Breaking News

internet marketing

Tips Mempelajari Internet Marketing Secara Mudah untuk Pemula

Berkat perkembangan internet, kita bisa menikmati keuntungan di setiap aspek kehidupan. Teknologi memudahkan setiap aktivitas yang Anda lakukan. Efeknya yang paling jelas terlihat yakni kehadiran toko-toko online yang menggantikan pusat perbelanjaan fisik. Orang-orang pun beralih ke toko online. Konsumen juga sangat mengandalkan teknologi untuk berbelanja. Di sinilah pentingnya Anda memahami internet marketing.

internet marketing

Pemahaman internet marketing secara umum merupakan suatu ilmu tentang berjualan dengan menggunakan sistem online. Anda sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa menguasai ilmu internet marketing.

Maka dari itu, apabila Anda merupakan seorang pemula, maka Anda bisa menerapkan tips berikut dalam mempelajai internet marketing:

Melakukan Riset Produk

Riset produk sangat penting dalam internet marketing. Ini merupakan kunci utama dan Anda perlu tahu tentang keinginan pasar. Anda harus mengikuti tren dan menjual produk yang sedang dicari banyak orang. Jadi, bukan produk berdasarkan keinginan Anda yang akan laris manis, melainkan yang sedang tren saat ini. 

Cara termudah adalah dengan melihat produk best seller yang ada di marketplace besar. Atau, Anda juga bisa menggunakan bantuan Google Trends untuk mengetahui popularitas produk yang ingin dijual melalui kata kunci.

Mengetahui Kompetitor Anda

Riset yang tidak kalah penting adalah tentang persaingan dalam bidang bisnis Anda. Jika Anda sudah memiliki produk yang akan dijual, kini waktunya mencari tahu tentang kompetitor yang bersaing dengan Anda. Setidaknya, Anda jadi punya gambaran tentang lawan bisnis Anda, jadi Anda bisa melakukan langkah-langkah untuk menang atau paling tidak imbang dalam persaingan ini.

Melalui riset ini, Anda juga jadi lebih mudah melakukan analisa SWOT atau strength, weakness, opportunity, threat. Analisa ini memudahkan Anda untuk mengetahui tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman kompetitor. Di awal, Anda juga bisa mencoba menaikkan keuntungan dan omzet penjualan dengan cara menerapkan Leader Pricing, di mana harga produk Anda lebih rendah dari harga barang di pasaran.

Menciptakan Database Customer

Ini juga merupakan langkah yang sangat penting. Kegunaan memiliki database customer yakni untuk mengelompokkan customer yang potensial dan sekiranya cocok untuk menjadi target penjualan Anda. Jadi, saat Anda menawarkan barang, membuat konten atau mendistribusikan apapun melalui internet marketing, maka akan lebih tepat sasaran jika Anda menargetkan para customer tersebut.

Memilih Media yang Tepat

Pemilihan media marketing yang sesuai untuk bisnis Anda merupakan langkah penting terakhir untuk dilakukan. Pastikan Anda mengetahui media mana yang cocok untuk membantu proses internet marketing bisnis Anda. Adapun media yang paling populer yakni social media Facebook dan platform video streaming Youtube. Kedua platform tersebut memiliki pengguna aktif dalam jumlah yang sangat besar di seluruh dunia. Maka dari itu, memasang iklan di Facebook dan Youtube bisa menjadi langkah efektif untuk bisnis Anda, karena besar kemungkinan iklan Anda dapat menjangkau banyak audiens.

Selain itu, ada juga website marketing, content marketing dan Search Engine Optimization atau SEO marketing. Website penting dalam bisnis Anda karena bisa menunjukkan kredibilitas dan profesionalisme brand Anda melalui website

Sementara, content adalah elemen kunci dalam menjual produk Anda. Melalui content, Anda bisa melakukan soft-selling dengan menjual produk secara halus melalui tulisan artikel, audio, video atau presentasi dan bukan mengiklankan secara terang-terangan. Sebab, terkadang iklan malah membuat orang malas dan beralih.

Sedangkan, SEO merupakan cara untuk menaikkan peringkat website Anda di hasil pencarian Google. Melalui SEO, website Anda akan jadi lebih mudah dikenali orang. Semakin banyak juga audiens yang akan mengunjungi website Anda. Ini berpotensi menaikkan angka penjualan Anda juga.

Jadi, menerapkan strategi internet marketing yang tepat akan memudahkan Anda untuk mengembangkan bisnis. Jika Anda pemula dan ingin belajar lebih dalam tentang internet marketing, ada Maxsol yang siap membantu. Dengan pengalaman selama 10 tahun di dunia Digital Creative Solution, Maxsol siap menjawab semua pertanyaan Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *