Breaking News

TV Cerdas

TV Cerdas, Kenali Berbagai Perkembangan Teknologi TV Masa Kini

TV cerdas atau televisi pintar merupakan TV yang terkoneksi dengan jaringan internet. Sehingga dalam penggunaannya bisa untuk berbagai hal seperti melakukan streaming video, sosial media, dan sebagainya.

Saat ini banyak sekali masyarakat yang mulai beralih untuk menggunakan smart TV di rumahnya. Hal ini karena memang dunia internet sudah menjadi suatu keharusan bagi semua lini.

Termasuk dunia hiburan seperti TV. Apalagi mengingat bahwa TV biasa hanya menampilkan tayangan yang itu-itu saja dan tidak bisa pengguna atur. Memakai TV pintar pengguna bisa menonton sesuai dengan keinginan.

Kelebihan Menggunakan TV Cerdas

Tidak mengherankan jika kepopuleran smart TV di era sekarang ini membuat banyak masyarakat mulai beralih menggunakannya. Namun tentu semua hal baru pasti memberikan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah, apakah Anda tertarik untuk menggunakan layanan TV pintar di rumah Anda? Simak dahulu ulasan berikut ini terkait dengan kelebihan TV cerdas bagi para penggunanya.

1. Memiliki Banyak Sekali Hiburan

Salah satu hal yang menjadi kelebihan dari smart TV adalah karena banyaknya hiburan yang bisa pengguna tonton. Apalagi pengguna bisa lebih mengatur tontonan yang sesuai dengan keinginan.

Kalau menggunakan TV biasa pastinya hanya bisa untuk menonton itu-itu saja. Dan acara hiburannya hanya dari channel tertentu menyesuaikan dengan jadwal tayangan yang ada.

Karena smart TV terhubung dengan internet, sehingga penggunanya bisa menonton berbagai tayangan menarik. Bisa streaming film, nonton video, dan sebagainya melalui berbagai aplikasi.

Misalnya Netflix, Youtube, Disney+, dan sebagainya. Lebih menariknya lagi pengguna bisa mendengarkan musik secara online menggunakan smart TV.

2. Bisa Menampilkan Layar Smartphone

TV cerdas memang memberikan banyak sekali layanan menarik seperti bisa menampilkan layar smartphone pengguna. Sehingga sangat memudahkan sekali ketika membagikan berbagai aktivitas dengan lebih nyaman.

Misalnya membuka sosial media serasa nonton TV, karena tentunya beberapa orang akan bosan dengan layar ponsel yang kecil. Sistem kerja smart TV ini lebih mudah dipakai dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat masa kini.

Selama ada internet, pengguna bisa mengakses banyak hal dengan menggunakan remote. Hal ini tentunya memberikan tampilan baru untuk menatap layar ponsel dengan lebih luas dan nyaman.

3. Desain Lebih Elegan

TV model sekarang memiliki tampilan lebih elegan dan minimalis yang sangat menyesuaikan dengan ruang. Sehingga cocok untuk rumah minimalis. Tidak memakan banyak ruang namun tetap terkesan elegan dan berkualitas.

4. Dapat Melakukan Perintah Suara

Mungkin nantinya semua hal yang ada di dunia ini akan menggunakan layanan digital yang memudahkan. Saat ini TV sudah menjadi salah satu sarana cerdas untuk suatu perkembangan teknologi.

Pengguna bisa memakai fitur perintah suara dari TV cerdas untuk melakukan banyak hal. Sehingga tidak perlu repot untuk mengetik atau memegang remote. Hanya dengan mengucapkan smart TV akan mengikuti perintah Anda,

Misalnya mencari konten menarik, menyalakan TV, dan banyak lagi lainnya. Bahkan jika memang pengguna menghubungkannya dengan smarthome pasti bisa untuk hal lain lagi, seperti menyalakan lampu atau yang lainnya.

Kekurangan dari TV Cerdas

Selain kelebihannya ada juga kekurangan dari menggunakan TV pintar ini. Hal tersebut bisa menjadi suatu pertimbangan apakah Anda harus memakai smart TV atau tidak. Simak ulasan berikut ini.

1. Harga Lebih Mahal

Sudah bisa masyarakat pastikan bahwa harga TV pintar tentunya lebih mahal ketimbang TV biasa. Tentu karena banyak sekali fiturnya yang bermanfaat dan juga teknologi yang mumpuni di masa kini.

Sebenarnya bukan hanya saat melakukan pembelian saja, namun juga biaya operasional smart TV akan lebih mahal. Hal tersebut karena smart TV perlu menggunakan jaringan internet.

Tentunya pengguna harus berlangganan internet untuk bisa mengoperasikan TV pintar ini. Sehingga hal tersebut perlu menjadi pertimbangan ketika hendak menggunakan TV pintar.

2. Keamanan

Meski sudah mengedepankan teknologi, namun untuk keamanan TV cerdas masih kurang. Sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk Anda saat hendak memakainya.

Apalagi jika TV Anda terintegrasi langsung dengan smarthome yang bisa mengakibatkan informasi akan dicuri oleh oknum nakal. Sehingga perlu berhati-hati saat memutuskan menggunakan layanan smart TV di rumah Anda.

3. Menggunakan Jaringan Internet

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa untuk bisa memanfaatkan berbagai fitur smart TV dengan maksimal harus terkoneksi dengan internet. Sayangnya kelebihannya untuk mengakses berbagai hal dengan mudah juga menjadi kelemahannya.

Pengguna harus memiliki jaringan internet atau minimal harus berlangganan internet untuk mengaktifkan fitur-fiturnya. Apalagi jaringannya harus stabil, karena jika tidak bisa menyebabkan kualitas menurun.

Minusnya, pengguna harus mengeluarkan biaya lebih untuk membuat koneksi internetnya tetap stabil.

Cartoon happy family watching television together isolated flat vector illustration. Mother, father and kids relaxing on couch at home. Technology, lifestyle and entertainment concept

Perbedaan dari Smart TV dan Android TV

Tidak hanya smart TV saja yang hadir menemani perkembangan teknologi masa kini. Ada juga Android TV yang memiliki peran bagus di dunia pertelevisian era teknologi.

Kedua TV ini menarik minat masyarakat untuk memakainya. Namun seringkali masyarakat banyak yang menyebutnya sebagai suatu layanan yang sama. Padahal smart TV dan Android TV adalah berbeda.

Nah, berikut ini adalah penjelasan terkait dengan perbedaan antara smart TV dan Android TV. Simak ulasan berikut ini.

1. Smart TV

Smart TV merupakan suatu teknologi TV pintar yang dalam penggunaanya memerlukan jaringan internet. Pengguna bisa mengkoneksikan dengan jaringan wifi atau kabel internet.

Sehingga pengguna dapat menonton banyak tayangan hiburan. Misalnya seperti melakukan streaming berbagai aplikasi tontonan. Seperti Youtube, Netflix, Amazon Prime, Disney+ dan lainnya.

Selain itu pengguna juga bisa melakukan browsing dan menampilkan layar pada smartphonenya di TV pintar. Sistem operasi yang dijalankan pada smart TV merupakan operasi berbasis Linux.

2. Android TV

Sedangkan Android TV adalah televisi yang menggunakan teknologi cerdas masa kini. Perbedaan dengan TV pintar adalah pada aplikasinya. Android TV memiliki banyak sekali aplikasi yang bisa pengguna unduh.

Pasalnya ada layanan Google Play Store untuk melakukan pengunduhan berbagai aplikasi dengan lebih mudah dan praktis. Untuk operasional Android TV lebih terjangkau daripada smart TV.

Hal ini karena Android TV lebih open source. Menariknya Android TV sudah dibekali dengan RAM dan prosesor yang mumpuni. Sehingga membuat para pengguna bisa memanfaatkannya untuk banyak hal.

Para pengguna Android TV bisa memutakhirkan sistem operasi ke versi yang terbaru. Hal ini berguna untuk meningkatkan kinerja sistem dan membantu untuk bisa menerima berbagai fitur-fitur terbaru yang lebih mutakhir.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan TV yang sudah memiliki teknologi canggih? Baik smart TV maupun Android TV? Keduanya adalah sarana yang mendukung teknologi masa kini.

Tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri untuk digunakan. Oleh sebab itu pengguna perlu mempertimbangkan banyak hal dari kelebihan dan kekurangannya.

Demikian informasi terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan TV cerdas. Gunakan teknologi sesuai dengan kebutuhan. Nah, gali banyak sekali informasi berkaitan dengan tren terkini dari berbagai bidang di situs Diginews.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.