Breaking News

10 aplikasi daring

10 Aplikasi Daring Pembelajaran Online Ringan dan Gratis

Aplikasi daring bermanfaat untuk menghubungkan satu sama lain dalam berbagai lokasi yang berbeda. Misalnya acara meeting online, pembelajaran online, dan sebagainya. Banyak aplikasi pembelajaran yang tersedia tanpa bayar.

Berbagai platform video conference cukup popular beberapa waktu terakhir. Salah satu yang paling populer yaitu platform Zoom Meeting. Platform tersebut sangat membantu mengatasi berbagai permasalahan komunikasi jarak jauh.

Selain Zoom, ada juga platform lain yang tentunya cukup membantu. Bahkan beberapa tidak memakan terlalu banyak ruang penyimpanan pada perangkat.

Dalam penggunaan layanan platform video conference entah Zoom atau lainnya harus berhati-hati. Pasalnya rentan dengan keamanan akun dan penggunaan data pengguna tanpa izin.

Terkait penggunaan aplikasi dalam jaringan bisa membantu proses penanganan pandemi. Digital infrastructure berperan cukup penting, untuk penanganan wabah.

10 Aplikasi Daring yang Ringan & Gratis, Selain Zoom

Pengguna tidak perlu khawatir terhadap berbagai hal yang demikian. Sebab, ada banyak platform atau aplikasi lain yang juga bisa membantu. Berikut adalah informasi terkait aplikasi daring yang ringan dan gratis.

1. Microsoft Teams

Merupakan salah satu aplikasi turunan dari Skype for Business. Kini Skype sedang memproses diri untuk bertransformasi ke Microsoft Teams. Ke depannya akan resmi berubah.

Ada banyak fitur tambahan yang mendukung, contoh fiturnya yakni video conference. Ada juga peningkatan jumlah kapasitas dan bersinergi dengan Microsoft Office.

Sehingga siapapun tidak perlu bingung dalam berkomunikasi dengan sesama rekan dari jarak jauh. Tidak hanya fitur video conference ada juga fitur kolaborasi pekerjaan. Bisa melakukan pengeditan secara bersama-sama.

Tidak perlu khawatir, terkait keamanan sudah jelas tidak perlu meragukan kemampuan Microsoft. Semua sudah dikelola oleh perusahaan besar teknologi tersebut. Dapatkan layanan tersebut secara gratis namun untuk lebih lengkapnya bisa memakai layanan berbayar.

2. Cisco Webex Meeting

Aplikasi daring dengan sistem keamanan yang oke namun tidak berbayar ya pakai Cisco Webex Meeting. Sebab walau tidak berbayar tetapi berbagai fitur kerennya bisa terpakai.

Pengguna bisa berkolaborasi dengan tim kerja atau kelompok mereka untuk melakukan suatu kegiatan. Jadi tidak hanya sebatas rapat online dengan video conference. Namun juga berbagai pesan, file, media, dan terhubung dengan Cloud.

Bahkan pada proses meeting online, user tetap bisa melakukan berbagai kegiatan lainnya. Seperti berbagi file dan menampilkannya pada tampilan layar. Fitur keamanan tidak usah ragu-ragu, semua sudah terjamin.

Proses pemindahan data melalui proses enkripsi end to end. Maksudnya pihak ketiga sulit untuk menyadap percakapan pihak satu dan dua. Bahkan pihak lain juga akan kesulitan dalam menggunakan akun orang lain.

Terintegrasi juga dengan berbagai layanan pendukung seperti Ms. Outlook, Gmail, GitHub, dan banyak lagi. Tersedia secara gratis dan berbayar untuk mendapatkan fitur lebih maksimal lagi.

3. CyberLink U Meeting

Aplikasi daring yang menyediakan fitur video conference secara gratis untuk layanan komunikasi secara online. Pada versi yang gratis CyberLink U Meeting bisa pengguna pakai untuk meeting online, yaitu bersama 25 pengguna dengan durasi 30 menit.

Menariknya fitur tersebut menyediakan fitur perfect cam untuk mendukung tampilan lebih profesional. Bahkan pengguna bisa mengatur backgroundnya agar menjadi blur.

Selain melakukan efek blur, ada juga berbagai pengaturan lain seperti pencahayaan, efek make-up. Terkait berbagai fiturnya cukup lumayan lengkap.

Keamanan pada platform ini aman, soalnya terenkripsi secara end to end. Jadi, sulit bagi pihak ketiga untuk mengetahui kebocoran percakapan.

4. RingCentral Meetings

Aplikasi daring RingCentral Meetings mirip dengan penggunaan aplikasi Zoom. Jadi, jika pengguna terbiasa memakai aplikasi Zoom Meeting, maka akan terbiasa juga.

Bahkan tampilan mukanya juga mirip seperti tampilan pada aplikasi Zoom. Mulai dari berbagai tombolnya, hingga navigasinya. Versi gratis dan berbayarnya juga mirip. Harganya untuk yang versi berbayar juga sama.

Untuk versi gratisnya muat untuk melakukan meeting online dengan 100 orang selama durasi 40 menit. Mudah bagi pengguna untuk melakukan screen sharing. Tersedia juga layanan whiteboarding.

Bahkan para audiens atau partisipan yang mengikuti video conference bisa memperoleh mouse dan keyboard. Kelemahannya rekaman akan tersimpan pada penyimpanan perangkat pengguna, bukan pada cloud di aplikasi.

5. Skype

Aplikasi daring yang menyediakan video conference sejak lama. Merupakan aplikasi besutan dari Microsoft yang bisa jadi alternatif solusi komunikasi online. Dapat melakukan panggilan dengan maksimal 25 orang sekaligus.

Kemudahan lainnya bisa pengguna akses lewat smartphone, TV, maupun PC. Tersedia layanan gratis dan berbayar. Tentunya fitur akan lebih lengkap dengan layanan yang berbayar.

6. Google Meet

Merupakan layanan aplikasi video conference dari perusahaan teknologi besar, yaitu Google. Platform besar ini menjadi pesaing berat Zoom, pasalnya memiliki fitur keren yang canggih. Bisa untuk melakukan pembelajaran daring SD.

Google Meet sendiri sudah terintegrasi dengan G Suite yang membuat pengguna lebih mudah berkomunikasi online. Lewat undangan tautan, para audiens atau partisipan bisa masuk ke video conference.

7. Discord

Aplikasi daring yang familiar di kalangan para gamers. Seperti layanan voice chat maupun video chat. Untuk tampilannya sendiri memang terkesan menarik yang khas dengan para gamers.

Pengguna bisa memakainya pada perangkat seperti laptop, PC, dan smartphone. Bahkan bisa juga mengakses aplikasi yang mereka unduh lewat browser pada suatu perangkat.

Namun kelemahan dari Discord hanya memberikan dukungan pada peramban Google Chrome saja. Meski demikian semua fiturnya cukup lengkap, seperti fitur berbagi file dan penampil Powerpoint.

8. Google Classroom

Aplikasi mengajar online yang banyak penggunanya. Cocok untuk guru maupun untuk siswa. Bisa untuk melakukan pengumpulan tugas, bahkan proses mengajar online.

Hal ini bantu guru untuk menghemat waktu, sebab memiliki salinan Google Docs yang sudah otomatis. Terdapat folder tugas yang juga membuat file tugas lebih tertata rapi.

Ada fitur tanya jawab, pengaturan waktu dalam mengerjakan tugas, kalender, dan banyak lagi. Google Classroom terintegrasi dengan berbagai layanan dari Google yang semakin memudahkan.

9. Blue Jeans

Aplikasi untuk membuat video pembelajaran daring yang membantu penggunanya lebih mudah. Dukungan audio yang berkualitas serta visual yang lebih utuh dan komplit.

Blue Jeans merupakan aplikasi daring yang bisa pengguna akses secara gratis. Bahkan dengan jumlah waktu yang tak terbatas. Namun, hanya terbatas pada 50 partisipan saja pada tiap meetingnya.

10. Awor

Aplikasi online yang cocok untuk melakukan berbagai kegiatan daring seperti pembelajaran dan sebagainya. Menariknya Awor merupakan platform buatan anak negeri yang patut orang apresiasi.

Layanan dari Awor memungkinkan suatu perusahaan bisa mengakses dengan privat dan mudah. Termasuk lebih leluasa serta memberikan pengamanan ganda terhadap suatu obrolan.

Berbagai fitur Awor seperti video conference, management meeting, management anggota, dan sebagainya. Meski ada layanan yang tanpa bayar Awor juga menyediakan layanan berbayarnya. Tentu memiliki fitur yang lebih lengkap.

Berbagai aplikasi tersebut memudahkan sekali dalam proses pembelajaran. Nah, ada juga beberapa layanan aplikasi yang tentunya juga semakin memudahkan dalam proses berbisnis.

Misalnya membuat platform sendiri yang memudahkan suatu bisnis. Kini semua bisa teratasi dengan mudah. Gunakan jasa Maxsol yang bisa membantu perkembangan bisnis lebih baik.

Demikianlah beberapa informasi terkait aplikasi video konferensi yang memudahkan. Siapapun bisa menjajal layanan aplikasi daring dengan gratis tanpa bayar.

Baca Juga: Peran Penting Digital Infrastructure dalam Penanganan COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published.