Breaking News

crypto

Pengguna Bisa Lakukan Pembayaran Cryptocurrency Lewat Whatsapp

Fitur kripto Whatsapp merupakan salah satu peluncuran terbaru untuk melakukan transaksi pembayaran cryptocurrency. Bagi sejumlah kecil orang di Amerika Serikat sudah bisa melakukan pembayaran kripto melalui aplikasi Whatsapp.

Ini berkat perusahaan Whatsapp sudah melakukan integrasi dengan pihak Novi. Yang mana merupakan perusahaan dompet digital milik Facebook atau yang saat ini sudah berganti nama menjadi Meta Platform Inc.

Sistem kerja pada proses pembayaran uang di Whatsapp cukup mudah yakni seperti proses pengiriman lampiran biasa di dalam suatu chat/percakapan. Para user hanya perlu melakukan klik pada tombol (+) kemudian memilih pembayaran pada bagian menu yang muncul.

Pengguna akan dibayar memakai cara tersebut bisa memperoleh USDP. Nantinya dapat menariknya ke rekening bank menggunakan nilai setara dengan dolar AS. Menariknya sistem Novi tidak memberikan batasan kepada user untuk melakukan transaksi.

Yakni menerima dan mengirim uang kripto tanpa batas cukup lewat Whatsapp saja. Terlepas dari itu, biaya penggunaan juga masih gratis. Menarik bukan?

Contoh Sistem Pembayaran Kripto Baru Whatsapp

Fitur kripto Whatsapp memudahkan para pemuda melakukan transaksi pembayaran dengan lebih aman dan efisien. Perlu pengguna ketahui, bahwa fitur terbaru dari Whatsapp berupa pembayaran kripto masih berlaku di AS belum menyebar ke seluruh wilayah lain.

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa fungsi utama fitur kripto Whatsapp ialah untuk menerima dan mengirim uang memakai cryptocurrency. Pengguna bisa menikmati layanan koin digital mereka dengan aplikasi Whatsapp yang sudah terintegrasi dengan Novi.

Selain itu, Novi Meta menjelaskan bahwa fitur blockchain terbarunya juga bisa berguna seperti fitur lainnya. Yakni mengirim lampiran menggunakan chatbox saja di Whatsapp.

Aplikasi mandiri seperti Whatsapp telah terancang sebagai salah satu layanan untuk mentransfer uang dengan jangkauan internasional tanpa biaya. Pembayaran bisa pengguna lakukan lewat Pax Dollars atau USDP, yakni stablecoin yang dibuat pada tahun 2018.

Yang mana nilainya berpatok dengan dollar AS dan cadangannya mendapatkan dukungan penuh dari uang tunai. Pada bulan Oktober 2021 lalu pihak Facebook Inc memberikan percontohan kecil untuk Novi di wilayah Guatemala dan AS.

Tujuannya untuk menyatakan layanan tersebut bisa membantu memberikan jangkauan kepada lebih dari 1,7 miliar orang dewasa di seluruh dunia yang belum memiliki akses rekening bank.

Selain itu Novi juga bekerja untuk melakukan pertukaran crypto koin base dalam menyediakan fasilitas penyimpanan aman untuk pelanggan.

Tenang, penambahan Novi di dalam Whatsapp ini tidak berpengaruh terhadap enkripsi pesan pribadi secara menyeluruh.

Apakah Fitur Kripto Whatsapp Aman bagi Pengguna?

Terkait dengan proses keamanan dalam melakukan proses transaksi keuangan menggunakan layanan integrasi seperti Whatsapp dan Novi bisa mulai melakukan analisis dari percontohan yang mereka berikan.

Sebagian orang yang telah berpikir ulang dalam menggunakan fitur percontohan transaksi kripto pada Whatsapp menyatakan bahwa fungsi baru memiliki pemantauan akun 24/7 dan punya kontrol bawaan.

Pengguna bisa memanfaatkan kemampuan keamanan dalam mendeteksi serta menandai bentuk transaksi yang mencurigakan. Selain itu perusahaan juga bisa melakukan proses pengembalian dana secara penuh apabila mendapati proses transaksi yang tidak sah.

Menurut perusahaan Novi, mereka mengklaim bahwa keamanan pengguna akan terjamin dengan baik. Menurut mereka privasi konsumen adalah hal yang paling utama.

Novi mempunyai kontrol bawaan yang bisa melakukan pemantauan selama 24/7 untuk mendeteksi kecurigaan seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Kelebihannya lagi adalah pihak Novi melakukan enkripsi informasi keuangan secara sensitif milik pengguna.

Selain itu juga mengunggah dokumen seperti ID foto tanpa mengubah privasi pesan dan panggilan pribadi Whatsapp yang selalu terenkripsi secara end to end.

Melihat itikad baik dari layanan yang Novi berikan dalam kerjasamanya dengan Whatsapp tentu hal ini bisa sebagai sebuah kunci pertimbangan penting. Bahwa keamanan akan terjamin, apalagi Novi juga merupakan salah satu anakan dari perusahaan besar Meta Inc.

Bersiaplah, karena pastinya Meta akan melakukan ekspansi ke seluruh dunia. Dan bukan tidak mungkin jika proses integrasi ini merupakan salah satu langkahnya untuk mewujudkan Metaverse yang Meta Inc sedang garap saat ini.

Calibra Titik Awal Kemunculan Novi

Sebelumnya Facebook Inc mengembangkan layanan bernama Libra yang harapannya akan terintegrasi dengan dompet digital Calibra. Saat itu seluruh sistem telah terancang sebagai suatu proses penawaran kemampuan untuk kirim uang ke berbagai penjuru dunia tanpa biaya mahal.

Harapannya layanan tersebut bisa menjadi pilihan alternatif ketimbang melakukan transfer uang secara tradisional. Akan tetapi rencana tersebut ternyata berubah dan Libra berganti nama menjadi Diem.

Dan saat ini Calibra berganti nama menjadi Novi. Sisi positif dari kejadian tersebut ialah kini Novi bisa rilis tanpa mata uang kripto Diem. Namun sementara itu, Pax Dollars merupakan suatu besutan perusahaan Paxos.

Dalam hal ini Meta mengandalkan sistem pertukaran mata uang kripto berupa coinbase yang merupakan mitra dari kustodinya. Rencana transaksi mata uang kripto dari platform Whatsapp di AS menggunakan kerjasama dengan Novi.

Yang paling menarik dari layanan yang Novi berikan ialah kemudahan dalam bertransaksi. Pihak Novi masih belum memberikan target biaya dalam setiap transaksi menggunakan platform Whatsapp.

Baik untuk menerima atau mengirimkan uang. Tidak ada biaya administrasi dan masih belum jelas terkait seberapa sering batasan pengguna melakukan transaksi untuk setiap kalinya.

Saat ini layanan proyek antara Whatsapp dan Novi tersedia dengan bahasa Inggris maupun Spanyol.

Cara Menggunakan Fitur Kripto Whatsapp

Peluncuran fitur baru Whatsapp berupa pembayaran kripto di dalam platform membantu pengguna untuk mengirim dan menerima uang kripto secara langsung dengan efektif tanpa harus keluar aplikasi.

Suatu catatan bahwa fitur kripto Whatsapp ini masih berupa program percontohan. Tentunya belum bisa mengakomodir berbagai jenis mata uang kripto. Itulah kenapa fitur dari Whatsapp masih tersedia di wilayah Amerika Serikat saja.

Lantas apakah Anda ingin tahu, bagaimana sistem kerja atau cara menggunakan fitur kripto Whatsapp? Berikut adalah skema terkait cara mengirim uang kripto via Whatsapp.

  1. Menggunakan fitur payment dengan membuka ruang obrolan di dalam Whatsapp dan membuka kontak yang ingin Anda kirimi uang;
  2. Kemudian klik bagian ikon lampiran di dalam kolom chat dan pilih opsi payment;
  3. Masukkan nominal USDP yang hendak pengguna kirim kemudian klik next;
  4. Jika sudah maka akan muncul jendela konfirmasi terkait dengan detail pembayaran. Akan tampil nama penerima, nilai tukar 1 USDP ke dollar AS dan akun bank yang pengguna pakai dalam proses tersebut;
  5. Apabila informasi sudah benar, maka silakan untuk mengkonfirmasi dan melakukan klik send money. Jika pembayaran berhasil akan muncul ruang obrolan chat.

Terkait dengan keamanan, pengguna tidak perlu khawatir. Pasalnya perusahaan akan melakukan pemantauan dengan tepat dan siap menggantikan biaya secara penuh jika terjadi transaksi mencurigakan.

Nah, itulah beberapa informasi terkait dengan fitur kripto Whatsapp yang merupakan suatu gebrakan baru untuk pengguna. Tertarik menggunakannya? Semoga bisa segera tersebar untuk seluruh pengguna di dunia.

Terkait dengan informasi penting di bidang ekonomi bisnis dan teknologi digital terupdate, Anda bisa berlangganan dengan Diginews.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.