Breaking News

ios 16

Review iOS 16: Fitur-fitur Terbaru dan Cara Update ke iOS 16

Apple merilis iOS 16 bersamaan dengan iPhone 14 pada bulan September tahun 2022 ini. Sebelum memperbarui sistem operasi iPhone Anda, cek dulu review iOS 16 di artikel ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya.Sebagai pengguna iPhone, tentunya Anda sudah tak sabar ingin beralih ke iOS 16 dan menjajal berbagai fitur baru yang ada di dalamnya. Namun sebelum itu, sebaiknya Anda tahu apa saja kelebihan dari sistem operasi terbaru iPhone di dalam artikel review iOS 16 ini. 

Sistem operasi iOS adalah generasi terbaru yang dirilis pada hari Selasa, 13 September 2022 kemarin. Sejak pertama kali muncul, iOS langsung menarik perhatian banyak pengguna iPhone di seluruh dunia. Bahkan di twitter, iOS 16 langsung menjadi trending topic. 

Banyak warganet di twitter yang membahas tentang fitur-fitur inovatif dan canggih yang ada di sistem operasi terbaru iPhone ini. Apple sendiri memang berkomitmen untuk menyempurnakan fitur di iOS 16 agar menjadi lebih personal, cerdas, dan membantu memudahkan komunikasi pengguna iPhone. 

Lantas, apa lagi keunggulan yang dihadirkan oleh Apple dalam sistem operasi iOS 16 kali ini? Simak ulasan lengkapnya di artikel review iOS 16 ini. 

Yang baru di iOS 16

Sistem operasi iPhone yang rilis bulan September ini membawa beberapa fitur baru. Pertama, dari layar kunci yang terlihat lebih baru dan Anda bisa mengaturnya lebih bebas daripada di versi sebelumnya. Misalnya, Anda dapat memilih font yang berbeda untuk jam dan juga menambahkan beberapa widget. 

Selain itu, Anda juga dapat memindahkan layar kunci dengan mudah, seperti yang biasa Anda lakukan di Apple Watch. Khusus untuk iPhone 14 po dan iPhone 14 Pro Max, layarnya bahkan akan selalu menyala sambil menampilkan layar kunci. 

Kemudian fitur notifikasinya juga mengalami peningkatan. Kali ini, Apple menambahkan mode fokus yang memungkinkan Anda untuk mengontrol mana notifikasi aplikasi yang ingin Anda lihat dan mana yang ingin Anda sembunyikan. 

Fitur messages juga mengalami perubahan. Di iOS 16, Anda dapat mengedit pesan yang telah dikirimkan dan juga membatalkannya. Di samping itu, Anda dapat menandai pesan menjadi “belum terbaca”. Tambahan lainnya, ada pada kemampuan sinkronisasi catatan, presentasi, serta yang lainnya melalui fitur messages. 

Di fitur mail, Anda dapat membatalkan pengiriman email, mengirim ulang, serta membuat jadwal pengiriman email. Selanjutnya di fitur maps, Anda dapat menambahkan tempat-tempat yang Anda lewati, dan memasukkan kartu transit di Wallet tanpa perlu meninggalkan aplikasi maps terlebih dulu. 

Beralih ke bagian keyboard yang mendapatkan perubahan khusus agar Anda lebih mudah mengetikan pesan atau teks. Selain itu, iOS 16 juga mempunyai fitur Live Text yang memungkinkan Anda untuk menerjemahkan audio dalam video ke dalam bentuk teks. 

Perubahan yang terakhir bisa Anda lihat dari ikon persentase baterai yang dapat menunjukkan persentase seperti dulu. 

4 Kelebihan iOS 16 yang mesti Anda coba

Seperti yang sudah Anda tahu, iOS adalah sistem operasi yang dirancang secara khusus oleh Apple agar dapat berjalan di iPhone, iPad, serta iMac. Menariknya, iOS seringkali berkompetisi dengan sistem operasi android untuk menghadirkan fitur yang inovatif. 

Jadi, tidak heran jika iOS 16 yang baru keluar ini memiliki beberapa pembaharuan yang menjadi kelebihannya untuk menyempurnakan sistem operasi versi sebelumnya. Berikut ini 4 kelebihan iOS 16 tersebut:

Dapat menyalin teks langsung dari dalam video

Keunggulan yang pertama dari iOS 16 adalah Anda dapat menyalin teks di dalam video secara langsung. Fitur ini merupakan upgrade dari fitur menyalin teks di foto yang ada pada iOS 15. Dengan hadirnya fitur ini, Anda tidak perlu repot-repot mengetikan teks yang ada di dalam video yang sedang ditonton. 

Dapat mengedit serta membatalkan pesan terkirim

Kelebihan yang kedua ada pada fitur iMessage yang dibuat menjadi lebih cerdas lagi. Di iOS 16 ini Anda dapat mengedit dan membatalkan pesan yang sudah terkirim di iMessage. Namun Anda hanya diberi waktu maksimal sampai 15 menit untuk mengedit pesan dan 2 menit untuk membatalkan pesan yang sudah terkirim. 

Saat Anda mengubah pesan yang sudah terkirim, iOS 16 ini akan menampilkan riwayat pengeditan yang pernah dilakukan selama waktu 15 menit tersebut. Selain itu, Anda hanya diberi kesempatan maksimal 5 kali untuk mengedit pesannya. 

Layar Kunci yang baru

Kelebihan iOS 16 yang ketiga bisa Anda temukan dalam layar kunci atau lock screen-nya. Fitur ini mendapatkan beberapa penyesuaian. Diantaranya seperti memungkinkan pengguna untuk melakukan pengeditan bentuk dan warna font hingga menempatkan berbagai widget di lock screen. 

Kunci sandi

Tidak bisa dipungkiri, kata sandi merupakan unsur yang sangat penting dalam sebuah smartphone. Dan Apple ikut memperhatikan unsur ini di iOS 16 dengan menerapkan kunci sandi yang lebih canggih dibanding iOS 15.

Face ID dan fingerprint di iPhone dengan iOS 16 akan lebih melindungi pengguna dari berbagai kejahatan digital yang dapat merugikan penggunanya. Apple menggunakan kunci sandi yang dienkripsi dan disambungkan ke seluruh perangkat Apple dengan fitur pengelola kunci yang ada di iCloud.

Cara untuk menginstall iOS 16 ke iPhone Anda

Dengan hadirnya iOS 16 kali ini, Apple memutuskan untuk memberhentikan dukungan update software pada perangkat iPhone yang “jadul”. Jadi tidak semua iPhone dapat di-update ke iOS 16. 

Melansir dari situs resmi Apple, daftar iPhone yang dapat menggunakan iOS versi 16 adalah sebagai berikut:

  • iPhone 14 (semua model) 
  • iPhone 13 (semua model) 
  • iPhone 12 (semua model) 
  • iPhone 11 (semua model) 
  • iPhone Xs / iPhone Xs Max 
  • iPhone Xr 
  • iPhone X 
  • iPhone 8 / iPhone 8 Plus 
  • iPhone SE (generasi kedua atau lebih baru)

Jika Anda menggunakan salah satu iPhone yang ada di atas, maka Anda dipastikan dapat menikmati berbagai fitur canggih di iOS 16. Lalu untuk menginstall sistem operasi terbaru ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, cek dulu apakah iPhone Anda masih mempunyai memori penyimpanan yang cukup untuk update iOS.
  2. Setelah itu, buat cadangan (backup) data-data yang ada di iPhone Anda ke iCloud. Apple sangat menyarankan pengguna iPhone untuk mencadangkan data-data pribadinya untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 
  3. Jika sudah, kosongkan iPhone Anda dan mulai melakukan update sistem operasi.
  4. Untuk melakukan update sistem operasi Anda harus masuk ke menu Pengaturan terlebih dulu.
  5. Di menu pengaturan, geser layar sampai ke bawah dan klik pada bagian “Umum”.
  6. Selanjutnya, pilih menu “Pembaruan Perangkat Lunak” yang ada di dalam bagian ini. 
  7. Di sini Anda akan menemukan beberapa pilihan, klik pada pilihan “Instal Sekarang” dan ikuti semua langkah yang muncul di layar. 
  8. Tunggu proses pemasangan selesai

Oh iya, jika iPhone Anda saat ini menggunakan versi iOS dibawah iOS 15, Anda harus memperbaruinya ke iOS 15 terlebih dulu kemudian dilanjutkan dengan pemasangan iOS 16. Untuk menghindari iPhone mati di tengah-tengah proses pemasangan, sebaiknya charge baterai sampai 100% sebelum melakukan pembaruan, ya!

Baca Juga: Spesifikasi dan Review Hp Murah Poco C40: Si Paling Sejutaan

Leave a Reply

Your email address will not be published.