Breaking News

community marketing

10 Manfaat Community Marketing bagi Usaha Anda

Berbicara tentang manfaat community marketing, memang mempunyai banyak manfaat. Tetapi, hal tersebut juga sebanding dengan risikonya. Kesalahan dalam community marketing justru sering terjadi, yang mana penyebabnya berasal dari komunitas tidak mendukung, oknum onar, dan sebagainya.

Sebelum membahas lebih jauh lagi tentang community marketing dan manfaatnya, sebenarnya apa itu community marketing?

Community marketing atau komunitas pemasaran merupakan salah satu metode dalam pemasaran di mana antara perusahaan/brand berinteraksi dengan calon konsumen secara langsung dalam komunitas tertentu.

Dalam penerapannya, interaksi tersebut bisa perusahaan lakukan baik secara online maupun offline. Misalnya di grup media sosial, forum online, komunitas lokal, event, seminar, dan sebagainya.

Dari penjelasan di atas, tentunya Anda sudah mempunyai setidaknya sedikit gambaran tentang community marketing. Lantas, apa saja manfaat melakukan pemasaran menggunakan metode satu ini?

Manfaat Community Marketing

Komunikasi yang baik akan melahirkan kepercayaan dan kedekatan yang intensif. Sebaliknya, komunikasi yang buruk akan mendatangkan kerugian dan merusak nama. Begitulah kiranya gambaran dari metode pemasaran memakai teknik komunikatif ini.

Secara lebih rinci kalau komunikasi sukses, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat community marketing berikut ini.

1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Manfaat community marketing yang pertama yaitu mendapatkan kepercayaan konsumen. Apa artinya? Ketika konsumen membutuhkan produk, maka perusahaan/brand Anda menjadi rujukan pertama. Sebab konsumen tersebut sudah percaya.

2. Mendapat Konsumen yang Loyal

Nyatanya, mayoritas konsumen tidak hanya menginginkan produk (barang maupun jasa) yang Anda tawarkan. Tetapi konsumen juga ingin konsultasi, berkomunikasi, dan mendapat rekomendasi terbaik. Community marketing yang sukses akan meningkatkan kesetiaan atau loyalitas konsumen.

3. Sebagai Brand Awareness

Sederhananya, brand awareness membawa dampak baik, yaitu promosi secara lisan dengan gratis. Sistemnya, ketika orang-orang membicarakan brand Anda, orang berikutnya juga ikut membicarakan. Ini mirip seperti rantai yang tidak terputus.

Hasilnya apa? Perusahaan atau brand Anda semakin dikenal luas tanpa harus melakukan promosi yang mahal dan membosankan.

Sistem membicarakan brand ini sama seperti pedang bermata dua; ketika yang dibicarakan adalah kebaikan dan keunggulan (positif) brand Anda, akan menghasilkan dampak baik. Sebaliknya, ketika yang orang-orang bicarakan justru sesuatu yang salah, dampaknya akan berbeda.

4. Mengenal Kebutuhan Konsumen Lebih Dekat

Manfaat community marketing ini berasal di sisi konsumen. Perusahaan akan mengetahui apa yang konsumennya butuhkan. Sehingga dampak jangka panjangnya, perusahaan akan menyesuaikan produknya sesuai dengan kebutuhan itu.

Komunikasi secara langsung dapat menggali lebih dalam apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen. Tentunya hal tersebut mampu memberi efisiensi daripada menyebarkan angket atau melakukan riset.

5. Hubungan Jangka Panjang dengan Konsumen Setia

Community marketing mesti dibarengi dengan produk yang berkualitas dan memberi kepuasan pada konsumen. Hasilnya nanti terdapat hubungan jangka panjang yang bersifat mutualisme. Konsumen mendapatkan apa yang mereka inginkan, sedangkan bagi perusahaan produknya terjual.

6. Produk dan Jasa Mendapat Pasar Jelas

Dengan hubungan yang baik dengan konsumen loyal tersebut, nyatanya perusahaan sudah mempunyai pasarnya sendiri. Manfaat community marketing memberikan pasar yang jelas untuk usaha Anda. Dengan begitu, semakin mudah dalam memberi inovasi, promosi, maupun hal baru pada waktu mendatang.

Seorang pengusaha sebaiknya tidak hanya berpikir saat ini, tetapi juga memikirkan arah gerak perusahaan ke depannya. Dengan pasar yang sudah berada di genggaman, jalan menuju masa depan lebih baik laiknya sebuah jalan tol; lancar tanpa hambatan.

7. Menunjukkan Usaha Anda Menarik

Manfaat community marketing menunjukkan bahwa usaha Anda itu menarik, beda dari yang lain. Sekaligus menunjukkan bahwa usaha masih aktif dan berjalan. Berbeda halnya dengan usaha yang tidak menunjukkan memberi komunikasi kepada konsumen, terkesan kaku dan tertutup.

Mendapat kesan asyik dan menarik, tentunya menguntungkan dalam brand awareness. Perusahaan atau brand dalam usahanya mendapat kesan menyenangkan. Bukan tidak mungkin hal ini menjadi alasan konsumen memilih usaha Anda ketika mencari sesuatu.

8. Mendapat Strategi Pemasaran yang Tepat

Dengan adanya community marketing, Anda memperoleh masukan dan saran secara langsung dari konsumen. Menggunakan informasi tersebut untuk keperluan mengembangkan usaha akan sangat efektif. Anda dapat dengan lebih terarah menyusun strategi pemasaran paling tepat nantinya.

Sebagai contoh untuk pemasaran di media sosial. Tunjukkan kesan yang khas pada poster maupun gambar yang Anda unggah. Kesan khas itu akan menjadi ciri yang membedakan antara usaha Anda dengan usaha lainnya. Meskipun keduanya adalah usaha yang bergerak di bidang sama.

Lebih jauh lagi, menggunakan strategi yang tepat membuat usaha Anda mampu bersaing dengan kompetitor. Manfaat community marketing ini bersumber dari masukan hingga komplain konsumen. Jadi, semua hal dalam usaha tetap membutuhkan proses dalam menjalankannya.

9. Efektif dalam Mempengaruhi Konsumen

Komunikasi yang bersifat persuasif mampu mempengaruhi konsumen. Berhubung bisa secara langsung berkomunikasi dengan konsumen, Anda tidak hanya akan mempengaruhi secara halus. Tetapi juga menawarkan produk barang maupun jasa yang relevan dan mungkin konsumen Anda butuhkan.

Lihat, menggunakan cara ini penjualan sama-sama meningkat. Komunikasi secara langsung nyatanya membuat konsumen merasa dihargai, terlebih kalau usaha Anda sudah mempunyai nama. Konsumen yang merasa diabaikan, berpotensi membatalkan transaksi dan tidak datang lagi.

10. Mudah Mengenalkan Produk Baru

Memiliki komunitas penjualan membuat Anda lebih mudah dalam memperkenalkan produk baru. Termasuk memberi penjelasan yang tepat tentang kelebihan yang konsumen Anda butuhkan. Ya, dalam usaha tidak perlu mengatakan produk ini punya kelebihan itu. Tetapi mengatakan bahwa kelebihan ini Anda butuhkan.

Strategi Menerapkan Community Marketing agar Mencapai Goal

Agar implementasi dan manfaat community marketing bisa maksimal, berikut beberapa strategi yang bisa Anda terapkan.

1. Menjelaskan tujuan ke dalam komunitas penjualan dengan jelas, sebagai alternatifnya dapat menggunakan bahasa soft selling dan diselingi dengan candaan.

2. Memanfaatkan media sosial untuk memelihara sekaligus mengembangkan community marketing.

3. Mengamati dan menilai respons dari konsumen dalam community marketing, baik itu yang tergabung dalam media sosial maupun ketika mengadakan acara offline.

4. Menjaga hubungan dekat agar mendapatkan loyalitas serta kepercayaan dari konsumen atau pelanggan.

5. Melakukan evaluasi atas cara menerapkan community marketing. Pasalnya, antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, apalagi bergerak di bidang berbeda, cara penerapannya sangat mungkin bervariasi.

Sebagai catatan akhir artikel ini, komunitas yang hidup merupakan lahan hijau yang siap Anda tanami apa saja. Oleh sebab itulah, hidupilah komunitas dengan komunikasi yang menyenangkan. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan membuat candaan, humor, atau menyampaikan hal jenaka namun serius.

Demikian beberapa manfaat community marketing jika Anda berhasil menerapkan strateginya dengan tepat. Melihat manfaat di atas, tentu akan berpengaruh sangat besar pada perkembangan usaha Anda. Perlu Anda ingat, setiap pencapaian dalam usaha selalu membutuhkan proses. Semoga membantu!

Baca Juga : 10 Cara Bisnis Digital Marketing yang Harus Dikuasai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *