Breaking News

pentingnya ux:ui design untuk bisnis

Pentingnya UX/UI Desain dalam Bisnis

Pengembangan aplikasi startup digital membutuhkan UI atau UX design. Anda perlu memahami pentingnya UX/UI desain karena UX/UI akan menentukan apakah produk Anda nantinya akan dipakai oleh target atau tidak. Pastikan UX/UI Anda impresif agar bisnis yang berjalan bisa semakin sukses.

Seiring dengan semakin majunya teknologi, semua orang ingin memperoleh pengalaman yang terbaik dari teknologi. Begitu juga saat para pengguna teknologi menggunakan aplikasi atau situs web, mereka menginginkan kecepatan dan efisiensi. Sehingga para pengguna bisa memperoleh pengalaman positif.

Mengenal UI Lebih Dalam

Sebelum mencari tahu pentingnya UX/UI desain, Anda perlu mengenal apa sebenarnya UI dan UX itu. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan UX/UI yang sangat dinikmati oleh para pengguna aplikasi. Pertama-tama, berikut ini penjelasan singkat mengenai UI.

UI merupakan singkatan untuk User Interface. User Interface atau UI merupakan suatu proses untuk meningkatkan tampilan dan interaktivitas dari aplikasi atau situs web. UI berfokus pada interaksi serta penampilannya demi membuat para pengguna merasa puas menggunakan aplikasi tertentu.

Setiap halaman, layar, tombol khusus, serta berbagai elemen visual lain yang terlihat ketika memakai suatu aplikasi adalah User Interface aplikasi tersebut. Pengguna biasanya menginginkan UI yang sederhana sehingga akan lebih mudah untuk digunakan.

Apa UX Itu dan Pentingnya UX/UI Desain

Agar bisa memahami pentingnya UX/UI desain, Anda juga perlu memahami pengertian dasar dari UX. UX atau User Experience merupakan suatu prosedur yang digunakan untuk meningkatkan pengalaman para pengguna aplikasi secara keseluruhan saat melakukan interaksi dengan aplikasi tersebut.

User Experience dirancang untuk membantu para pengguna aplikasi meraih tujuan mereka menggunakan aplikasi tersebut sehingga akan merasa puas dengan aplikasi yang mereka gunakan itu. UX bisa membuat para pengguna terus mengingat suatu aplikasi.

User Experience juga akan membentuk pola pikir pengguna aplikasi. Secara keseluruhan, UX berfokus pada wireframing aplikasi serta akan merestrukturisasi semua komponen serta elemen sehingga terbentuklah yang namanya user flow.

Pentingnya UX/UI Desain untuk Mengembangkan Bisnis

Meskipun kelihatannya sederhana, UX/UI mempunyai peranan yang sangat penting dan bisa mempengaruhi perkembangan bisnis Anda. Sebenarnya, UX/UI bisa dianggap sebagai salah satu bagian content marketing yang bertujuan untuk mencari pelanggan serta meraih banyak profit.

1. UX/UI untuk brand building

Brand building atau istilah lainnya adalah pengembangan reputasi merek merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam menarik perhatian para konsumen. Ketika pengguna atau konsumen merasa puas menggunakan suatu produk, mereka tidak akan ragu untuk menjadi pelanggan setia.

Dalam bisnis digital, pentingnya UX/UI desain berkaitan dengan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen bisa didapatkan dari pengalaman penggunaan UX/UI di suatu produk. Jika suatu aplikasi sangat mudah untuk digunakan, maka besar kemungkinan konsumen akan kembali lagi.

Dengan semakin bertambahnya jumlah pengguna aplikasi, maka logo, ikon, serta slogan khas perusahaan yang ada dalam aplikasi akan semakin dikenal luas. Hal ini bisa meningkatkan brand awareness sehingga berbagai produk Anda akan semakin terkenal.

2. Retensi pengguna dengan UX/UI

Kemampuan suatu bisnis dalam mempertahankan pengguna atau pelanggan yang pernah memakai produk atau bertransaksi dikenal sebagai retensi pengguna. Logisnya, bisnis tidak akan bisa berjalan jika jumlah pelanggan atau pengguna semakin menipis setiap tahunnya.

Masalahnya, mempertahankan para pelanggan lama justru lebih sulit dibandingkan dengan mencari para pelanggan baru. Pentingnya UX/UI desain dalam mengembangkan bisnis berkaitan dengan kemampuan bisnis menyediakan pengalaman pengguna yang lebih konsisten.

Konsistensi UX/UI merupakan salah satu aspek penting untuk mempertahankan para pengguna lama. Ada banyak sekali situs web dan aplikasi yang semakin meredup karena tidak bisa menyediakan pengalaman pengguna yang konsisten dan memuaskan para pengguna lama.

3. Pentingnya UX/UI desain dalam menaikkan trafik

Fungsi utama dari aplikasi bukan hanya menjual produk atau menawarkan jasa pada para pengguna. Berbagai aplikasi dirancang untuk memperoleh pemasukan utama melalui berbagai iklan. Untuk meraih keuntungan, aplikasi menggunakan trafik dari berbagai pengguna.

Peranan UX/UI adalah untuk meningkatkan trafik pengguna. Besarnya trafik akan berkaitan erat dengan peningkatan retensi pengguna. Pastikan setiap user memperoleh pengalaman yang terbaik ketika menggunakan aplikasi yang Anda rancang. Peluang bisnis Anda dalam menarik para pengguna baru akan semakin meningkat.

4. UX/UI menghemat tenaga dan waktu

Pengembangan UX/UI memang membutuhkan waktu. Tapi hasil yang sangat bagus bisa menjadi suatu investasi untuk jangka panjang, terutama bagi para pemilik bisnis dan pengembang UX/UI. Tampilan UX/UI yang bersih, nyaman dipakai, dan bebas bug membutuhkan minim pembaruan.

Berkurangnya pembaruan terhadap aplikasi berarti Anda bisa menghemat tenaga dan biaya. Tapi untuk mewujudkan desain UX/UI yang bagus, Anda perlu mempertimbangkan berbagai faktor eksternal tertentu yang bisa mempengaruhi pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Beberapa faktor eksternal yang sebaiknya Anda pertimbangkan antara lain hosting atau server yang digunakan. UX/UI sebagus apapun akan percuma kalau aplikasi seringkali mengalami error maupun server issue ketika akan diakses oleh para pengguna.

5. Pentingnya UX/UI desain dalam meningkatkan konversi pengguna

Conversion rate atau tingkat konversi pengguna merupakan jumlah pengunjung situs web atau pengguna aplikasi yang beralih menjadi pengguna yang berlangganan atau melakukan transaksi. Optimasi UX/UI adalah prioritas utama untuk mendapatkan trafik di aplikasi gratis.

Misalnya saja Anda mempunyai bisnis travel dan ingin menciptakan suatu aplikasi mobile sehingga pengguna bisa membeli tiket secara online. Pentingnya UX/UI desain adalah membuat aplikasi Anda lebih unggul dibandingkan dengan berbagai aplikasi lainnya yang mempunyai kesamaan fungsi.

Berbagai Komponen Penting dalam UX/UI

Ada beberapa komponen dalam UX/UI yang mempunyai peran penting untuk membuat situs web atau aplikasi Anda semakin menarik minat para pengguna. Berikut ini pentingnya UX/UI desain dan berbagai komponennya.

1. Desain interaksi

Komponen ini berhubungan dengan proses pembuatan desain konseptual dengan tujuan membuat pengguna berinteraksi dengan website atau aplikasi dengan mudah. Interaksi yang dimaksud bisa mencakup beberapa elemen penting seperti ikon, font, warna, suara, gambar, grafis, dan sebagainya.

2. Information architecture

Komponen yang satu ini disingkat menjadi IA. Information architecture berkaitan dengan strategi bisnis yang bisa membuat para pengguna merasa puas. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, IA harus dirancang sebaik mungkin sehingga mampu menyediakan navigasi yang lebih mudah untuk para pengguna.

3. Usability

Nama lain komponen ini adalah kemudahan pengguna saat menggunakan suatu aplikasi. Kalau aplikasi Anda mudah untuk digunakan, artinya usability aplikasi tersebut sudah bagus dalam mengatasi berbagai kerumitan atau kesulitan.

4. Wireframing

Pembuatan sampel dari suatu aplikasi dengan tujuan untuk menguji tampilan, usability, serta fitur aplikasi sebelum akhirnya dirilis untuk publik disebut sebagai wireframing. Komponen ini bertujuan untuk melakukan pengujian serta evaluasi aplikasi dengan lebih mudah.

Setelah mengetahui pentingnya UX/UI desain untuk perkembangan dan kemajuan bisnis, Anda seharusnya tergerak untuk mengoptimalkan desain UX/UI sebelum merilis suatu aplikasi atau situs web ke publik. Jika Anda memerlukan diskusi terkait UX/UI desain silahkan kunjungi Maxsol, nantinya Anda akan dibantu menggambarkan produk atau aplikasi design sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Baca Juga :Aplikasi Figma untuk Desain, Ini Keunggulannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.