Breaking News

Pemadaman Microsoft Berdampak pada Bing, Copilot, DuckDuckGo, dan Pencarian Internet ChatGPT

Pemadaman besar-besaran Microsoft memengaruhi Bing.com, Copilot untuk web dan mobile, Copilot di Windows, pencarian internet ChatGPT, dan DuckDuckGo.

Pemadaman Microsoft dimulai sekitar pukul 3 AM EDT dan tampaknya terutama berdampak pada pengguna di Asia dan Eropa.

Menurut laporan pengguna dan pengujian kami, jika Anda mencoba membuka Bing.com, Anda akan melihat halaman kosong atau halaman dengan kode error HTTP 429. Namun, pencarian Bing masih berfungsi jika diakses langsung. Anehnya, pemadaman hanya mempengaruhi halaman beranda.

Untuk menggunakan Bing, kunjungi URL ini dan lakukan pencarian seperti biasa. Namun, Copilot sepenuhnya offline, baik Anda menggunakan situs web, aplikasi, atau Copilot di Windows.

Perlu juga dicatat bahwa pencarian internet ChatGPT dan DuckDuckGo mengalami masalah serupa karena mereka menggunakan API Bing. DuckDuckGo menolak untuk memuat halaman pencarian, menampilkan pesan error: “Terjadi kesalahan saat menampilkan hasil pencarian. Silakan coba lagi.”

Sementara Microsoft belum memberikan komentar mengenai pemadaman ini, OpenAI mengonfirmasi masalah dengan pencarian internet ChatGPT dalam pembaruan di halaman dukungannya.

Microsoft kemudian mengonfirmasi bahwa pengguna mungkin tidak dapat mengakses layanan Microsoft Copilot. “Kami sedang bekerja untuk mengisolasi penyebab masalah ini. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di pusat admin di bawah CP795190,” tulis perusahaan dalam sebuah posting di X. DuckDuckGo akhirnya kembali online, tetapi Bing.com dan Copilot masih mengalami masalah. Microsoft terus mengisolasi penyebab utama dan “mengalihkan permintaan ke komponen layanan alternatif untuk mempercepat pemulihan layanan.”

Telemetri Microsoft menunjukkan bahwa layanan terus pulih. “Kami secara aktif menyelidiki penyebab utama masalah ini dan akan mengambil tindakan mitigasi lebih lanjut jika diperlukan,” catat perusahaan. Bing dan Copilot mulai kembali online, tetapi aplikasi Android, iOS, dan Windows masih belum bisa dimuat.

Sumber: BleepingComputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *