Breaking News

Samsung Galaxy Z Fold4

Serunya Ponsel Samsung Galaxy Z Fold4 5G dengan Fitur Terbaru

Samsung Galaxy Z Fold4 5G termasuk ponsel pintar yang memiliki kemampuan multitasking dengan sangat baik. Ponsel lipat ini memiliki taksbar baru sehingga membuatnya lebih mudah dalam menjalankan apk secara berdampingan langsung. Menariknya adalah layar utamanya sebesar 7,6 inch sehingga lebih lapang karena bezelnya lebih tipis.

Detail Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Ada banyak peningkatan yang ditawarkan oleh ponsel lipat ini. Mulai dari kamera utamanya, software, kemampuan multitasking, dll. Di bawah ini adalah spesifikasi lengkap dari ponsel lipat ini, antara lain:

1. Desain

Salah satu hal menarik dari desainnya adalah tampilan depannya terlihat lebih luas dan lebar. Karena menggunakan rasio Z Fold4 yang lebih lebar dari generasi terdahulunya. Jadi dengan adanya tambahan aspek rasio layarnya menjadikan panel cover screen 6,2 inch ini lebih mudah dipakai dengan menggunakan 1 tangan saja.

Tentu saja ini merupakan perubahan yang sangat bagus karena lebih nyaman dipakai untuk mengecek notifikasi, serta menanggapi pesan yang ada. Hal menarik lainnya adalah dari segi ukurannya yang pas, karena tidak terlalu berat dan besar. Itu karena engselnya kali ini lebih ramping dari sebelumnya.

Beratnya sendiri hanya 263 gr saja. Bezel penutup serta layar utamanya dipangkas, jadi lebih lapang. Kamera yang terletak di bawah layar ponsel kurang terlihat, jadi penampilannya terlihat lebih bagus. Ukuran engselnya sebesar 6 mm jadi lebih ramping dan sempit. Itu memudahkan pengguna dalam menutup serta membuka engselnya.

Berdasarkan pengujian yang telah berlangsung, Samsung Galaxy Z Fold4 5G ini bisa dilipat sampai dengan 200 ribu x lipat atau setara dengan 100x lipat setiap hari hingga 5 tahun. Ketahanan yang luar biasa ini karena layarnya sudah dilengkapi dengan Ultra Thin Glass (UTG).

2. Layar

Kali ini Samsung menghadirkan layar ponsel dengan spesifikasi tinggi. Yaitu menggunakan layar utama berupa Dynamic AMOLED 2X Infinity Flex Display yang berukuran sebesar 7,6 inci. Layar tersebut mempunyai resolusi QXGA+ LTPO dengan rasio sebesar 21.6:18 dan refresh rate sampai dengan 120Hz.

Sedangkan untuk layar sekundernya saat berada dalam posisi lipat, maka cover screen memakai layar berteknologi Dynamic AMOLED 2X Display berukuran sebesar 6,2 inci. Untuk tingkat resolusinya sendiri adalah HD+, dan refresh rate adaptif bisa sampai 120Hz dengan rasio 23,1:9.

Ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold4 5G ini cocok sekali untuk Anda yang hobi main game dan nonton film. Karena memiliki grafis yang sangat bagus. Ukuran layarnya yang besar ini membuat Anda bisa menikmati permainan yang sedang dimainkan dengan tampilan yang sangat halus dan detail.

Sayangnya lipatan layar pada ponsel ini masih sangat terlihat. Meski terkadang itu tidak cukup mengganggu ketika digunakan untuk melihat film secara full screen. Hal menarik lainnya adalah layar penutupnya mengalami peningkatan karena memiliki refresh rate adaptif sampai dengan 120Hz. Selain itu tampilan layar kecilnya terlihat halus ketika diturunkan menjadi 48Hz.

3. Kamera

Kali ini Samsung Galaxy Z Fold4 5G cukup handal kameranya. Kamera utamanya sebesar 50 MP dan ada sensor 23% lebih bagus dan terang. Sehingga kualitas foto yang dihasilkan menjadi lebih baik dan sempurna. Selain itu, ada pula kamera ultra wide berukuran sebesar 12 MP dan ada juga lensa telefoto berukuran 10 MP dengan dukungan 3x optical zoom serta 30x space zoom. Sehingga hasil jepretannya semakin sempurna.

Menariknya lagi adalah ponsel ini juga didukung dengan fitur nightography yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan bidikan foto lebih baik meski dengan cahaya rendah sekalipun. Sementara di depan ponsel ada kamera selfie berukuran sebesar 10 Mp pada bagian cover screennya.

Sementara untuk layar utamanya ada kamera dalam layar (under display kamera) beresolusi sebesar 4 Mp. Satu hal paling menarik lainnya adalah Anda bisa mengambil gambar dengan cara handsfree sekaligus. 

Hanya dengan mengaktifkan fitur flex mode yang tersedia atau rear cam selfie, maka Anda bisa menggunakan foto selfie lewat kamera belakang. Jadi selfie ini bisa menggunakan cover screen untuk kamera preview (kaca) ketika ingin berfoto selfie. Menarik sekali, bukan?

4. Performa

Performa Samsung Galaxy Z Fold4 5G sangat gahar. Itu karena ponsel ini dilengkapi dengan chipset terbaru milik Snapdragon 8+ generasi 1. Selain itu juga memiliki RAM berukuran sebesar 12 GB. Jadi membuat performanya lebih baik.

Tidak hanya itu saja, ponsel lipat ini juga memiliki penyimpanan internal mulai dari 256 GB sampai dengan 512 GB. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kapasitasnya sampai dengan 1 TB.

Saat digunakan untuk bermain game online, ponsel lipat ini sangat bertenaga. Bahkan dalam pengaturan grafis paling tinggi yang dimainkan mulai dari 30 menit hingga 1 jam, ponsel ini tetap aman dan tidak ada masalah ketika digunakan untuk bermain game online seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan juga Call of Duty Mobile.

Berdasarkan pengujian menggunakan AnTuTU Benchmark apk, Samsung Galaxy Z Fold4 5G ini memiliki skor sebesar 985.823 poin. Sementara untuk pengujian benchmark yang dilakukan di Geekbench, ponsel ini mendapatkan skor sebesar 1.335 dalam tes single core serta mendapatkan poin sebesar 3.778 dalam multi core.

Berlanjut di bagian grafisnya, performa grafis ponsel ini saat dicek menggunakan 3DMark Wild Life Extreme apk mendapatkan skor rata-rata sebesar 2.207 poin. Dimana untuk kecepatan frame rate nya mencapai rata-rata sebesar 13,20 FPS.

5. Daya Baterai dan Pengisian Daya

Daya tahan baterai ponsel Samsung Galaxy Z Fold4 5G ini tidak mendapatkan peningkatan. Karena ukurannya masih 4.400 mAh. Jadi masih sama seperti pendahulunya, yaitu Galaxy Z Fold3. Kabarnya, menurut pengujian yang pernah dilakukan sebelumnya, ponsel ini bisa bertahan selama 9 jam 28 menit dalam mode standar 60 Hz. Jadi cukup aman.

Sedangkan bila digunakan dalam mode adaptif, maka ponsel ini hanya bisa bertahan hingga 8 jam 19 menit saja. Namun meski begitu, daya tahan baterainya masih cukup awet saat digunakan selama seharian penuh dalam kondisi normal. 

Misalnya saja seperti mengetik, browsing, mengirim serta membuka email, chatting di media sosial, dan melihat video Youtube. Jadi bisa dibilang bahwa ponsel ini cukup bagus bila digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Karena masih bisa bertahan selama itu untuk melakukan kegiatan normal sebagaimana mestinya.

Samsung Galaxy Z Fold4 5G merupakan salah satu ponsel yang masuk dalam 3 generasi ponsel lipat Samsung. Tampilannya sangat khas dengan Fold3 dan ada beberapa peningkatan pada bagian software, kamera, serta daya tahannya. Hanya saja harganya masih selangit, mulai dari Rp25 jutaan sampai dengan Rp31 jutaan untuk varian paling tinggi.

Baca Juga : 7 HP Terbaru 2022 dari Segala Merek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *