Breaking News

Non Fungible Token

Kenali Apa Itu Non Fungible Token?

Non Fungible Token atau bisa Anda sebut dengan NFT merupakan salah satu jenis aset digital yang lagi booming. Masyarakat banyak yang memperbincangkan NFT ini, terutama mereka para pebisnis papan atas.

NFT ini erat kaitannya dengan dunia kripto atau lebih tepatnya merupakan aset digital berbasis teknologi blockchain. Nilai dari Non Fungible Token ini dapat mencapai puluhan juta dolar AS.

NFT ini telah diperjual belikan memakai ether, yaitu koin buatan Ethereum. Nah, berikut ini kami akan menjelaskan secara lebih detail terkait dengan apa itu Non Fungible Token atau NFT? Dan seberapa pentingnya untuk masyarakat.

Mengenal Definisi dari Apa Itu Non Fungible Token (NFT)

Dalam memahami apa itu NFT hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memisahkan masing-masing katanya. Dengan begitu akan terlihat kata kunci yang bisa menjelaskan pengertian dari apa itu NFT.

Jika menilik dari namanya, NFT berasal dari kata fungibility dan token. Yang mana masing-masing memiliki arti berbeda. Fungibility merupakan suatu aset yang bisa Anda tukar dengan aset serupa atau yang memiliki nilai sama.

Misalnya seseorang bisa menukarkan uang kertas 50 ribuan dengan 5 lembar uang 10 ribuan. Yang mana ketika menukarnya nilainya tetap sama. Nah sementara itu, token adalah suatu aset digital untuk mewakili suatu barang, layanan, serta bentuk nilai.

Jadi, Non Fungible Token (NFT) merupakan aset digital yang mewakili suatu barang berharga dengan nilai yang tidak dapat diganti. Untuk setiap NFT mempunyai data catatan transaksi yang ada di dalam blockchain.

Yang mana data tersebut berisikan terkait siapa penciptanya, harganya, serta riwayat kepemilikannya. Sederhananya NFT merupakan aset digital dengan kepemilikan yang sah yang tersimpan dalam blockchain.

Apabila seseorang mempunyai karya seni, misalnya musik, lukisan, video, game, atau yang lainnya maka NFT bisa mewakilinya.

Yakni mewakili kepemilikan tersebut dan tentunya aset digital itu tidak ada wujudnya. Berbeda dengan aset properti, tanah, emas, dan lainnya yang tampak dan berwujud.

Perbedaan NFT dengan Aset Kripto

NFT hadir sebagai suatu perkembangan dari aset cryptocurrency. Akan tetapi NFT memiliki tujuan, bentuk, serta penggunaan yang tidak sama dengan kripto. Setiap NFT hanya bisa dibuat sekali dan tidak bisa ditukarkan dengan NFT lainnya.

Hal tersebut karena tidak sepadan nilainya dan data unik NFT bekerja semacam fungsi sidik jari untuk memudahkan sistem dalam melakukan verifikasi. Pemilik maupun pencipta juga bisa menyimpan informasi tertentu lainnya di dalam NFT.

Terkait dengan kepemilikan NFT merupakan hal yang mutlak dan memiliki hak penuh. Terkait dengan hak cipta untuk memperbanyak suatu karya tetap ada di tangan pembuatnya, namun pemiliknya hanya satu yang punya karya orisinilnya.

NFT juga tidak bisa pemilik bagi seperti halnya kripto menjadi suatu denominasi yang lebih kecil. Kepemilikan NFT utuh dan menyeluruh, tidak bisa terbagi.

Baca Juga : Crypto, Mata Uang Digital yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Kegunaan dari Non Fungible Token untuk Apa Saja?

Kemunculan NFT tentunya tidak lepas dari fungsi dan kegunaannya. Ada beberapa kegunaan NFT yang bisa pengguna ambil manfaatnya. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

1. Industri Karya Seni

Berdasarkan karakteristik dari NFT, bisa orang manfaatkan untuk mengevaluasi dunia seni digital. Pasalnya NFT menawarkan keamanan untuk menjamin suatu karya yang telah orang hasilkan secara online.

Yang mana konten bisa dengan bebas tersebar di dunia maya dengan mudah. Tentunya hal tersebut bisa membuat pencipta karya merugi. Nah, teknologi blockchain ini akan menawarkan jaminan atas kepemilikan karya.

Sehingga membantu para seniman yang sering mengeluhkan pencurian karya kreatif dan plagiarisme. Bahkan sistem smart contract pada NFT bisa membantu seniman menuliskan persentase royalti setiap karya berpindah tangan.

2. Ranah Bisnis

Selain itu NFT juga bisa untuk orang gunakan dalam ranah bisnis. Yaitu bisa menghubungkan antara aset fisik seperti kepemilikan properti atau yang lainnya. Akta kepemilikan fisik bisa orang simpan dalam blockchain dengan lebih aman.

Serta bisa melakukan verifikasi dengan cepat dan tidak perlu khawatir jika sertifikat berharga hilang. Pasalnya data kepemilikan sudah ada di dalam blockchain. Hal ini untuk bisnis lisensi, aset, properti, atau lainnya.

Bisa juga untuk industri tiket keanggotaan serta industri olahraga maupun fesyen. Contohnya terkait permasalah calo yang seringkali membeli tiket banyak dan kemudian menjual dengan harga tinggi.

Hal ini bisa orang atasi dengan memanfaatkan NFT. Selain itu NFT juga sudah dipakai di dunia fesyen. Nike salah satu pabrik perlengkapan olahraga besar membuat sistem untuk NFT.

Yaitu untuk setiap pembelian jenis sepatu khusus maka akan menghasilkan NFT dengan informasi yang unik. Terkait bahan, tempat pembuatan dan lain sebagainya.

3. Bidang Hobi dan Hiburan

Selain itu NFT juga berguna untuk bidang hobi dan hiburan. Seperti mengoleksi barang, game, dan lainnya. NFT membuka pasar barang koleksi yang saat ini memiliki potensi cukup besar.

Selain itu pasar gaming yang berbasis NFT juga menjadi salah satu sektor yang cukup menjanjikan di dunia kripto. Salah satu game yang cukup populer adalah Crypto Kitties dan Axie Infinity.

Daftar Koin Kripto NFT yang Memiliki Prospek Bagus

Selanjutnya perlu bagi Anda untuk mengenal apa saja contoh koin kripto NFT? Terutama yang memiliki peluang bagus untuk jangka panjang. Nah, berikut ini penjelasan terkait beberapa koin kripto yang berprospek bagus.

1. Theta

Merupakan kripto yang berdiri sejak tahun 2017 lalu dan pernah mendirikan perusahaan game berbasis mobile digital. Theta memiliki video streaming dengan dukungan jaringan pengguna yang tersebar secara sukarela.

2. Chiliz (CHZ)

Koin kripto NFT selanjutnya yang punya prospek bagus adalah Chiliz. Merupakan jaringan interaksi yang berbasis blockchain pertama di dunia. Yaitu Socios.com yang merupakan mata uang digital di dunia olahraga serta hiburan.

3. Tezos (XTZ)

NFT terbaik selanjutnya adalah Tezos yang merupakan platform berbasis blockchain untuk menghosting aplikasi. Serta berbagai aset yang terpusat secara lebih mudah.

4. Koin Enjin (ENJ)

Kemudian salah satu koin kripto yang memiliki keunikan tersendiri adalah Enjin Coin (ENJ). Merupakan suatu platform yang memiliki ekosistem holistik untuk mendukung pembuatan , distribusi, penyimpanan, perdagangan, dan lainnya.

Dalam prosesnya platform Enjin terintegrasi dengan aset digital tokenized. Utamanya berfokus pada kasus penggunaan game dan untuk perusahaan.

5. Axie Infinity (AXS)

Merupakan koin NFT kripto yang paling baik dengan berbasis game blockchain. Sebenarnya Axie Infinity merupakan suatu proyek kripto yang unik. Hal ini karena Axie memberikan pengalaman dan peluang untuk para peserta dalam menghasilkan pendapatan saat bermain game.

Cara Membeli NFT

Semua bisa membeli Non Fungible Token yang banyak terjual di marketplace. Pasar digital ini menawarkan NFT dengan berbagai bentuk. Untuk aset kripto yang biasa digunakan untuk membeli NFT tergantung dari platform yang pengguna pilih.

Contohnya CryptoPunks hanya menerima pembayaran dengan memakai dolar dan ETH. Selain itu ada juga NBA Top Shot yang memberikan kebebasan kepada pengguna untuk membayar dengan jenis aset kripto.

Hal pertama untuk membeli atau menjual NFT adalah harus memiliki aset kripto terlebih dahulu. Yang mana harus sesuai dengan marketplace tujuan pengguna. Nah, setelah memiliki kripto maka silakan mentransfernya ke dompet digital.

Beberapa yang menyediakan crypto wallet dan e-wallet itu seperti eToro, Kraken, Coinbase, dan Paypal. Layanan tersebut akan memungkinkan para penggunanya bisa membeli aset kripto menggunakan kartu kredit.

Demikianlah beberapa informasi terkait dengan Non Fungible Token (NFT). Dapatkan berbagai informasi lain seputar bisnis, teknologi, dan lainnya melalui situs Diginews.id secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.