Breaking News

quality score

Apa Itu Quality Score dan Bagaimana Itu Mempengaruhi Google Ads

Quality Score Google Ads merupakan suatu pembahasan berkaitan dengan iklan pay per click (PPC). Skor kualitas ini memiliki pengaruh besar terhadap biaya efektifitas iklan di mesin pencarian berbayar Anda.

Sama dengan skor kredit yang bisa memberikan pengaruh apakah memenuhi syarat untuk memperoleh pinjaman atau tidak. Quality Score Google Ads juga demikian, yakni mempengaruhi kinerja iklan PPC.

Mengenal Apa Itu Quality Score Google Ads?

Skor kualitas Google Ads merupakan ukuran atau parameter dalam menentukan peringkat iklan situs website Anda di dalam search engine. Jadi, bukan berarti saat menggunakan iklan berbayar dari Google Ads bisa membuat iklan jadi nomor satu.

Bahkan di dalam layanan iklan berbayar pengguna juga harus bersaing dengan para pemasang lainnya untuk bisa berada di posisi atas. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pihak Google membuat Quality Score.

Secara sederhana iklan yang memperoleh Quality Score berada di atas 7 akan mendapatkan peluang lebih besar di posisi atas dan biaya iklan juga murah.

Alasan Quality Score Google Ads Penting

Ada beberapa alasan kenapa Quality Score itu penting bagi para pengiklan, berikut ulasannya.

1. Masuk di Pelelangan Google

Pihak Google akan melakukan pelelangan dalam membuat iklan mana yang paling relevan dan bisa muncul di pencarian. Salah satu faktor penentunya ialah Quality Score yang bagus. Semakin tinggi skor kualitasnya maka akan semakin baik pula relevansinya di dalam mesin pencarian.

Sehingga hal tersebut dapat memberikan potensi yang bagus untuk para pengiklan agar bisa muncul di mesin pencarian dengan baik.

2. Bisa Mendapatkan Harga CPC Murah

Quality Score Google Ads akan memberikan pengaruh untuk mendapatkan harga CPC murah. Karena semakin tinggi kualitas skornya maka akan semakin murah harga kampanye CPC.

Maksudnya Quality Score yang tinggi ialah relevansi iklan terhadap pencarian pelanggan juga tinggi.

3. Posisi Iklan yang Lebih Tinggi

Secara Umum iklan akan muncul di posisi atas apabila memiliki klik yang tinggi daripada kompetitor. Dengan begitu, berarti relevansi iklan Anda akan lebih tinggi terhadap pencarian pelanggan, sehingga bikin Google Mempertimbangkannya.

Faktor yang Mempengaruhi Quality Score Google Ads

Skor kualitas merupakan sesuatu yang harus pengguna jangkau saat memasang iklan di Google Ads. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa skor kualitas merupakan suatu parameter nilai untuk kualitas dan relevansi iklan bisnis Anda.

Kualitas yang buruk atau rendah dapat berpengaruh ke peringkat iklan bisnis Anda. Alhasil nanti akan berisiko pada kinerja bisnis yang menurun. Nah, oleh sebab itu pebisnis perlu tahu ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi Quality Score.

Nantinya faktor tersebut tidak boleh pengiklan lupakan untuk membuat iklannya bisa lebih maksimal. Apa saja faktor tersebut? Berikut ulasannya.

1. Expected Click Through Rate (CTR)

Nilai CTR tersaji dalam proporsi antara 0% sampai dengan 100%. Jadi semakin tinggi nilai CTR, maka akan semakin tinggi pula skor kualitasnya. Dalam hal ini tidak ada batasan secara khusus terkait dengan nilai CTR yang baik.

Akan tetapi idKeyword memakai CTR 3% sebagai ukuran standar yang paling minimal. Apabila CTR Anda tinggi, maka berarti iklan yang tampil tersebut menarik dan membuat orang mau mengkliknya.

Begitu juga sebaliknya, jika CTR rendah maka berarti iklan Anda kurang menarik. Hal tersebut cukup berpengaruh kepada posisi dan kemunculan iklannya.

2. Ad Relevance

Relevansi iklan akan memberikan gambaran terkait seberapa nyambungnya kata kunci dengan iklan. Maksud kata kunci yang nyambung misalnya membuat iklan tentang penjualan tas cewek, maka gunakan kata kunci yang berhubungan.

Misalnya yang mungkin adalah jual tas cewek murah, jual tas cewek berkualitas, tas samping wanita, dan sebagainya. Logikanya, orang yang akan mencari tas untuk perempuan akan mengetikkan kata kunci tersebut. Sehingga kemungkinan peluang mereka mengklik iklan Anda besar.

3. Landing Page Experience

Merupakan faktor ketiga yang memberikan pengaruh kepada Quality Score Google Ads. Yang mana mengacu ke seberapa baik menurut versi Google pengalaman seseorang yang tiba di halaman arahan Anda.

Menyediakan konten relevan saja masih tidak cukup untuk membuat pengunjung datang dan merasa nyaman di halaman situs website Anda. Jadi perlu menyediakan informasi yang lengkap, orisinil, serta mudah dinavigasikan.

Cara Meningkatkan Quality Score untuk Google Ads

Ada beberapa cara yang bisa orang lakukan untuk meningkatkan Quality Score di dalam Adwords. Sehingga situs website bisnis miliknya bisa bersaing dengan pengiklan lainnya.

1. Bikin Kampanye dan Grup Iklan dengan Lebih Rapi

Ada dua level grup iklan yaitu campaign dan level ad groups yang akan menjadi suatu hal untuk beriklan pada Google Ads. Yang mana masing-masing kampanye akan memiliki Ad Groups sendiri-sendiri.

Jadi silakan untuk membuatnya dengan lebih rapi dan tidak bercampur. Sehingga bisa memilah dengan tepat dan mudah. Contoh sederhananya, ingin melakukan kampanye iklan baju anak, maka gunakan kata kunci yang relevan.

Yakni kata kunci yang juga berkaitan dengan baju anak. Jangan mencampurkan kata kunci yang tidak relevan. Misalnya memasukkan pakaian dalam orang dewasa di dalamnya. Hal ini akan terlihat kurang menarik dan profesional.

2. Sisipkan Kata Kunci di Bagian Judul dan Deskripsi

Ketika beriklan dengan Google Ads, maka sebaiknya tidak memberikan teks secara berlebihan, baik pada judul maupun deskripsi. Oleh sebab itu, bikinlah kata-kata yang to the point dan sederhana. Akan tetapi pastikan kata kunci tetap masuk di dalamnya.

Contohnya baju anak, maka bisa dengan menggunakan jual baju anak berkualitas, harga terjangkau. Nah, baru di bagian deskripsinya bisa pengguna tambahkan dengan penjelasan yang menarik mengandung kata kunci tersebut.

3. Cek Relevansi Iklan, Kata Kunci, dan Halaman Arahan

Pengiklan juga perlu untuk melakukan cek terhadap relevansi kata kunci, halaman arahan, dan juga iklan. Hilangkan kata kunci yang tidak berhubungan dengan iklan maupun halaman arahan.

Pasalnya hal tersebut dapat merugikan dan malah mempengaruhi kepercayaan pelanggan. Selain itu juga pendeteksian oleh mesin pencari juga tidak bisa maksimal. Oleh karenanya peringkat iklan tidak akan naik.

4. Memuat Halaman yang Memiliki Kecepatan Bagus

Cobalah memposisikan diri sebagai target market yang hendak melakukan pencarian terhadap sesuatu. Pastinya akan tidak nyaman dan cenderung meninggalkan situs yang memiliki loading page lambat.

Oleh sebab itu, perlu membuat situs website memiliki kecepatan loading yang cepat. Sehingga hal ini akan mengurangi bouncing pada website. Dengan bounce rate rendah maka bisa berpengaruh ke peningkatan peringkat situs web.

5. Click Through Rate (CTR) Perlu Memiliki Tingkatan Tinggi

CTR merupakan jumlah rasio klik dan impresi. Apabila rasionya tinggi, otomatis akan berpengaruh ke Quality Score. Agar bisa tinggi, maka seseorang pengiklan perlu membuat kampanyenya menarik.

Sehingga orang bisa terpengaruh untuk melakukan klik pada iklan Anda. Namun sebenarnya bukan hanya sebatas banyak yang klik saja. Tapi juga proses setelahnya, yakni melakukan konversi. Karena jika hanya klik yang terjadi saja dan tidak ada konversi dapat menurunkan konversi CTR.

Nah, itulah beberapa informasi penting terkait dengan Quality Score Google Ads dan bagaimana bisa mempengaruhi kampanye bisnis. Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan berbagai informasi terkait bisnis update? Coba berlangganan dengan situs Diginews.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.