Breaking News

Yuk, Intip Gaji IT Support & Jenjang Karirnya

Apakah kamu tertarik bekerja di bidang IT sebagai support atau konsultan? Selain kesempatan untuk berkembang dalam karir, kedua profesi ini juga menjanjikan gaji yang menggiurkan. Ada yang bilang bahwa gajinya bisa sampai 2 digit.

Di artikel kali ini, kita akan membahas gaji IT support dan konsultan serta jenjang karir yang bisa dicapai.

Tidak hanya gaji yang menarik, karir di bidang IT support dan konsultan juga menjanjikan. Dalam karir IT support, kamu bisa naik jabatan menjadi IT manager atau IT project manager.

Sementara itu, dalam karir IT konsultan, kamu bisa naik jabatan menjadi IT director atau bahkan CIO (Chief Information Officer).

Rata-Rata Gaji IT Support per Bulan, Bisa Sampai 2 Digit!

Tahukah kamu bahwa gaji IT support dan konsultan cukup tinggi di Indonesia? Menurut data dari Jobstreet, rata-rata gaji IT support di Indonesia adalah sekitar 6,5 juta hingga 8 juta rupiah per bulan.

Sedangkan, gaji IT konsultan dapat mencapai 20 juta hingga 30 juta rupiah per bulan. Tentu saja, gaji ini dapat berbeda-beda tergantung pada pengalaman, skill, dan jenis industri tempat kamu bekerja.

Bisakah Fresh Graduate Melamar Kerja di Posisi Ini?

Jabatan di bidang IT Support atau IT Consultant memang membutuhkan keterampilan teknis yang cukup tinggi, namun ada juga beberapa perusahaan yang membuka lowongan entry-level yang cocok untuk fresh graduate. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melamar pekerjaan di bidang ini dan terus tingkatkan kemampuan teknis dan interpersonalmu ya.

Menjadi IT support dan konsultan bukanlah pekerjaan yang mudah, namun kedua profesi ini menawarkan kesempatan untuk mengembangkan karir dan skill di dunia IT. Sebagai IT support, kamu akan bekerja untuk membantu pengguna komputer atau aplikasi yang mengalami kesulitan.

Sementara itu, sebagai konsultan IT, kamu akan membantu klien dalam menyelesaikan masalah dan memberikan saran terkait penggunaan teknologi.

Tipe Perusahaan yang Mencari IT Support / Consultant

Untuk kamu yang ingin mengejar karir dan gaji IT Support atau Consultant, ketahui dahulu jenis perusahaan apa yang membutuhkan tenaga kerja ini.

Jenis perusahaan yang akan mempekerjakan karyawan dengan posisi ini adalah perusahaan teknologi, perusahaan software, perusahaan jasa konsultasi IT, dan perusahaan lain yang membutuhkan dukungan teknis.

Biasanya, perusahaan-perusahaan ini memiliki infrastruktur teknologi yang kompleks dan memerlukan dukungan teknis untuk memastikan bahwa sistem mereka berjalan dengan lancar dan aman.

Karyawan dengan pekerjaan di atas memiliki peran penting dalam membantu perusahaan mengatasi masalah teknis dan mengoptimalkan operasional perusahaan. Selain itu, perusahaan yang mengutamakan transformasi digital dan inovasi teknologi juga akan membutuhkan karyawan dengan keahlian dan keterampilan yang relevan dalam bidang IT.

10 Pertanyaan yang Sering Diajukan HR saat Wawancara IT Support / IT Consultant

  1. Apa yang Anda ketahui tentang sistem jaringan komputer dan perangkat lunak?
  2. Bagaimana cara Anda menangani permintaan bantuan terkait masalah teknis dari user?
  3. Apa langkah yang akan Anda lakukan jika menemukan masalah pada sistem jaringan atau perangkat lunak?
  4. Dapatkah Anda memberikan contoh bagaimana Anda memecahkan masalah teknis secara efektif?
  5. Bagaimana cara Anda memastikan keamanan data pengguna dan sistem?
  6. Bagaimana Anda mengatasi situasi di mana pelanggan merasa tidak puas dengan solusi teknologi informasi yang Anda tawarkan?
  7. Apa pendekatan Anda dalam berkomunikasi dengan klien?
  8. Bagaimana cara Anda mengukur keberhasilan dari proyek teknologi informasi yang Anda kerjakan?
  9. Apa yang Anda lakukan untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi informasi terbaru?
  10. Bisa berikan contoh proyek teknologi informasi yang menantang yang pernah Anda hadapi, dan bagaimana Anda mengatasinya?

Besaran Gaji IT Support / Consultant Bisa Dicapai oleh Fresh Graduate

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan berapa besarnya gaji IT Support maupun gaji IT Consultant di Indonesia? Jadi, jika kamu tertarik untuk bekerja di bidang IT support atau konsultan, pastikan untuk memiliki skill dan pengetahuan yang cukup.

Kamu bisa memperoleh skill dan pengetahuan tersebut melalui kursus, pelatihan, atau pendidikan di bidang IT. Jangan ragu untuk mencari pekerjaan di perusahaan yang memiliki reputasi bagus dan menawarkan kesempatan untuk berkembang karir. Tetap semangat dan jangan berhenti upgrade skills, ya!

Baca juga: 9 Daftar Pekerjaan yang Bisa Remote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *