Breaking News

kerja remote

9 Daftar Karir Impian Yang Bisa Kerja Remote

Sejak dulu perkembangan dunia kerja tidak pernah berhenti sama sekali, terutama dalam hal sistem kerjanya. Seperti sistem kerja remote atau remote working yang dua tahun belakangan sedang naik daun. 

Ya, sejak pandemi Covid-19 kerja remote semakin digandrungi oleh pekerja di Indonesia. Pasalnya, sistem kerja ini menawarkan kemudahan utama yang sulit ditolak, yaitu bisa bekerja di mana saja tanpa harus berangkat ke kantor. 

Setelah dua tahun berlalu, pertanyaan mengenai perlu atau tidaknya sistem kerja ini dipertahankan mulai bermunculan. Alasannya karena mayoritas penduduk Indonesia sudah menerima vaksin dan kegiatan mulai berjalan normal kembali. 

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kerja remote masih bisa diterapkan, namun terbatas pada pekerjaan tertentu saja. Jadi jika Anda ingin merasakan sistem remote working, berikut daftar karir yang bisa Anda pilih. 

Pekerjaan yang bisa kerja remote

Content writer atau Copywriter

Pekerjaan yang pertama adalah content writer atau copywriter. Banyak orang menganggap keduanya sebagai pekerjaan yang sama, meskipun faktanya ada beberapa perbedaan mendasar yang tidak bisa diabaikan begitu saja. 

Content writer, misalnya, merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan penulisan konten yang relevan untuk website perusahaan. Setiap website memiliki target audiens-nya masing-masing, tugas seorang content writer adalah mengajak target audiens tersebut untuk mengunjungi website perusahaan. 

Nah, untuk menjadi seorang content writer, Anda tidak perlu berada di kantor dari pagi sampai petang. Karena mayoritas pekerjaan content writer bisa dikerjakan dari jarak jauh selama ada jaringan internet dan laptop atau komputer yang memadai. 

Sedangkan copywriter adalah pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan konten yang unik untuk perusahaan. Tugas utamanya adalah menulis copy dalam bentuk iklan, blog, webpage, media sosial, maupun video. 

Selain itu, ada juga tugas brainstorming dan pitching ide konten baru, mengatur serta membuat jadwal produksi konten, hingga menulis promosi melalui email marketing. Sama seperti content writer, mayoritas pekerjaan copywriter bisa dikerjakan di mana saja selama memiliki jaringan internet dan laptop atau komputer yang memadai.

Graphic designer

Graphic designer adalah pekerjaan yang fokus menangani berbagai kebutuhan grafis perusahaan. Mulai dari logo, poster, infografis, hingga visual promosi. Karena itu, mayoritas pekerjaannya dapat diselesaikan dari jarak jauh. 

Anda hanya perlu berangkat ke kantor sesekali ketika ada jadwal mendiskusikan konsep desain yang akan dikerjakan. Namun tetap saja, sebagian besar pekerjaannya bisa dilakukan di mana saja. 

Saat ini, Anda bisa mencari lowongan graphic designer full time maupun freelance, tergantung kebutuhan dan kemampuan. Namun jika memutuskan untuk menjadi seorang freelance graphic designer, pastikan Anda memiliki portofolio yang menarik, ya.

UX designer

UX designer adalah profesi yang bertanggung jawab menangani tampilan software serta website perusahaan. Artinya, pekerjaan Anda akan berhubungan dengan apa yang dilihat oleh pengguna saat menggunakan software maupun website perusahaan. 

Anda juga harus memperhatikan pengalaman pengguna dan memahami bagaimana sesuatu bekerja dan bagaimana pengguna berinteraksi dengannya. 

Dengan kata lain, seorang UX designer harus memastikan bahwa produk perusahaan Anda dapat dipahami oleh pengguna. Caranya adalah dengan membuat jalur yang secara logis dapat mengalir dari satu langkah ke langkah berikutnya. 

Sedangkan untuk pekerjaannya, sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan graphic designer. Hanya saja, UX designer lebih fokus pada desain yang akan memudahkan pengguna ketika memakai produknya. 

Editor

Editor adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk memperbaiki sebuah tulisan. Baik itu tulisan dalam majalah, blog, koran, maupun buku. Seorang editor berkutat dengan fakta, tata bahasa, ejaan, dan juga tanda baca. 

Selain itu, editor juga harus memastikan sebuah artikel sudah sesuai dengan panduan yang ditetapkan oleh perusahaan. Bila perlu, editor akan memotong bagian-bagian yang tidak sesuai dengan tujuan cerita atau menambahkan bagian yang harus menjadi perhatian pengguna.

Sama seperti content writer dan copywriter, mayoritas pekerjaan editor juga dapat diselesaikan dari mana saja. Anda mungkin hanya perlu ke kantor ketika akan berdiskusi dengan penulis yang karyanya sedang dalam proses pengeditan.

Web software engineer

Web software engineer adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk menganalisis keinginan pengguna komputer dan mendesain aplikasi software komputer maupun sistem. 

Artinya, pekerjaan ini membutuhkan keahlian yang tinggi. Meski begitu, mayoritas pekerjaannya dapat dilakukan di mana saja. Paling tidak, Anda harus menguasai prinsip-prinsip software engineering seperti teknik informatika, ilmu komputer, dan juga analisis matematika. 

Seorang web software engineer akan menangani hal-hal yang berkaitan dengan desain, pengembangan, pemeliharaan, pengujian, serta evaluasi dari software komputer atau device yang lainnya. 

Di samping itu, seorang software engineer juga harus bisa membuat berbagai macam software. Mulai dari software khusus compiler yang mengkonversi program untuk eksekusi pada komputer hingga sistem operasi dan network distribution. 

Penerjemah

Profesi berikutnya yang cocok untuk kerja remote adalah penerjemah. Pekerjaan yang satu ini cocok bagi Anda yang menguasai bahasa asing seperti Mandarin, Korea, Inggris, atau yang lainnya. 

Saat ini ada banyak situs-situs dari dalam dan luar negeri yang menyediakan lowongan penerjemah, baik freelance maupun full time. Anda tidak perlu khawatir karena sebagian besar pekerjaan penerjemah dapat dikerjakan di mana saja selama Anda memiliki jaringan internet yang memadai. 

Jika Anda tertarik pada profesi ini, sebaiknya persiapkan sertifikat ujian bahasa asing karena ini akan menjadi nilai tambah Anda di mata klien. Selain itu, Anda juga harus memperdalam pengetahuan bahasa Indonesia karena akurasi, kerapian, serta kecepatan hasil terjemahan sangat penting. 

Financial planner

Financial planner merupakan pekerjaan yang membantu individu, keluarga, maupun perusahaan memahami keadaan finansialnya. Profesi ini biasanya membutuhkan gelar sarjana di bidang ekonomi atau gelar magister dalam bidang administrasi bisnis (MBA). 

Selain itu, seorang financial planner dituntut untuk membangun hubungan personal dengan para klien dalam waktu secepat mungkin. Karena hubungan ini berperan penting dalam membangun jaringan serta kepercayaan dari klien. 

Data analyst

Data analyst adalah profesi yang bertanggung jawab mengambil data lalu menginterpretasikannya menjadi informasi yang dapat dipahami dengan mudah. Biasanya data-data yang kompleks harus diubah ke dalam bentuk grafik, tabel, maupun laporan.

Tak hanya itu, data analyst juga bertanggung jawab untuk menganalisis tren yang sedang berjalan agar perusahaan dapat membuat keputusan bisnis yang tepat dan akurat. Seorang data analyst dapat mengambil data yang diperlukan secara online, itulah mengapa pekerjaan ini cocok untuk dikerjakan dari mana saja. 

Data scientist

Pekerjaan terakhir yang cocok untuk sistem kerja remote adalah data scientist. Banyak orang menganggap pekerjaan ini mirip dengan data analyst. Namun faktanya, keduanya adalah pekerjaan yang berbeda.

Seorang data scientist bertanggung jawab untuk membuat prediksi di masa depan berdasarkan pola data yang ada di masa lalu. Selain itu, ada juga tugas lain yaitu mengidentifikasi pertanyaan bisnis yang baru demi menambah nilai perusahaan.

Baca Juga : 5 Media Pemasaran Digital Marketer! Apa Saja Itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *