang diperoleh dari pesan singkat.

Dengan kode OTP, perusahaan bisa memverifikasi keabsahan informasi yang sudah dikirimkan oleh pengguna dengan lebih mudah. Jika pengguna tidak memasukkan kode yang dikirimkan oleh perusahaan, biasanya transaksi tidak bisa dilanjutkan.

  • Mengatasi masalah lupa password

Untuk mengenal lebih jauh tentang OTP, pahami bahwa kode ini juga sangat bermanfaat saat pemilik akun lupa password media sosial maupun password marketplace yang dimilikinya. Selain itu, kode OTP juga akan dikirimkan jika pemilik akun memakai perangkat yang berbeda.

Operator akan mengirimkan OTP dengan tujuan melakukan verifikasi serta validasi akun yang digunakan. Cara ini bermanfaat untuk memastikan bahwa akun yang dimasukkan ke perangkat lain tidak dimanipulasi atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • Mengubah informasi pembayaran di toko online

Dengan mengenal lebih jauh tentang OTP, Anda akan mengetahui bahwa kode ini juga bisa digunakan untuk mengubah pengaturan di akun toko online Anda, seperti misalnya mengubah informasi mengenai pembayaran bank. Informasi rekening bank akan tersimpan di dompet digital toko online Anda.

Kalau Anda akan menarik dana yang tadinya tersimpan di saldo, penarikan bisa langsung dilakukan ke nomor rekening yang sudah terhubung. Jika Anda akan mengganti informasi tentang rekening bank tersebut, perusahaan marketplace akan mengirimkan kode OTP ke nomor yang terdaftar.

Pengiriman kode OTP ini adalah untuk memastikan bahwa orang yang mengubah nomor rekening tersebut adalah orang yang sama dengan yang memiliki akun. Sehingga pencurian dan penyalahgunaan akun pun bisa dicegah.

Lindungi Kode OTP dari Siapapun

Setelah mengenal lebih jauh tentang OTP, Anda jadi lebih paham bahwa kode ini mempunyai peranan yang sangat penting dan bersifat rahasia. Perusahaan manapun, bahkan perusahaan yang mengirim kode OTP, tidak akan meminta Anda untuk menyebutkan kode tersebut.

Sayangnya, ada pihak yang menggunakan kode OTP sebagai sarana penipuan dan merugikan pemilik akun. Agar Anda tidak terjebak ke dalam penipuan dengan menggunakan OTP, ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan.

  1. Ubah PIN dan password di aplikasi secara berkala

Kode OTP bukan satu-satunya cara yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi atau akun dan melakukan transaksi secara digital atau online. Biasanya, aplikasi akan meminta Anda untuk memasukkan PIN maupun password sebelum melakukan suatu transaksi online.

Ubah PIN atau password tersebut secara berkala. Hindari menggunakan Pin dengan angka standar, seperti tanggal lahir agar PIN dan password Anda tidak bisa ditebak oleh orang lain.

  • Aktifkan dua langkah verifikasi

Selain mengenal lebih jauh tentang OTP, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk melindungi akun agar tetap aman adalah dengan mengenal dua langkah verifikasi dan menggunakannya untuk mengamankan dan melindungi akun. Bagaimana cara kerjanya?

Jika dua langkah verifikasi telah diaktifkan, pengguna akan diminta untuk memasukkan kode tambahan setelah memasukkan kode OTP. Jadi seandainya Anda terlanjur memberikan kode OTP kepada orang lain, pengguna lain tidak akan bisa masuk ke akun Anda karena ada kode lain yang harus dimasukkan.

Mengenal lebih jauh tentang OTP sangat penting, demi keamanan akun yang Anda miliki. Lindungi kode OTP dari siapapun dan segera gunakan kode tersebut sebelum masa berlakunya habis.

Baca Juga : Apa Perbedaan Antara Otentikasi dan Otorisasi?

Leave a Reply

Your email address will not be published.