Breaking News

youtube short

Promosi Bisnis Via Youtube Shorts, Memang Bisa?

Bisnis dan teknologi kini semakin sulit dipisahkan. Salah satu produk teknologi yang akan kita soroti kali ini adalah media sosial. Tak hanya berfungsi sebagai platform komunikasi, media sosial mulai masif dimanfaatkan sebagai media berbisnis yang terjangkau dan efektif, khususnya dalam hal promosi.

Di jaman serba medsos ini, walau tidak menggunakannya, Anda pasti pernah mendengar istilah TikTok bukan? Aplikasi tersebut kini tengah populer di berbagai macam kalangan, dari yang muda hingga tua, dari kalangan biasa hingga para petinggi banyak menggunakan TikTok sebagai media berinteraksi.

Hampir serupa dengan TikTok, Youtube mulai menjajaki fitur video pendek. Youtube Shorts dihadirkan sebagai fitur baru platform Youtube untuk menambah daya tarik para pengguna. Secara umum, fitur ini banyak digunakan sebagai media hiburan. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Lebih banyak di rumah, para pengguna internet juga menjadi lebih sering mengakses internet.

Aplikasi berbasis video kini memang tengah digandrungi, Youtube dan TikTok berada dalam jajaran aplikasi populer yang banyak diakses para peselancar internet. Informasi yang ditampilkan biasanya berupa informasi audio visual dilengkapi dengan tulisan dalam video, juga caption sebagai pelengkap. Maka tak heran jika para pebisnis memanfaatkan popularitas aplikasi tersebut untuk mendongkrak perkembangan bisnis mereka.

Alih-alih membuat video dengan durasi panjang dan penjelasan yang terlalu luas, para pebisnis kini lebih senang membuat video singkat dengan informasi padat untuk menarik para pelanggannya. Cara ini memang lebih efektif. Menanggapi hal ini, Youtube yang sedari awal memang menjadi platform berbagi video memunculkan Youtube Shorts sebagai fitur video pendek yang lebih praktis. Mau tahu lebih lanjut?

Berikut ini beberapa fitur Youtube Shorts yang bisa dimanfaatkan untuk membuat video promosi bisnis :

Perekam Video

Layaknya platform berbagi video di kelasnya, Youtube Shorts juga hadir dengan fitur perekam video. Fitur ini serupa dengan fitur-fitur perekam video pada aplikasi-aplikasi sejenis yang lain. Tentu saja karena aktivitas merekam video tengah naik daun saat ini.

Tambahan Musik

Tidak hanya menyajikan fitur perekam video tanpa fasilitas lainnya, Youtube Shorts juga menambahkan fitur musik yang dapat dipilih sesuai selera pengguna. Untuk mendapatkan hasil rekaman video disertai musik, para user tinggal memanfaatkan Youtube Shorts saja.

Kontrol Kecepatan Video

Fitur basic yang umum disertakan dalam aplikasi editing video juga dihadirkan dalam Youtube Shorts. Bagi para konten kreator, pengaturan kecepatan video sangat diperlukan, baik itu mempercepat atau memperlambat. Melalui fitur kontrol kecepatan video, Anda bisa mengaturnya sesuai preferensi yang diinginkan. Jika ingin menampilkan yang berdurasi lebih panjang dari batas waktu Youtube Shorts, Anda bisa sedikit mempercepat video agar cukup untuk diposting. Jika ingin menampilkan video yang lebih kreatif dan dramatis, opsi memperlambat video bisa digunakan.

Kamera Multi Segmen

Senang menggabungkan beberapa video dalam satu klip utuh? Jangan khawatir, Youtube Shorts juga menyertakan fitur keren ini di dalamnya sehingga memungkinkan bagi Anda untuk menyatukan kumpulan video untuk tampilan Shorts Anda.

Pengaturan Waktu

Melalui Youtube Shorts Anda bisa merekam video sendiri tanpa khawatir karena fitur pengatur waktu atau timer sudah tersedia di dalamnya. Proses recording pun menjadi lebih mudah karena proses jeda beberapa detik. Tidak hanya timer, Anda juga diberikan 2 pilihan durasi yakni 15 detik dan 60 detik untuk setiap video yang ingin diposting.

Fitur-fitur tersebut dikemas simple agar memberikan pengalaman penggunaan yang lebih efektif, terutama bagi para pebisnis yang memiliki banyak kesibukan. Hasil videonya pun sesuai dengan para audiens yang cenderung menyukai informasi dalam balutan video pendek.

Mengulas lebih lanjut tentang pemanfaatan Youtube Shorts di bidang bisnis, berikut ini dampak fitur tersebut dalam lingkup marketing.

Menjadi Ruang untuk Memperkenalkan Brand

Sebagai upaya brand awareness, Anda bisa memanfaatkan Youtube Shorts dengan memposting sebuah video pendek yang menarik. Pastikan isi video mampu mengundang rasa antusias para audiens. Sebelum membuat konten, Anda juga perlu menentukan sasaran video tersebut. Salah satu konsep video yang menarik di antaranya dengan memasukkan cuplikan konten Anda ke dalam Youtube Shorts untuk membuat para audiens merasa penasaran dan mencari tahu lebih lanjut tentang konten tersebut.

Membantu Anda Menciptakan Konten yang Lebih Kreatif

Fitur basic editing pada Youtube Shorts akan membantu Anda membuat video pendek yang lebih kreatif dan menarik. Menambahkan musik, menggabungkan beberapa klip video menjadi satu kesatuan, mengatur kecepatan, menambahkan filter dapat menjadi opsi-opsi editing video. Melalui Youtube Shorts, Anda juga bisa mengunggah tayangan yang bersifat kasual untuk menjangkau lebih banyak audiens.

Baca Juga : Ingin Tahu Cara Jadi Youtuber Pemula Modal HP? Ini Panduannya!

Mengundang Influencer Brand

Melibatkan influencer dalam proyek promosi bisnis via Youtube Shorts dapat menjadi langkah bisnis yang baik. Karena, mungkin saja para influencer atau konten kreator ini memiliki ide yang tidak terpikirkan oleh Anda. Dalam hal memanfaatkan fitur-fitur aplikasi video pun mereka sudah sangat terbiasa. Jadi, Anda bisa menyesuaikan promosi dengan melakukan kerja sama atau “collab”.

Umumnya, para influencer ini sudah memiliki pengikut atau subscriber yang melimpah sehingga dapat memengaruhi perkembangan brand yang ia promosikan. Jadi, sebelum memilih influencer promotor brand Anda, pilihlah berdasarkan sasaran audiens yang Anda inginkan.

Meningkatkan Interaksi Brand dan Audiens

Dikemas dalam video berdurasi singkat yang tidak terlalu formal, audiens cenderung menyukai konten dengan kriteria tersebut. Selain itu, dengan memanfaatkan Youtube Shorts, Anda bisa menyaksikan lebih banyak interaksi melalui like dan kolom komentar. Sebagai pemilik brand, Anda bahkan bisa ikut terlibat secara langsung dalam interaksi tersebut.

Dengan demikian, hubungan antara brand dan audiens dapat terjalin dengan lebih baik. Popularitas brand Anda pun bisa mengalami peningkatan.

Untuk menggunakannya secara mandiri Anda dapat mengikuti cara membuat Youtube Shorts berikut ini :

  1. Buka aplikasi Youtube pada ponsel Anda
  2. Klik fitur Shorts di barisan bawah layar
  3. Kemudian Klik ikon kamera pada pojok kanan atas
  4. Klik tombol perekam dan Anda bisa memulai rekaman
  5. Membalik kamera klik ikon pojok kanan atas
  6. Memasukkan file dari galeri klik pojok kiri bawah
  7. Mengatur durasi, klik angka di atas tombol perekam pilih 15 atau 60 detik
  8. Menambahkan musik, klik ikon ‘tambahkan musik’ di bagian tengah atas
  9. Mengatur timer  dan kecepatan klik ikon di kolom kanan atas

Setelah menyelesaikan proses editing, Anda bisa segera memposting hasil video Anda. 

Saat ini, fitur Youtube Shorts baru bisa digunakan pada smartphone. Namun, itu saja sudah cukup mengingat tujuan pembuatan video untuk menghasilkan konten singkat yang menjangkau banyak audiens.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa fitur Youtube Shorts dapat menjadi sarana promosi bisnis yang cukup menjanjikan. Tinggal bagaimana Anda memanfaatkannya. Tentu saja harus dengan sentuhan kreatifitas yang sesuai dengan preferensi audiens sasarannya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.