Breaking News

title tag

Pentingnya Title Tag untuk SEO, Bantu Tingkatkan Traffic Website

Title tag berperan untuk memberitahukan kepada para pengguna serta mesin pencarian untuk topik/halaman tertentu. Google telah menerbitkan berbagai hal sebagai panduan untuk (Search Engine Optimization) SEO pemula terkait tampilan tag judul.

Cara untuk meningkatkan peringkat website pada mesin pencarian adalah dengan menggunakan teknik SEO. Dalam aplikasinya ada banyak hal yang perlu pengguna lakukan untuk membuat SEO bisa maksimal.

Salah satunya adalah berkaitan dengan tag judul. Nah, seberapa pentingkah tag judul berperan untuk membantu meningkatkan performa website Anda? Pada informasi berikut ini akan kami bahas banyak hal yang berkaitan dengan tag judul.

Pengertian Title Tag

Title tag merupakan tag bentuk HTML yang berisikan judul. Yang mana judul tersebut nantinya akan muncul pada (Search Engine Result Page) SERP. Sederhananya tag judul adalah deskripsi tampilan pada suatu konten.

Pada saat melakukan searching pada mesin pencarian Google, Anda akan menemukan banyak hasil pencarian. Nah, tentunya hasil pencarian tersebut tidak akan langsung menampilkan halaman secara utuh.

Model tampilan yang muncul, berguna menjelaskan kepada para pencari terkait dengan keywordnya. Tampilan tersebut merupakan meta tag yang berperan untuk menjelaskan kepada pencari.

Di dalamnya ada tag judul yang akan muncul dan bisa pengguna klik untuk memunculkan halaman secara utuh. Tag judul ini ada pada bagian paling atas di setiap hasil pencarian.

Tag judul akan memberitahukan pencari terkait dengan isi yang ada di dalam situs tujuan. Dalam penulisannya tag judul menggunakan bentuk html untuk menuliskan.

Akan tetapi, bagi pengguna WordPress tidak perlu menggunakan HTML. Hal ini karena WordPress sudah menyediakan kolom untuk menuliskannya dengan mudah, yaitu pada kolom meta title atau SEO title.

Fungsi Meta Tag untuk Website

Google terus melakukan pembaruan terkait dengan algoritmanya dalam membuat konten bisa berperingkat atas. Setiap hari Google sebagai mesin pencarian terus melakukan pembaruan pada algoritmanya.

Salah satunya adalah terkait dengan meta tag untuk mendeskripsikan hasil pencarian. Yang mana di dalamnya terdapat tag judul dan meta deskripsi untuk membantu pengguna mengetahui isi halaman.

Sehingga mereka tidak harus membuka satu persatu untuk melihat halaman. Cukup dengan membaca pada bagian meta tag terkait dengan isinya. Serta menentukan mana yang cocok dan ingin pengguna buka.

Dalam hal ini tag judul yang berguna untuk menjelaskan isi konten kepada para pencari dengan singkat. Menggunakan tag judul yang tepat akan membantu Google mudah mengindeks website Anda.

Ketertarikan para pengguna yaitu dari mereka melihat meta tag hasil pencariannya. Jika menarik tentu bisa mengundang untuk melakukan klik dan membuka halaman tersebut. Hal ini bisa membantu meningkatkan traffic website Anda.

Apa Kata Google Tentang Tag Judul?

Dalam hal ini tentunya Anda akan bertanya terkait dengan peran pentingnya tag judul terhadap rangking hasil pencarian. Akan tetapi, sebenarnya dalam membaca algoritma Google ini cukup penuh dengan teka-teki.

Semakin kesini Google semakin pandai dalam melakukan analisa terhadap website mana yang berkualitas. Sehingga tidak lagi seperti dahulu yang hanya mengandalkan kata kunci saja rangking bisa naik.

Google menyatakan bahwa pihaknya tidak lagi menggunakan kata kunci pada algoritmanya untuk rangking pencarian. Google juga tidak menyarankan untuk menambahkan kata kunci pada title tag.

Akan tetapi panduan SEO Google juga tidak menghalangi untuk menambahkan kata kunci dalam tag judul. Salah satu pernyataan Google yang menyebutkan tag judul adalah pada bagian Google mengatakan tidak boleh melakukannya.

Sehingga pernyataan tersebut merupakan satu-satunya Google telah menyebutkan kata kunci. Yang perlu pemula garis bawahi adalah menggunakan tag judul untuk menjelaskan topik halamannya. Bukan sebagai tempat pembuangan kata kunci.

Daripada membuang kata kunci pada tag judul, lebih baik menggunakan tag judul untuk manfaat lain. Yakni menjelaskan apa isi dari halaman tersebut secara singkat dan jelas.

Baca Juga : 10 Teknik SEO untuk Mangkring di Halaman Pertama

Hal-Hal yang Perlu Anda Lakukan Agar Title Tag Berfungsi Maksimal

Sebagaimana tujuan dari pembuatan konten website adalah untuk mengangkat performanya agar lebih baik. Sehingga bisa mendapatkan peringkat atas pada hasil pencarian.

Meskipun sudah berada di peringkat atas, namun jika hasil pencarian yang pengguna lihat tidak sesuai juga sama saja. Mereka akan mengurungkan diri untuk melakukan klik pada halaman Anda.

Nah, itulah pentingnya title tag sebagai salah satu faktor untuk membantu meningkatkan performa website. Yakni dengan menarik perhatian pengguna mesin pencari untuk mengklik meta tag.

Begitu juga Anda sebagai pengguna mesin pencari, pasti juga akan melakukan hal yang sama. Yaitu dalam menentukan berbagai jenis halaman yang sesuai dengan apa yang hendak pengguna cari.

Untuk itu agar penggunaan tag judul pada konten Anda bisa maksimal, mari simak ulasan berikut. Berikut adalah hal-hal yang perlu orang lakukan untuk membuat tag judul berfungsi maksimal.

1. Tidak Membuang Keyword pada Tag Judul

Seperti pada informasi sebelumnya terkait pernyataan Google bahwa meta tag bukan tempat untuk membuang kata kunci. Sehingga pada tag judul ini jangan menjadikannya untuk menggunakan kata kunci secara berlebihan.

Misalnya jual sepatu olahraga, beli sepatu olahraga, sepatu olahraga terbaik. Cara ini adalah kesalahan yang cukup fatal menurut algoritma Google saat ini. Contoh tag judul tersebut cukup buruk untuk menerapkan teknik SEO.

Bahkan buruk juga untuk penafsiran pengguna mesin pencari jika menemukan meta tag tersebut. Umumnya dengan model seperti itu, Google tidak akan memberikan peringkat tinggi.

Bahkan kemungkinan bisa terkena pinalti apabila Anda melakukan hal tersebut secara berulang-ulang. Apalagi melakukannya pada hampir setiap halaman konten.

Walaupun halaman tersebut ada di halaman pertama mesin pencarian, namun akan kesulitan dalam menghasilkan CTR. CTR merupakan Click Through Rate atau jumlah klik yang pemilik web terima dari iklan. Tentunya dengan rumus tertentu untuk menentukan jumlah penghasilan CTR.

2. Memperhatikan Panjang Kata

Tidak ada batasan secara pasti terkait jumlah karakter untuk tag judul. Google hanya memberikan batasan dengan ukuran lebar 600 px. Akan tetapi jika menghitungnya secara rata-rata maka sekitar 50-60 karakter.

Jadi jika menggunakannya lebih dari itu, maka tag judul akan terpotong. Dan hal ini akan berpengaruh kepada para pengguna mesin pencarian. Tentunya mereka tidak akan membaca secara jelas gambaran isi halaman Anda.

3. Keyword Utama Pasang di Bagian Awal

Salah satu cara adalah dengan meletakkan keyword utama di bagian awal. Meskipun Google tidak menyarankan menaruh keyword pada meta tag. Akan tetapi hal ini tetap boleh pengguna lakukan dengan tujuan menjelaskan topik halaman.

Karena pada hakikatnya keyword utama sudah menjelaskan kira-kira isi dari halaman Anda. Begitu juga jika kata kuncinya relevan dengan yang orang cari. Hal tersebut juga menghindari untuk terpotongnya bagian tag judul jika terlalu panjang.

4. Hindari Menduplikasi Title Tag

Hal yang sangat penting dan perlu untuk tidak orang lakukan adalah menduplikasi tag judul. Jadi jangan sampai menggunakan tag judul yang sama dengan lainnya. Apabila ada lebih dari satu halaman dengan tag judul sama, pasti akan mendapatkan masalah.

Tentunya Google akan menganggap hal tersebut sebagai halaman duplikasi, sehingga tidak tampil pada mesin pencarian. Cara untuk melihat apakah halaman Anda terduplikasi atau tidak bisa dengan tools milik Google.

Gunakan Google Search Console untuk melihat hal tersebut. Ada banyak hal juga yang bisa orang manfaatkan dari tools Google Search Console.

Itulah beberapa informasi terkait dengan penggunaan title tag dalam suatu konten. Serta perannya dalam membantu mengaplikasikan SEO untuk meningkatkan traffic website.

Leave a Reply

Your email address will not be published.