Breaking News

SEO vs SEM

Mengenal Perbedaan SEM dan SEO untuk Pilih Strategi Bisnis Terbaik

SEM dan SEO adalah strategi kunci dalam mengembangkan bisnis online. Apa perbedaan keduanya dan keuntungan masing-masing strategi? Simak ulasannya di sini.

Untuk mengembangkan bisnis secara online, ada dua cara yang paling efektif digunakan. Kedua cara tersebut adalah SEM dan SEO. Apa bedanya? Perbedaan utama SEM vs SEO adalah SEM itu berbayar, sedangkan SEO tidak berbayar. Secara garis besar, SEM berfokus mendatangkan traffic berbayar dan organik. Sementara, SEO fokus untuk mendatangkan traffic organik. Mari simak ulasan selengkapnya.

Perbedaan SEM dan SEO

SEM adalah Search Engine Marketing, sedangkan SEO adalah Search Engine Optimization. Jika diamati, perbedaan antara SEM dan SEO sangat tipis. SEM fokus menggunakan SEO dan strategi berbayar, seperti iklan pay-per-click (PPC), untuk mendatangkan traffic organik dan berbayar ke website Anda. Sementara, SEO fokus mengoptimasi website Anda, agar mendapat peringkat lebih tinggi di hasil pencarian, sehingga Anda mendapatkan traffic organik lebih banyak.

Berapa Lama Proses SEM dan SEO?

SEM dan SEO sangat berbeda dalam hal lamanya proses kerjanya.

SEM: instan, atau langsung setelah iklan Anda dipasang

SEO: sekitar tiga sampai enam bulan

Selain itu, ada faktor-faktor lainnya yang memengaruhi jangka waktunya, hingga terlihat hasil dari strategi Anda.

Misalnya, campaign SEM Anda tidak langsung memperlihatkan hasilnya. Namun, Anda perlu beberapa minggu mengiklankan untuk meningkatkan targeting untuk menaikkan conversion rate. Atau, mungkin campaign SEO Anda perlu waktu lebih lama karena adanya masalah backlink atau perbaikan dari SEO audit.

Kapan SEM dan SEO Perlu Digunakan?

Saat yang tepat untuk menggunakan SEM ketika:

  • Anda perlu mendapatkan traffic, leads atau sales segera.
  • Ingin memiliki peringkat atas di hasil pencarian yang sangat kompetitif, tanpa harus menunggu SEO.
  • Anda punya waktu, sumber daya dan bujet untuk mengelola iklan Anda setiap minggu atau mingguan.

Sementara, Anda bisa menggunakan SEO ketika:

  • Anda bisa menunggu sekitar tiga sampai enam bulan untuk mulai mendapatkan traffic, leads dan online sales.
  • Ingin menggunakan strategi digital marketing yang tidak bergantung pada iklan berbayar bulanan.
  • Anda punya waktu dan sumber daya untuk mengelola SEO secara proaktif.

Jadi, secara keseluruhan, memilih antara SEM dan SEO tergantung pada keinginan Anda dan seberapa cepat Anda ingin mendapatkannya. Sekarang kita pahami lebih dalam, tentang perbedaan SEM dan SEO.

Mengenal SEM

Berikut adalah ulasan tentang SEM:

Apa Itu SEM?

SEM merupakan istilah umum yang di dalam pengertiannya, juga mencakup SEO dan berbagai macam strategi iklan berbayar, di dalam mesin pencarian.

Secara singkat, ada lima strategi SEM yang paling populer, yaitu PPC, SEO lokal, display advertising atau iklan display, shopping atau iklan produk, dan remarketing.

Biasanya, kebanyakan perusahaan memilih strategi SEM yang ingin digunakan, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Perusahaan yang baru saja memiliki website, kemungkinan lebih fokus pada iklan pencarian branded dan PPC, agar brand mereka dikenal secara online. Sementara, perusahaan yang sudah punya website online selama 10 tahun, biasanya akan fokus pada konversi traffic ke conversion-rate-optimization (CRO).

Cara Kerja SEM

SEM beroperasi dengan sejumlah taktik, seperti:

Struktur akun – Struktur akun Anda, dari akun untuk campaign, ke akun ad group untuk iklan, membantu Anda mengelola strategi iklan untuk bisnis Anda, dan mengoptimasi biaya iklan Anda. Contohnya, iklan tentang sepatu wanita juga harus menggunakan campaign iklan yang sama.

Bids – Bid atau penawaran Anda menentukan sebanyak apa perusahaan akan membayar untuk satu klik di iklan Anda. Beberapa platform, seperti Google Ads, menawarkan pilihan bidding otomatis yang bisa membantu bisnis Anda mencapai unique goals atau target unik, dengan tetap menggunakan bujet yang sudah ditentukan.

Quality Score – Quality Score Anda merupakan pengukuran spesifik untuk Google Ads. Ini mnunjukkan kualitas dan relevansi iklan Anda. Quality Score yang tinggi bisa menurunkan cost-per-click (CPC) atau biaya per klik, jadi lebih rendah. Penempatan posisi iklan juga jadi lebih baik.

Ad assets – Ad assets atau aset iklan Anda bervariasi, mulai dari copy sampai gambar sampai video Anda. Saat Anda mengoptimasi ad assets, maka Anda meningkatkan peluang bisnis Anda untuk menampilkan iklan yang relevan, sehingga dapat menaikkan click-through-rate (CTR). CTR atau rasio klik tayang adalah rasio pengguna yang mengklik link, dengan jumlah total pengguna yang melihat laman website atau iklan Anda.

Keuntungan SEM

Salah satu keuntungan utama strategi berbayar dengan SEM yakni, hasilnya bisa terlihat langsung. Anda bisa sepenuhnya mengontrol campaign PPC: siapa yang melihat iklan Anda, berapa banyak Anda membayar iklan, waktu tayang iklan Anda dan masih banyak lagi.

Selain itu, SEM juga menampilkan iklan tertarget ke audiens yang besar. Anda bisa membuat pesan iklan yang unik untuk disampaikan ke sekelompok orang, dengan latar belakang berbeda. Satu lagi, SEM adalah strategi cost-effective. Berbeda dengan menggunakan jasa agensi iklan, di mana Anda membayar mahal. SEM lebih menguntungkan karena terjangkau, efisien, dan trackable atau bisa dilacak. Tidak seperti iklan tradisional di billboard dan TV.

Mengenal SEO

Berikut adalah ulasan tentang SEO:

Apa Itu SEO?

Sebenarnya intinya, SEO adalah cara untuk membuat website Anda nyaman dan mudah digunakan. Saat ini tercapai, maka Google dan mesin pencarian lainnya akan mengetahui bahwa website Anda bermanfaat untuk visitor. Lalu, Google akan mulai menaikkan posisi website Anda di atas website kompetitor, pada hasil pencarian.

Cara Kerja SEO

Untuk berjalannya proses SEO, banyak komponen penting yang menjadi pendukungnya. Biasanya, ada dua kategori untuk itu, yakni SEO on-page dan SEO off-page.

SEO on-page: Optimasi pada website Anda, seperti update tag, publish postingan blog atau meningkatkan kecepatan laman.

SEO off-page: Optimasi di luar website Anda, seperti membuat outreach, mengoptimasi profil media sosial, atau sharing konten.

Beberapa action item terpenting dalam SEO meliputi:

Optimasi judul halaman dan meta descriptions.

Riset kata kunci (keyword) dan analisis.

Optimasi website dan server.

Pembuatan dan optimasi konten.

Keuntungan SEO

Keuntungan utama SEO adalah membangun kepercayaan. SEO menunjukkan value perusahan Anda, kepada orang-orang yang mungkin belum mengenal brand Anda sebelumnya. Ini membuktikan bahwa Anda terpercaya dan siap memberikan solusi. Makanya, akan lebih mudah mengkonversi website visitor menjadi pelanggan yang senang membeli produk Anda.

Selain itu, SEO adalah strategi yang tidak memerlukan biaya sepeser pun. Anda tinggal membuat konten, melakukan outreach, mengoptimasi laman website dan mendapatkan traffic. Kemudian, SEO bekerja setiap saat, 24/7. Ini karena SEO mendatangkan traffic ke website Anda setiap hari dalam seminggu.

Demikian ulasan tentang perbedaan SEM vs SEO. Mengetahui perbedaan keduanya dapat membantu Anda, dalam memutuskan strategi yang tepat untuk bisnis online Anda. Strategi Anda akan lebih optimal melalui konsultasi bisnis dengan Maxsol. Temukan strategi digital terbaik dari kami, yang telah memiliki pengalaman sepuluh tahun, di bidang digital creative solution.

Leave a Reply

Your email address will not be published.