Breaking News

channel youtube programmer

Yuk Belajar Programming dari 7 Channel Youtube Programmer

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membuka kesempatan banyak orang untuk berkarir di dunia teknologi, salah satunya dengan menjadi seorang programmer. Proses pembelajaran pun semakin mudah karena ada banyak channel Youtube Programmer Indonesia yang dapat diakses kapan saja. 

Berbagai channel Youtube programmer tersebut dikelola oleh orang kompeten dan berpengalaman di bidang programming. Cara belajar melalui video seperti ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang merasa kesulitan untuk belajar menggunakan buku, artikel, atau tulisan lainnya. 

Nah, buat Anda yang ingin belajar programming secara autodidak maupun memperdalam ilmu yang didapat dari sekolah, berikut 7 channel youtube programmer Indonesia di bawah ini bisa jadi alternatif pilihan Anda. 

Rekomendasi Channel Youtube Belajar Programming

WEB Programming UNPAS

Web Programming UNPAS merupakan kanal Youtube yang berdiri sejak tahun 2015 lalu dan dikelola oleh Sandhika Galih. Sebelum mendirikan channel ini, beliau sudah aktif mengajar sebagai dosen di Universitas Pasundan, Bandung. 

Channel programming yang satu ini banyak direkomendasikan kepada programmer pemula karena Sandhika Galih banyak membahas mengenai CSS, HTML, PHP, Web development, dan tips programmer secara lengkap dan detail. 

Web Programming UNPAS sampai saat ini telah mengumpulkan 684.000 subscriber dan ditonton sebanyak 64.939.546 kali. Bagi Anda yang menjadi mahasiswa Teknik Informasi, channel ini dapat membantu melengkapi pelajaran yang didapatkan dari dosen di kampus. 

Sementara itu, bagi para pemula, video dari Sandhika Galih sangat membantu dalam mempelajari back end, front end, desain web, pembuatan web, hingga full stak. 

Sekolah Koding

Sekolah Koding adalah channel programmer Indonesia yang berdiri sejak tahun 2014 lalu dan sering membahas tentang dunia programming dari level dasar sampai mahir. Seperti namanya, Sekolah Koding, fokus membagikan materi seputar pengoperasian kode perintah dalam bahasa Pemrograman. 

Selain itu, channel ini juga membahas tentang Database, JavaScript, PHP, Kotlin, Python, pengembangan Website, desain website, dan lain sebagainya. 

Kelas Terbuka

Terkadang keinginan menjadi seorang Programmer terhalang biaya kursus dan lain-lain yang cukup besar. Untungnya, saat ini ada channel Youtube Kelas Terbuka yang fokus memberikan ilmu Programming berbahasa Indonesia.

Channel yang berdiri sejak 18 Mei 2010 ini telah mendapatkan 321 ribu subscriber dan videonya ditonton sebanyak 19.133.337 kali. Kelas Terbuka termasuk salah satu channel programming. 

Di sini, Anda bisa belajar mengenai teknik pemrograman secara umum, teknik komputasi, pengolahan data, front end, Python, Java, C++, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, Kelas Terbuka juga mengadakan sesi “Mendadak Streaming” untuk menjawab pertanyaan seputar programming dari subscriber-nya. 

Channel yang sudah mendapatkan badge “verified” dari Youtube ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami saat membahas semua materinya, sehingga cocok dijadikan sumber pembelajaran oleh para pemula. 

Tech Tawar

Tech Tawar termasuk channel youtube programmer yang pembahasannya cukup luas. Mulai dari ilmu-ilmu seputar programming, photoshop, blogger, Bahasa Inggris, hingga microsoft office. 

Dalam dunia programming, Anda bisa menemukan pembahasan seputar bahasa Pemrograman seperti C#, HTML, C-Sharp, PHP, dan CSS. Selain itu, channel yang mempunyai 24,9 ribu subscriber ini sering membagikan video review berbagai macam produk. 

Jadi buat Anda yang ingin mengasah skill di dunia teknologi, channel Tech Tawar dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Kawan Koding

Channel yang berdiri sejak tahun 2016 ini memiliki banyak video tentang coding atau programming dalam bahasa Indonesia yang mudah dimengerti. 

Kebanyakan video yang diunggah membahas seputar Lavarel, jadi jika Anda sedang mendalami bahasa pemrograman yang satu ini bisa langsung subscriber channel Kawan Koding. 

Di samping itu, ada juga pembahasan tentang PHP, Javascript, hingga Vuejs yang akan membantu memperdalam pemahaman Anda dalam ketiga bidang tersebut. Hingga saat ini, channel Kawan Koding berhasil mengumpulkan 23,3 ribu subscriber dan videonya telah ditonton sebanyak 899.783 kali.

JuniorDev

JuniorDev adalah channel Youtube yang memberikan video tutorial seputar dunia IT dan programming. Channel yang dikelola oleh Sofyan Setiawan ini dapat membantu para pemula yang ingin belajar seputar SQL, HTML, PHP, CSS, jQuery, game development, desain website, wordpress, dan masih banyak lagi. 

Yang lebih menarik lagi, Sofyan Setiawan menyuguhkan materi yang mudah dimengerti dengan bahasa Indonesia. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir akan menemukan istilah-istilah yang sulit.

Saat ini JuniorDev telah mengumpulkan 23,3 ribu subscriber dan videonya telah ditonton sebanyak 899.783 kali. 

Dicoding Indonesia

Channel Youtube programmer Indonesia yang terakhir adalah Dicoding Indonesia. Channel ini fokus membagikan video seputar pemrograman dengan cara yang menarik dan tidak membosankan. 

Tak hanya itu, Dicoding Indonesia juga menggunakan mentor-mentor yang sudah berpengalaman sehingga Anda dapat belajar tren terbaru tentang dunia pemrograman. Jadi, jika Anda tertarik untuk menjadi seorang programmer, langsung saja tonton semua video dari channel Dicoding Indonesia.

Rekomendasi bootcamp programming

Hacktiv8

Hacktiv8 mengadakan Bootcamp Web Developer yang akan memberikan Anda pengetahuan serta keterampilan dasar programming. Semua materi di sini dapat membantu Anda menjadi seorang programmer yang handal dalam waktu yang relatif cepat. 

Kurikulumnya sengaja dirancang khusus agar bisa sesuai dengan kebutuhan di industri programming saat ini. Selain itu, pelatihan di sini fokus pada penggabungan skill teknis dengan pengembangan pola pikir desain. 

Purwadhika

Bootcamp Full Stack Web Development dari Purwadhika bertujuan untuk menyiapkan Anda menjadi seorang Software Developer dan Programming profesional dalam waktu 12 minggu. Tak hanya itu, Anda juga akan dibantu untuk mendapatkan karier di perusahaan yang menjadi partner Purwadhika.

Dengan kata lain, bootcamp yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bekerja di bidang teknologi bahkan jika Anda tidak memiliki background IT sama sekali. 

Course Net

Course Net adalah satu-satunya tempat pelatihan IT di Indonesia yang mendapatkan 3 penghargaan internasional dalam kurun waktu 3 tahun. Ketiga penghargaan tersebut adalah ECC Global Award Atlanta USA yang didapatkan pada tahun 2019, The Most Impactful IT Coaching di tahun 2020, dan juga EC-Council ATC Circle of Excellence di tahun 2021. 

Semua penghargaan ini menjadi bukti bahwa bootcamp yang diadakan oleh Course Net sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Anda diarahkan secara langsung untuk menjadi seorang programmer yang handal dan profesional. 

Binar Academy

Binar Academy mengadakan bootcamp programming yang fokus memberikan pengalaman dan melatih skill digital kepada pesertanya. Kurikulum yang digunakan dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan industri. 

Ini berarti Anda dapat langsung menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan setelah lulus. Selain itu, Anda juga akan belajar bersama mentor profesional yang berpengalaman. 

Digital Skola

Digital Skola menyediakan bootcamp programming yang membantu Anda untuk menjadi seorang Full Stack Web Developer dalam waktu 3 bulan saja. Dalam bootcamp ini, Anda dapat belajar langsung dari tutor dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya. 

Baca Juga: 5 Tips Mudah Meningkatkan Subscribe Channel YouTube yang Organik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *