Breaking News

MusicGen: Meta Meluncurkan Generator Musik AI Berbasis Open Source

Meta baru-baru ini merilis generator musik berbasis AI yang mereka sebut MusicGen. Berbeda dengan Google, Meta membuka sumber dari generator ini, memungkinkan lebih banyak inovasi dalam bidang ini. MusicGen dapat mengubah deskripsi teks menjadi sekitar 12 detik audio. Selain itu, alat ini juga dapat “dikendalikan” dengan audio referensi, seperti lagu yang sudah ada.

MusicGen dilatih pada 20.000 jam musik, mencakup 10.000 trek musik berlisensi “berkualitas tinggi” dan 390.000 trek instrumen saja dari ShutterStock dan Pond5, perpustakaan media stok besar. Meskipun Meta belum memberikan kode yang digunakan untuk melatih model, mereka telah menyediakan model pra-latih yang siap digunakan oleh siapa saja dengan perangkat keras yang tepat, terutama GPU dengan sekitar 16GB memori.

Walaupun belum cukup baik untuk menggantikan pekerjaan musisi manusia, lagu-lagu yang dihasilkan oleh MusicGen cukup melodis dan sebanding dengan hasil dari generator musik AI Google, MusicLM.

Meski musik generatif telah menunjukkan peningkatan (lihat Riffusion, Dance Diffusion dan Jukebox OpenAI), masih ada banyak tantangan etis dan hukum yang perlu diatasi. AI seperti MusicGen “belajar” dari musik yang ada untuk menciptakan efek serupa, hal ini menjadi permasalahan bagi beberapa seniman dan pengguna AI generatif.

Dalam beberapa waktu terakhir, lagu-lagu hasil AI generatif yang menghasilkan suara yang familiar telah menjadi viral. Label musik cepat merespons dengan menandainya kepada mitra streaming, mengutip kekhawatiran tentang hak kekayaan intelektual. Hal ini menciptakan keraguan apakah musik “deepfake” melanggar hak cipta seniman, label, dan pemegang hak lainnya.

Beberapa gugatan hukum yang berlangsung saat ini kemungkinan besar akan mempengaruhi dunia AI pembuat musik, termasuk hak-hak seniman yang karyanya digunakan untuk melatih sistem AI tanpa sepengetahuan mereka.

Meta, yang tidak memberlakukan batasan pada bagaimana MusicGen dapat digunakan, menegaskan bahwa semua musik yang digunakan untuk melatih MusicGen dilindungi oleh perjanjian hukum dengan pemegang hak, termasuk perjanjian dengan Shutterstock.

Link ke open source code bisa di lihat di sini GitHub – facebookresearch/audiocraft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *